HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Wasabi untuk Mengatasi Kebotakan
Diet dan Nutrisi

Manfaat Wasabi untuk Mengatasi Kebotakan

dr. Valda Garcia, 09 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda punya masalah rambut rontok dan kebotakan? Kalau iya, mengonsumsi wasabi bisa bermanfaat untuk membantu mengatasinya.

Manfaat Wasabi untuk Mengatasi Kebotakan

Menyantap masakan Jepang rasanya tidak akan lengkap tanpa wasabi. Pasta berwarna hijau ini memiliki rasa pedas dan menyengat sehingga banyak digemari.

Selain sebagai penambah rasa, ada juga manfaat wasabi yang jarang diketahui, yakni sebagai solusi untuk mengatasi masalah kebotakan.

Wasabi Bisa Bantu Atasi Kebotakan?

Merujuk pada Nutrition Data, wasabi adalah makanan yang sangat rendah kolesterol dan sodium. Makanan ini juga merupakan sumber berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

 

Dalam 130 gram wasabi setidaknya terkandung berbagai nutrisi berikut:

  • Vitamin A: 1 persen dari nilai kebutuhan harian (jumlah yang dibutuhkan tubuh).
  • Vitamin C: 91 persen dari nilai harian.
  • Thiamin: 11 persen dari nilai harian.
  • Riboflavin: 9 persen dari nilai harian.
  • Vitamin B6: 18 persen dari nilai harian.
  • Kalsium: 17 persen dari nilai harian.
  • Magnesium: 22 persen dari nilai harian.
  • Fosfor: 10 persen dari nilai harian.
  • Potasium: 21 persen dari nilai harian.

Artikel Lainnya: Benarkah Kimchi Bisa Mencegah Kebotakan?

Berkat deretan kandungan tersebut, wasabi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Termasuk untuk mengatasi kebotakan.

Dalam penelitian perusahaan wasabi Jepang, Kinin, wasabi diklaim dapat membantu menumbuhkan kembali rambut saat dioleskan. Namun, perlu dicatat, wasabi yang memiliki khasiat tersebut adalah yang asli.

Sebab nyatanya, wasabi yang banyak ditemui di restoran-restoran bukanlah wasabi yang asli. Wasabi asli sulit ditemukan dan dibanderol dengan harga yang mahal. Dilansir dari Vice, 1 kg gram wasabi asli dihargai Rp 2,5 juta!

Manfaat wasabi untuk kebotakan diperoleh berkat kandungan isosaponarin di dalamnya. Isosaponarin mampu merangsang folikel rambut atau akar rambut yang ada di kulit kepala. Efeknya, senyawa ini memancing untuk menumbuhkan rambut kembali.

Kandungan isosaponarin tersebut lebih efektif dibandingkan minoxidil yang selama ini dipakai dalam serum penumbuh rambut. Isosaponarin memberikan nutrisi bagi sel folikel rambut supaya dapat kembali berfungsi dengan baik dan optimal.

Cara Mengatasi Kebotakan dengan Wasabi

Lantas, bagaimana cara mengatasi kebotakan menggunakan wasabi? Anda hanya perlu mengoleskannya ke kulit kepala. Kendati demikian, jika terdapat reaksi alergi seperti gatal, bengkak, rasa panas berlebih, ataupun perih, sebaiknya hentikan pengaplikasian.

Setiap zat, termasuk wasabi, dapat berpotensi menjadi alergen bagi seseorang. Jadi, kalau seseorang alergi terhadap wasabi, sebaiknya dihentikan. Segera saja dicuci dan dihentikan pemakaiannya.

Artikel Lainnya: Awas, Kebotakan Dapat Terjadi karena Faktor Keturunan

Selain itu, Anda tidak disarankan menggunakan wasabi dalam jumlah berlebihan atau terlalu sering.

Bagi Anda pemilik kulit sensitif, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan wasabi di kulit kepala.

Selain mengatasi rambut botak, senyawa isothiocyanate dalam wasabi dapat memberikan berbagai khasiat positif lainnya bagi kesehatan. Misalnya, memberikan efek antibakteri, memiliki sifat antiinflamasi, berperan bagi kesehatan tulang dan otak, serta kemungkinan mempunyai sifat antikanker.

Di samping itu, dalam sebuah penelitian yang diuji pada tikus, ekstrak daun wasabi dapat mencegah penambahan berat badan. Kandungan pada wasabi dipercaya dapat menghambat pertumbuhan dan produksi sel lemak.

Meski menjanjikan, penelitian pada manusia tetap diperlukan untuk mengonfirmasi temuan tersebut.

Bila masih ragu dalam menggunakan wasabi untuk kebotakan, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Anda mau berkonsultasi langsung dengan dokter tentang cara mengatasi kebotakan atau makanan untuk menutrisi rambut? Chat dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA]

WasabiRambut RontokKebotakan

Konsultasi Dokter Terkait