Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tidur Pakai Guling Bisa Bermanfaat bagi Kondisi Kesehatan Berikut

Tidur Pakai Guling Bisa Bermanfaat bagi Kondisi Kesehatan Berikut

Tidur pakai bantal guling jangan dikira tidak ada gunanya. Mari ketahui manfaat tidur miring pakai guling untuk kesehatan berikut ini.

Kebiasaan tidur miring pakai guling hanya ada di beberapa negara tertentu, salah satunya di Indonesia. Di beberapa negara seperti Amerika dan Jerman, hanya bantal yang digunakan sebagai sebagai penopang kepala saat tidur.

Lantas, adakah manfaat kesehatan yang bisa didapat saat tidur pakai guling? Untuk tahu kegunaan dan manfaat kesehatan pakai guling, simak ulasan berikut ini.

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Pakai Bantal Guling saat Tidur

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, posisi tidur terbaik yang dianjurkan adalah telentang. Anda dapat berbaring telentang, lalu bagian bawah lutut diganjal bantal agar bisa sedikit terangkat.

Bagaimana dengan posisi tidur miring? Posisi tidur miring dapat menyebabkan beberapa dampak kesehatan negatif, salah satunya memengaruhi postur tubuh. Tak hanya itu, posisi tidur miring disinyalir dapat menimbulkan jerawat akibat kulit wajah yang menempel ke permukaan bantal atau kasur yang tidak bersih.

Kendati begitu, dr. Astrid Wulan mengatakan bahwa tidur miring dengan meletakkan guling di antara kedua kaki bisa memberikan manfaat bagi beberapa kondisi kesehatan tertentu.

"Nah, untuk posisi tidur miring, secara umum disarankan pakai guling agar tidak terlalu mengganggu postur tubuh. Karena biasanya tidur miring ke satu sisi bisa berdampak negatif ke postur tubuh," jelas dr. Astrid Wulan.

Selain itu, berikut beberapa manfaat kesehatan lain ketika tidur miring pakai guling.

1. Membantu Meredakan GERD

Guling disebut-sebut bisa membantu mengatasi kondisi GERD (gastroesophageal reflux disease) atau asam lambung. Perlu diketahui, lambung berada di sisi kiri tubuh.

Saat tidur telentang atau miring ke kanan, cairan asam dari lambung cenderung naik dan menimbulkan beberapa gejala tertentu. Maka itu, tidur menyamping ke kiri menggunakan guling kemungkinan dapat membantu penderita GERD untuk tidur lebih nyenyak.

Artikel Lainnya: Bisa Jadi Sarang Kuman, Cek Kebersihan 11 Benda yang Ada di Kamar Tidur Ini

2. Mengurangi Ketidaknyamanan Saat Hamil

Tidur miring pakai guling dipercaya dapat membantu mengatasi beberapa kondisi tidak nyaman yang muncul saat masa kehamilan.

Dokter Astrid mengatakan, ibu hamil diperbolehkan tidur miring menghadap kiri dan memakai guling di antara kedua kakinya. Posisi tidur ini bisa membantu mengurangi kram, sesak napas akibat tekanan janin, serta melancarkan aliran darah plasenta ke janin.

3. Mengurangi Dengkuran saat Tidur

"Mendengkur sering disebabkan oleh tonsil yang jatuh ke belakang saat tubuh berada di posisi rebahan sehingga menutupi jalan nafas. Tidur miring bisa jadi solusi, dengan guling lebih bagus," ungkap dr. Astrid Wulan.

Perlu diketahui, tidur miring sambil memeluk guling dapat membuat jalur udara di kerongkongan tidak terhambat. Hasilnya, dengkuran saat Anda sedang terlelap pun bisa diminimalkan.

Artikel Lainnya: Wajar atau Tidak Balita Sering Berpindah Posisi Saat Tidur?

2 dari 3 halaman

Tips Memilih Bantal Guling

Agar tidur nyenyak dan posisi tidur miring memberikan manfaat, Anda harus memilih bantal dan  guling yang nyaman. Berikut beberapa cara memilih bantal dan guling yang nyaman.

1. Perhatikan Isinya

Isi bantal terbuat dari bahan yang berbeda-beda, ada yang terbuat dari busa, wol, kapas, bulu angsa, dan lateks. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan pilihan bantal atau guling dengan anggaran biaya dan kenyaman tubuh masing-masing.

2. Beratnya

Bantal yang terbuat dari bulu angsa atau bahan sintetis memiliki berat yang ringan. Sedangkan bantal yang terbuat dari busa dan lateks agak lebih berat. Berat dari bantal dan guling bisa dipilih sesuai selera masing-masing. Jika Anda suka memindahkan posisi guling saat tidur, disarankan untuk pilih bantal yang lebih ringan agar lebih nyaman.

3. Ukuran

Bagi kebanyakan postur tubuh orang Indonesia, bantal guling ukuran standar sudah cukup besar. Apabila Anda lebih suka bantal guling yang lebih besar, ya, boleh-boleh saja asalkan bisa menjaga postur tubuh saat tidur tetap lurus.

4. Kain

Pilih kain yang bahannya halus, lembut, dan nyaman untuk melapisi bantal atau guling Anda. Pastikan juga bantal atau guling dilapisi seprai lagi agar lebih awet.

Itu dia beberapa manfaat tidur miring pakai guling untuk kesehatan. Perlu diingat, posisi tubuh saat tidur yang ideal adalah telentang. Untuk posisi tidur miring pakai guling, hanya lakukan bila Anda mempunyai kondisi kesehatan tertentu seperti yang dijelaskan di atas.  Cari tahu fakta dan manfaat kesehatan lainnya dengan baca artikel di kesehatan Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar