Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mandi Setelah Begadang, Benarkah Bisa Sebabkan Kematian?

Mandi Setelah Begadang, Benarkah Bisa Sebabkan Kematian?

Ada yang menganggap mandi setelah begadang bisa berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Benarkah begitu? kita ulas fakta medisnya.

Setelah begadang, masing-masing orang memiliki rutinitas tertentu. Misalnya, ada yang langsung tidur sampai siang, makan, minum, atau mandi. 

Agar tubuh kembali segar, mandi biasanya menjadi kegiatan yang langsung dilakukan. Tidur pun terasa lebih nyenyak setelahnya.

Tapi, ada anggapan bahwa langsung mandi setelah begadang bisa menyebabkan kematian. Bagaimana fakta medisnya?

Artikel Lainnya: Ini Penyakit yang Mungkin Timbul Akibat Sering Begadang

Benarkah Langsung Mandi Setelah Begadang Sebabkan Kematian?

Pada dasarnya, sering begadang dapat menyebabkan strokeserangan jantung, dan gangguan kardiovaskular yang sering mengakibatkan kematian. 

Atas dasar tersebut, banyak orang mencoba menghubungkan hal ini dengan mandi. Mereka menganggap, dalam kondisi tubuh yang kurang istirahat, terkena air dingin atau hangat konon memengaruhi pembuluh darah yang berkaitan dengan tiga masalah kesehatan tadi.

Namun, sebenarnya anggapan tersebut hanyalah mitos semata dan tidak memiliki landasan kuat. Hingga saat ini belum ditemukan studi yang mengaitkan bahaya mandi setelah begadang dengan kematian.

Mandi usai begadang juga umumnya tidak membahayakan. Banyak studi berfokus pada efek samping begadang, bukan pada kegiatan yang dilakukan setelah begadang. 

Artikel Lainnya: Begadang, Adakah Manfaatnya bagi Kesehatan?

Risiko Berbahaya Jika Anda Mandi Setelah Begadang

Walaupun tidak menyebabkan kematian, mandi selepas begadang tetap memiliki beberapa risiko kesehatan jika sering dilakukan. 

Namun, risiko kesehatan itu bukan hanya disebabkan oleh aktivitas mandi, tetapi juga akibat begadang. Begadang dikenal memang memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Apa saja dampak habis begadang langsung mandi? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Flu

Anda akan lebih berisiko terkena penyakit flu atau masuk angin. Karena, sering begadang akan membuat sistem imun menurun. 

Ketika tubuh langsung dihadapkan dengan suhu dingin dari air mandi, maka risiko flu dan masuk angin semakin meningkat.

  • Kekakuan Otot 

Anda juga berisiko mengalami kaku otot ketika sering mandi setelah begadang. Hal tersebut berkaitan dengan perubahan suhu drastis yang bisa dialami ketika mandi usai begadang.

Saat begadang, suhu tubuh akan tetap tinggi akibat kerja dari berbagai organ dalam. Ketika Anda mandi setelah begadang menggunakan air yang cenderung dingin, akan terjadi perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba. 

Hal tersebut akan mengganggu aliran darah. Pada akhirnya timbul risiko otot-otot kaku. Apalagi jika Anda memiliki penyakit rematik sebelumnya, risiko tersebut akan semakin besar.

  • Sulit Tidur

Jika Anda berniat beristirahat setelah begadang, maka mandi sehabis begadang bisa membuat sulit tidur

Salah satu tanda dari waktu tidur adalah suhu tubuh yang menurun. Sedangkan, mandi akan membuat suhu tubuh naik setelahnya, sehingga menyebabkan sulit tidur.

Artikel Lainnya: Awas, Doyan Begadang Bisa Bikin Hipertensi

Selain Mandi, Ini Tips Kembalikan Stamina Setelah Begadang

Sebenarnya, hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana membuat tubuh tidak kelelahan setelah begadang. 

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan usai begadang semalaman, apalagi lebih dari satu malam. Berikut tipsnya:

1. Tidur Cukup

Pastikan Anda punya waktu tidur cukup setelah begadang semalaman, setidaknya 7-8 jam setiap harinya. Penting juga untuk tidur tidak terlalu malam setelah sehari sebelumnya begadang.

2. Jangan Ngemil

Konsumsilah makanan sehat, alih-alih ngemil. Kecenderungan orang begadang adalah makan apa saja yang relatif tidak sehat. Hindarilah kebiasaan tersebut.

Artikel Lainnya: Yang Terjadi pada Tubuh Jika Kita Berpuasa Setelah Begadang

3. Atur Jadwal Harian

Usahakan menerapkan jadwal harian yang teratur. Setelah begadang,  Anda bisa beraktivitas seperti biasa dulu lalu tidur tepat waktu. 

Cara tersebut dapat mencegah body clock (jam biologis tubuh) berantakan.

4. Tidur Siang

Tidur siang juga dapat membantu mengembalikan stamina setelah begadang. Durasinya 30-45 menit pada tengah hari, tapi jangan terlalu lama.

5. Minum Kopi

Sebagai booster, tidak masalah untuk meminum kopi pada pagi hari. Akan tetapi, konsumsinya jangan berlebihan, satu cangkir sudah cukup.

6. Hindari Multitasking

Setelah semalaman tanpa tidur, kerja memori otak akan terganggu. Dalam kondisi tersebut, Anda relatif sulit mengingat banyak hal dalam satu waktu. Jadi, hindari melakukan banyak pekerjaan sekaligus.

Ingin mandi setelah begadang? Tak masalah, kok! Yang penting, jangan dilakukan terlalu sering dan hindari banyak begadang.

Dapatkan fakta kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter via Live Chat.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar