Sukses

Manfaat Wasabi untuk Mengatasi Kebotakan

Anda punya masalah rambut rontok dan kebotakan? Kalau iya, sudahkah merasakan manfaat wasabi untuk mengatasi kebotakan? Simak ulasannya di sini.

Menyantap masakan Jepang rasanya tidak akan lengkap tanpa wasabi. Pasta berwarna hijau tersebut memiliki rasa pedas dan menyengat sehingga banyak digemari. 

Selain sebagai penambah rasa, ada juga manfaat wasabi yang jarang diketahui. Yaitu, solusi mengatasi masalah kebotakan. Anda tak percaya?

1 dari 4 halaman

Kandungan Nutrisi Wasabi

Merujuk kepada Nutrition Data, wasabi adalah makanan yang sangat rendah kolesterol dan sodium. Makanan ini juga merupakan sumber berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. 

Dalam 130 gram wasabi setidaknya mengandung:

  • Vitamin A: 1 persen dari nilai kebutuhan harian (jumlah yang dibutuhkan tubuh)
  • Vitamin C: 91 persen dari nilai harian
  • Thiamin: 11 persen dari nilai harian
  • Riboflavin: 9 persen dari nilai harian
  • Vitamin B6: 18 persen dari nilai harian
  • Kalsium: 17 persen dari nilai harian
  • Magnesium: 22 persen dari nilai harian
  • Fosfor: 10 persen dari nilai harian
  • Potasium: 21 persen dari nilai harian

Melihat deretan kandungan tersebut, apakah benar manfaat wasabi salah satunya untuk mengatasi kebotakan?

Artikel lainnya: Terlalu Banyak Makan Wasabi Picu Serangan Jantung?

2 dari 4 halaman

Wasabi Bisa Bantu Atasi Kebotakan?

Jawabannya adalah iya! Dalam penelitian perusahaan Wasabi Jepang, Kinin, wasabi diklaim dapat membantu menumbuhkan kembali rambut saat dioleskan. Namun, perlu dicatat, wasabi yang memiliki khasiat tersebut adalah yang asli.

Sebab nyatanya, wasabi yang jamak ditemui di restoran-restoran adalah palsu. Wasabi asli sulit ditemukan dan dibanderol dengan harga yang mahal. Dilansir dari Vice, 1 kg gram wasabi asli dihargai Rp 2,5 juta! 

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, kandungan isosaponarin yang membuat wasabi berkhasiat mengatasi kebotakan. 

“Jadi, isosaponarin mampu merangsang folikel rambut atau akar rambut atau papila  yang ada di kulit kepala. Efeknya, senyawa ini memancing untuk menumbuhkan rambut kembali,” jelas dr. Iqbal. 

“Ternyata kandungan isosaponarin tersebut memang lebih efektif dibandingkan minoxidil yang selama ini dipakai dalam serum penumbuh rambut,” dr. Iqbal menambahkan.  

Isosaponarin seperti memberi nutrisi bagi sel folikel rambut supaya dapat kembali berfungsi dengan baik dan optimal. 

Artikel lainnya: Balita Konsumsi Wasabi, Apakah Boleh?

Sementara itu, cara mengatasi kebotakan menggunakan wasabi adalah dengan dioleskan langsung ke kulit kepala. Namun, jika terdapat reaksi alergi seperti gatal, bengkak, rasa panas berlebih, ataupun perih sebaiknya, setop pengaplikasian. 

“Karena mungkin setiap zat, termasuk wasabi, jadi alergen bagi seseorang. Jadi kalau seseorang alergi terhadap wasabi sebaiknya dihentikan. Segera saja dicuci dan dihentikan pemakaiannya,” papar dr. Iqbal.

Selain itu, dr. Iqbal juga menyarankan untuk tidak menggunakan wasabi dalam jumlah berlebihan atau terlalu sering. Anda pemilik kulit sensitif, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan wasabi di kulit kepala.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lain Wasabi

Dilansir Healthline, senyawa  isothiocyanate dalam wasabi dapat memberikan berbagai khasiat positif bagi kesehatan.

Manfaat wasabi itu antara lain memberikan efek antibakteri, memiliki sifat antiinflamasi, berperan bagi kesehatan tulang dan otak, serta kemungkinan memiliki sifat antikanker

Di samping itu, dalam sebuah penelitian yang diuji pada tikus, ekstrak daun wasabi dapat mencegah penambahan berat badan. Kandungan pada wasabi dipercaya dapat menghambat pertumbuhan dan produksi sel lemak. 

Meski menjanjikan, penelitian pada manusia tetap diperlukan untuk mengonfirmasi temuan tersebut.

Anda mau berkonsultasi langsung tentang masalah kebotakan atau makanan untuk melebatkan rambut dengan dokter? Chat dokter kami melalui fitur Live Chat 24 Jam di aplikasi KlikDokter

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar