Sukses

Menilik Manfaat Nanas Madu bagi Kesehatan Anda

Selain rasanya lebih manis ketimbang jenis nanas lainnya, nanas madu banyak menyimpan khasiat manis untuk kesehatan Anda.

Jenis buah nanas yang paling digemari oleh orang Indonesia adalah nanas madu. Nanas ini memiliki rasa daging yang lebih manis ketimbang nanas biasa. Selain itu, nanas madu juga memiliki aroma yang lebih kuat dan sangat menyegarkan. Rasanya pun tidak diragukan lagi. 

Selain keunggulan tersebut, nanas madu juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Yuk, ketahui manfaat nanas madu bagi kesehatan berikut ini:

1 dari 6 halaman

1. Tinggi Serat

Nanas madu memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori. Untuk itu, bagi Anda yang ingin diet, buah ini cocok untuk Anda. Karena berserat tinggi, Anda akan merasa kenyang lebih lama dibandingkan makan makanan biasa.

Namun, perlu diketahui bahwa nanas madu cukup banyak mengandung karbohidrat. Oleh karena itu, konsumsinya tetap harus dibatasi. Karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, bukan?

2. Baik untuk Pencernaan

Nanas madu mengandung bromelain, yaitu enzim yang membantu memecah protein. Enzim ini memecah protein dalam makanan sehingga lebih mudah dicerna di usus halus.

Artikel Lainnya: Manfaat Konsumsi Nanas untuk Pria Aktif

Oleh sebab itu, manfaat buah nanas madu dapat dirasakan orang-orang dengan insufisiensi pankreas. Insufisiensi pankreas merupakan suatu keadaan ketika pankreas tidak dapat memproduksi enzim pencernaan secara cukup.

Nah, orang dengan insufisiensi pankreas yang mengonsumsi nanas madu memiliki pencernaan yang lebih lancar dibandingkan yang tidak. Selain itu, bromelain juga melindungi usus dari bakteri penyebab diare.

2 dari 6 halaman

3. Kaya Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang membantu tubuh mengeluarkan zat-zat racun atau radikal bebas dari dalam tubuh. Radikal bebas bisa berasal dari polusi maupun zat-zat yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi.

Radikal bebas memiliki efek yang berbahaya bagi tubuh. Efek radikal bebas adalah merusak sel-sel dalam tubuh sehingga sel-sel mengalami peradangan, menurunkan imunitas tubuh, dan menjadi faktor risiko munculnya kanker. 

Antioksidan yang terkandung di dalam nanas madu, berupa vitamin A dan C memiliki efek antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

4. Memperkuat Tulang

Nanas madu mengandung mineral berupa fosfor, dan juga kalium. Keduanya berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan demikian, nanas madu dapat mencegah osteoporosis.

Artikel Lainnya: Benarkah Diet Nanas Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat?

Walaupun manfaat nanas madu sangat baik untuk tulang, kandungan gula terkandung cukup banyak pada nanas madu. Oleh sebab itu, konsumsi pada orang usia lanjut harus dibatasi.

Nanas madu juga banyak dikonsumsi oleh atlet-atlet. Pasalnya, latihan fisik yang berat memerlukan tulang yang kuat. Dengan mengonsumsi nanas madu, tidak hanya tulang sehat, nutrisinya untuk bagian tubuh lain juga pasti berguna bagi para atlet.

3 dari 6 halaman

5. Mencegah Asma

Manfaat nanas madu bagi kesehatan yang berikutnya adalah mencegah asma. Bagaimana bisa? Ternyata beta karoten yang terkandung dalam nanas madu dapat mencegah peradangan saluran pernapasan dan asma.

Asma biasanya dicetuskan oleh polusi udara dan stres. Faktor-faktor yang mencetuskan asma menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan sehingga saluran pernapasan menyempit dan timbul gejala sesak. Efek antiinflamasi pada nanas madu mampu mengurangi peradangan tersebut.

6. Baik untuk Kesehatan Kulit

Nanas madu berkhasiat bagi kulit Anda. Manfaat nanas madu bagi kesehatan kulit ini berasal dari kandungan vitamin C dan antioksidannya.

Seperti yang sudah diketahui, paparan polusi dan asap kendaraan selama beraktivitas sehari-hari dapat menyebabkan kerusakan kulit dan kulit kusam. Nah, kondisi ini dapat dicegah dengan konsumsi nanas madu.

Artikel Lainnya: Sering Minum Jus Nanas Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi?

Kandungan antioksidan dan vitamin C-nya dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi. Nanas madu juga dapat membantu pembentukan kolagen. Dengan demikian, kulit keriput dan penuaan dapat dicegah.

4 dari 6 halaman

7. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Mencegah plak pada gigi adalah salah satu manfaat nanas madu bagi kesehatan gigi. Selain itu, nanas madu dapat membantu menguatkan gusi Anda. 

Sama halnya seperti tulang, gigi juga membutuhkan mineral untuk mempertahankan kesehatannya. Kandungan mineral dalam nanas madu bermanfaat untuk mencegah tanggalnya gigi.

Namun, perlu diingat bahwa nanas madu memiliki kandungan gula yang cukup banyak. Gula dapat menyebabkan gigi berlubang. Jadi, selain membatasi jumlah konsumsi, usahakan selalu minum air putih dan rajin menggosok gigi setelah mengonsumsi nanas madu.

8. Meredakan Nyeri Haid

Manfaat nanas madu dapat dirasakan oleh wanita ketika sedang datang bulan. Saat haid, beberapa wanita cenderung mengalami kram yang sangat mengganggu. Tidak jarang rasa nyeri ini mengganggu aktivitas.

Salah satu cara alami untuk meredakan nyeri haid adalah konsumsi nanas madu. Efeknya dalam mengurangi haid didapatkan dari antioksidan dan bromelain yang terkandung di dalamnya.

Artikel Lainnya: Makan Nanas Madu Bisa Bikin Sakit Ginjal, Benarkah?

Antioksidan dapat mengurangi peradangan yang menjadi penyebab kram perut saat haid. Sementara, bromelain membantu merelaksasi otot-otot sekitar perut. Kombinasi antioksidan dan bromelain ini dapat meminimalkan rasa nyeri saat haid.

5 dari 6 halaman

9. Baik untuk Kesuburan

Makanan dengan antioksidan yang tinggi berdampak baik pada kesuburan. Nah, nanas madu termasuk buah yang mengandung tinggi antioksidan, lho. Oleh karenanya, manfaat nanas madu baik untuk kesuburan.

Vitamin C dan beta-karoten yang terkandung dalam nanas madu berkontribusi terhadap manfaat ini. Selain itu, bromelain membantu memberikan kesuburan bagi yang mengonsumsinya.

Nanas madu dikatakan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke rahim dan meningkatkan kualitas lendir pada serviks. Hal ini dapat membantu melancarkan pergerakan sperma untuk membuahi telur. Mengonsumsi nanas madu juga bermanfaat untuk mencegah impotensi.

10. Mencegah Kanker

Manfaat nanas madu dapat mencegah kanker karena mengandung antioksidan yang tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, antioksidan dapat mengatasi radikal bebas yang merupakan faktor risiko kanker. Antioksidan juga mengurangi peradangan.

Bromelain yang terkandung dalam nanas madu dikatakan dapat mencegah kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, bromelain dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara serta merangsang kematian sel kanker. Studi lainnya mengatakan bromelain efektif terhadap kanker kulit dan usus besar.

Demikian beberapa manfaat nanas madu bagi kesehatan. Walaupun bermanfaat, konsumsi nanas madu tetap harus dibatasi. 

Selain itu, bagi Anda yang memiliki diabetes, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu bila ingin mengonsumsi nanas madu. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar