Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Golongan Darah AB Dianggap Paling Pintar, Ini Kata Dokter

Golongan Darah AB Dianggap Paling Pintar, Ini Kata Dokter

Dalam sebuah studi, AB disebut-sebut menjadi golongan darah paling pintar. Apakah golongan benar-benar menentukan kecerdasan seseorang?

Golongan darah sering kali diasosiasikan dengan karakteristik seseorang. Misalnya, pemilik golongan darah A terkenal rapi dan terorganisasi. Lalu, orang bergolongan darah B terkesan kreatif serta bersemangat.

Di samping itu, golongan darah dalam beberapa studi juga dianggap menentukan kecerdasan seseorang. Ada satu golongan darah paling pintar menurut sebuah studi. 

1 dari 3 halaman

Golongan Darah Mana yang Dianggap Paling Pintar?

Sebuah riset oleh peneliti Jerash University, Yordania, menyimpulkan kelompok golongan darah AB memiliki IQ yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya. 

Mereka juga mempunyai rerata nilai tertinggi dalam berbagai bidang. Misalnya dalam kemampuan numerik dan verbal. 

Penelitian tersebut diinisiasi oleh seorang dokter bernama Mohumad Saleh Atoom dan diterbitkan dalam Academic Research Journal pada 2014 silam. 

Dalam risetnya, Atoom mengumpulkan 364 mahasiswa dari Jordanian Universities sebagai sampel. Dia menggunakan tes Otis-Lennon dengan alat bantu penelitian terdiri dari 30 pilihan ganda, yang terdiri dari:

  • Delapan paragraf soal terkait pemahaman verbal.
  • Tujuh paragraf untuk inferensi (simpulan logis dari premis-premis) verbal.
  • Enam paragraf yang terkait dengan modal inferensi.
  • Sembilan paragraf yang terkait dengan angka dan inferensi kuantitatif. 

Artikel Lainnya: Benarkah Golongan Darah Tentukan Karakter Seseorang?

Hasilnya, pemilik golongan darah AB, baik laki-laki maupun perempuan, memiliki nilai rata-rata paling tinggi. Di sisi lain, golongan darah B diketahui mendapat nilai rata-rata terendah menurut hasil tes.

Menanggapi hasil riset tersebut, dr. Atika mengatakan temuan golongan darah yang pintar ini belum bisa sepenuhnya digeneralisasikan ke semua orang. 

Maksudnya, tidak semua orang bergolongan darah AB memiliki kecerdasan di atas rata-rata orang bergolongan darah lain. 

“Butuh lebih banyak penelitian dengan tema yang serupa. Diperlukan juga metode penelitian yang lebih tinggi tingkatannya, kalau perlu hingga meta-analisis, sebelum pernyataan golongan darah paling pintar tersebut diyakini sepenuhnya,” dr. Atika menerangkan.

“Sampai saat ini, sayangnya hal tersebut belum terbukti dengan meyakinkan. Mudah-mudahan, ada lebih banyak lagi penelitian terkait hal tersebut di masa depan,” sebut dr. Atika. 

Artikel Lainnya: Pasangan Golongan Darah O dan AB Sulit Punya Anak? Ini Penjelasannya

2 dari 3 halaman

Faktor Lain yang Mendukung Kepintaran Seseorang

Menurut dr. Atika, sejauh ini ada dua faktor yang diperkirakan berkaitan dengan kecerdasan seseorang, yaitu faktor genetik dan lingkungan. Faktor genetik berkaitan dengan warisan kecerdasan dari kedua orang tua. 

“Bisa dari keduanya, yaitu ayah atau ibu, sulit ditentukan dengan pasti,” kata dr. Atika. 

Mengutip dari laman Cambridge Brain Sciences, setidaknya ada 22 gen spesifik yang terkait dengan kecerdasan. Hal tersebut didapatkan setelah menganalisis skor tes kecerdasan dan gen lengkap lebih dari 78.000 orang. 

Meski begitu, gen semata-mata bukan menjadi faktor tunggal penentu kecerdasan seseorang. Masih ada faktor lingkungan yang juga menentukan. Di antaranya:

  • Nutrisi. 
  • Edukasi (serta stimulasi, jika tentang anak usia dini).
  • Riwayat kelahiran. 
  • Polusi.
  • Pengaruh dari obat yang dikonsumsi.

Artikel Lainnya: Waspadalah, Golongan Darah Ini Rawan Kena Serangan Jantung

“Tidak menutup kemungkinan ke depannya akan ada informasi baru terkait faktor yang memengaruhi kecerdasan,” ujar dr. Atika.

“Misalnya mulai ada penelitian yang mengaitkan tempat tinggal, penghasilan orang tua, pekerjaan orang tua, dengan kecerdasan. Namun, hal itu perlu diteliti lebih lanjut,” dia mengimbuhkan. 

Dengan menimbang beberapa faktor di atas, melabeli kecerdasan menurut golongan darah belum dapat dilakukan. Anda pemilik golongan darah AB tak perlu jumawa berlebih. Begitu juga dengan pemilik golongan darah B, Anda tak perlu rendah diri.

Selain masih perlu penelitian mendalam, masih banyak faktor untuk menentukan kecerdasan seseorang. 

Jangan ketinggalan informasi seputar kesehatan, nutrisi, dan gaya hidup lainnya hanya di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

2 Komentar