Sukses

Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Travelling

Meski tampak sepele, kebiasaan menahan buang air kecil ternyata tak baik untuk kesehatan. Simak bahaya dari menahan kencing dan cara mengatasinya berikut ini.

Pernahkah Anda menahan buang air kecil? Ya, hampir semua orang pernah mengalami hal ini.

Ada banyak alasan mengapa seseorang menahan buang air kecil, misalnya karena tidak tersedianya toilet yang memadai, sedang ibadah (misalnya umrah), ataupun travelling atau bepergian jarak jauh. 

Namun, sebaiknya Anda segera menghentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, akibat menahan kencing bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1 dari 3 halaman

Dampak Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Travelling

Berkemih atau buang air kecil merupakan kebiasaan yang secara alami dilakukan setiap orang. Dengan berkemih, zat sisa metabolisme yang tak diperlukan lagi akan terbuang. Berikut adalah beberapa akibat menahan buang air kecil yang bisa saja terjadi:

  1. Nyeri

Jika Anda menahan kencing terlalu lama, misalnya saat bepergian, tak jarang Anda akan merasakan nyeri di sekitar perut bawah maupun di sekitar pinggang.

Rasa nyeri ini pun kadang bertahan beberapa lama meski Anda sudah selesai buang air kecil. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya peregangan otot di sekitar kandung kemih yang terlalu lama mengembang.

Artikel Lainnya: Keluar Urine Saat Batuk? Ini Penyebabnya

  1. Pembengkakan Kandung Kemih

Kandung kemih memang elastis. Organ ini bisa menampung urine sebelum siap dibuang. Apabila sudah mulai terisi penuh, maka reseptor otak akan mengirimkan sinyal untuk kandung kemih mengeluarkan urine yang ada.

Jika Anda memiliki kebiasaan sering menahan buang air kecil, maka kandung kemih akan sering meregang dan kesulitan untuk menerima sinyal dari otak. Akibatnya, terjadilah pembengkakan kandung kemih dan mungkin Anda butuh kateter urine untuk membantu mengeluarkan urine.

  1. Infeksi Saluran Kemih

Sering menahan buang air kecil paling sering menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK). Urine berisi zat sisa yang tak diperlukan oleh tubuh dan harus segera dikeluarkan. Semakin lama urine berada di kandung kemih, maka bisa menjadi salah satu tempat bakteri berkolonisasi.

Beberapa tanda dan gejala dari ISK, antara lain rasa panas atau nyeri saat buang air kecil, nyeri di perut bawah, anyang-anyangan, tak jarang juga urine disertai dengan darah. Apabila kondisi ini tidak ditangani dengan baik, infeksi dapat menyebar hingga ke organ ginjal.

  1. Batu di Saluran Kemih

Selain ISK, akibat menahan kencing bisa menyebabkan terjadinya batu di saluran kemih. Batu di saluran kemih terbentuk karena adanya endapan mineral (seperti kalsium maupun asam urat) di dalam organ saluran kemih.

Biasanya gejala yang dirasakan adalah nyeri saat kencing, kencing pasir, hingga keluhan sakit perut dan sakit pinggang yang mungkin hilang timbul.

  1. Gagal Ginjal

Gagal ginjal bisa saja menjadi dampak akhir yang paling ditakutkan. Kondisi ini dapat muncul karena ginjal mengalami kegagalan menyaring zat sisa tubuh dan dikeluarkan lewat urine.

Infeksi dan adanya batu di saluran kemih merupakan penyebab tersering seseorang mengalami gagal ginjal.

2 dari 3 halaman

Tak Perlu Menahan Buang Air Kecil, Atasi dengan Ini

Karena menahan buang air kecil bisa memberikan masalah kesehatan, berikut ini ada beberapa tips untuk Anda agar tak perlu lagi menahan buang air kecil saat travelling:

  • Buang Air Sebelum Bepergian

Jika Anda bepergian jauh dan takut macet di tengah jalan, sebaiknya buang air sebelum bepergian. Dengan kandung kemih yang kosong, maka tak akan membuat Anda tiba-tiba harus berhenti kencing atau menahan kencing terlalu lama.

  • Jangan Konsumsi Air Putih Berlebihan

Apabila Anda merasa haus di perjalanan, pastikan Anda minum secara perlahan-lahan, dengan jumlah air atau cairan yang tidak berlebihan.

Memang betul bahwa minum air sangat dibutuhkan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Namun, jika jumlahnya berlebihan dan tidak sempat untuk dikeluarkan lewat urine (karena menahan kencing, misalnya), maka dapat memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan.

Artikel Lainnya: 5 Alasan Popok Dewasa Menjadi Pilihan Utama

  • Hindari Mengonsumsi Minuman Berkafein

Minum kopi atau minuman bersoda saat perjalanan jauh memang menyegarkan. Namun, Anda harus menghindari minuman jenis ini saat travelling.

Pasalnya, minuman berkafein bersifat diuretik di mana membuang air dalam tubuh lebih banyak. Artinya, minuman-minuman ini akan membuat Anda sering berkemih.

  • Hindari Makan yang Berlebihan

Makan camilan atau makan makanan berat yang rasanya manis, pedas, maupun asin memang jadi teman dalam perjalanan. Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Makanan tersebut bisa merangsang rasa haus berlebihan. Jadi jangan heran kalau Anda malah semakin sering merasa ingin buang air kecil.

  • Gunakan Popok

Perjalanan jauh dan tak ada toilet umum atau rest area pasti sangat menyiksa. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan menggunakan popok agar tak perlu lagi menahan kencing.

Ini sangat penting untuk dipertimbangkan, khususnya bagi Anda yang memiliki kondisi medis. Misalnya sedang hamil, benign prostate hyperplasia (pembesaran prostat), inkontinensia urine, dan gagal ginjal.

Salah satu popok dewasa yang disarankan adalah Confidence Adult Care. Anda tak perlu malu menggunakan popok dewasa, karena popok Confidence menyediakan jenis popok sesuai kebutuhan Anda.

Mulai dari popok perekat (untuk orang yang sakit atau yang perlu tirah baring), popok celana (bagi orang yang masih aktif), dan tipe pads ( untuk orang yang tak bisa menahan kencing saat kondisi batuk, bersin, maupun tertawa).

Popok Confidence juga menyediakan varian Confidence Pants Gender Men and Women yang lebih tipis dan fit mengikuti bentuk badan, namun tetap nyaman digunakan untuk bergerak bebas.

Popok dewasa Confidence juga memiliki 4x daya serap, antibocor karena terdapat pelindung samping, antibakteri, sudah teruji klinis dari Australian Dermatologist sehingga aman untuk kulit sensitif, serta memiliki permukaan yang lembut dan cepat kering. Anda bisa mendapatkan produk popok Confidence di sini!

Kebiasaan sering menahan buang air kecil, terutama saat travelling, haruslah ditinggalkan. Ada banyak akibat menahan buang air kecil yang bisa merugikan tubuh Anda.

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya bahaya tersebut adalah dengan menggunakan popok dewasa, agar Anda tak perlu lagi menahan kencing dalam waktu yang lama. Semoga bermanfaat!

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar