Sukses

Manfaat Ikan Bandeng untuk MPASI Bayi

Karena rasanya yang gurih, ikan bandeng bisa dijadikan menu MPASI. Berikut sejumlah manfaat MPASI ikan bandeng yang bisa diperoleh bayi.

Ikan merupakan salah satu sumber nutrisi penting. Tak heran jika banyak orang tua menyajikan menu ikan dalam campuran makanan pendamping ASI (MPASI). Nah, salah satu jenis ikan yang bisa menjadi pilihan untuk MPASI adalah bandeng.

Bandeng sangat digemari karena memiliki daging yang banyak dan rasa yang gurih. Namun, Anda harus berhati-hati karena bandeng punya duri yang banyak.

Lalu, apa saja manfaat ikan bandeng untuk MPASI dan bagaimana cara mengolahnya? Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Manfaat Ikan Bandeng untuk MPASI

Selain rasanya yang enak, ternyata ikan bandeng juga mengandung berbagai nutrien penting seperti protein, lemak, vitamin A, B, D, E, K, kalsium, kalium, sodium, zat besi, zink, magnesium, fosfor, selenium, dan yodium.

Tak heran bila ikan bandeng cocok untuk MPASI. Berikut adalah beberapa manfaat ikan bandeng untuk bayi Anda:

  1. Membantu Pertumbuhan Otot Bayi

Ikan bandeng kaya akan protein sehingga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein pada bayi. Bayi membutuhkan protein sekitar 10-15 persen dari total kalori hariannya. 

Protein ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menunjang pertumbuhan fisik bayi, termasuk pertumbuhan otaknya. 

Artikel Lainnya: Amankah Bayi Konsumsi MPASI Ikan Nila?

  1. Membantu Mengoptimalkan Tinggi Badan Bayi

Memilih ikan bandeng untuk MPASI anak adalah hal yang tepat. Karena ikan ini berguna untuk mengoptimalkan tinggi badan bayi. Mengapa demikian?

Kandungan protein, zinc, kalsium, dan vitamin D dalam ikan bandeng merupakan komponen yang diperlukan bayi untuk pertumbuhan tulangnya agar tinggi badan menjadi optimal.

  1. Membantu Pertumbuhan Otak Bayi

Tidak hanya protein, ternyata ikan bandeng juga mengandung kadar lemak yang tinggi, termasuk di dalamnya omega-3 dan omega-6 yang penting untuk pertumbuhan massa otak bayi.

Seperti yang diketahui, pada 1000 hari pertama kehidupan, pertumbuhan otak anak sangat pesat sehingga asupan nutrisi yang baik sangatlah penting.

  1. Membuat Bayi Menjadi Lebih Pintar

Siapa yang tidak ingin anaknya tumbuh pintar? Coba saja upayakan dengan menambahkan ikan bandeng sebagai menu untuk MPASI. 

Selain pertumbuhan massa otak, omega-3, omega-6, vitamin A, zat besi, dan yodium yang terkandung dalam ikan bandeng juga dapat mendukung anak menjadi lebih pintar di kemudian hari.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A juga cukup tinggi terdapat dalam ikan bandeng. Selain penting untuk perkembangan sel otak, vitamin juga sangat penting untuk membantu perkembangan indra penglihatan pada si Kecil.

Artikel Lainnya: Salmon vs Kembung, Mana yang Lebih Cocok untuk MPASI?

  1. Memelihara Daya Tahan Tubuh Bayi

Kandungan protein yang tinggi dalam ikan bandeng dapat menjadi bahan baku pembuatan antibodi serta sel-sel imun tubuh. Vitamin D, zinc, dan vitamin A dalam ikan bandeng juga berperan dalam menjaga daya tahan tubuh anak.

  1. Mencegah Penyakit Gondok

Salah satu manfaat menambahkan ikan bandeng untuk menu MPASI adalah menurunkan risiko penyakit gondok. Karena hidup di suasana payau (campuran air tawar dengan air laut), ikan bandeng kaya akan yodium. Kandungan yodium dalam ikan bandeng penting untuk mencegah penyakit gondok. 

Penyakit gondok tidak hanya sekadar mengganggu penampilan, tapi juga mengganggu perkembangan otak anak.

2 dari 3 halaman

Cara Memasak Ikan Bandeng untuk Bayi

Jika Anda tertarik menambahkan ikan bandeng sebagai campuran untuk menu MPASI, berikut cara memasak ikan bandeng untuk bayi Anda:

  • Bersihkan ikan bandeng dengan baik untuk menghilangkan bau amis ikan. Anda dapat menggunakan jeruk nipis saat membersihkan ikan untuk menghilangkan bau amis ikan.
  • Olah ikan bandeng secara matang bersama sumber makanan lain seperti sumber karbohidrat dan lemak serta sayuran agar si Kecil mendapatkan nutrisi lengkap.
  • Olah ikan bandeng secara bervariasi agar si Kecil tidak bosan.
  • Berhati-hatilah dengan duri yang terdapat dalam ikan bandeng. Sebaiknya pisahkan duri ikan bandeng dengan dagingnya agar tidak termakan oleh bayi.

Nah, itulah manfaat ikan bandeng untuk MPASI bayi. Kalau Anda masih ragu, tak ada salahnya meminta saran dokter soal MPASI. Dokter mungkin memberikan saran yang berbeda, berdasarkan kebutuhan kesehatan bayi Anda.

Konsultasi seputar MPASI kepada dokter bisa dengan mudah melalui layanan Live Chat dari Klikdokter. 

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar