Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Menggunting untuk Tingkatkan Kemampuan Motorik Anak

Manfaat Menggunting untuk Tingkatkan Kemampuan Motorik Anak

Aktivitas menggunting kerap dikaitkan bahaya. Tapi, sebaiknya jangan dilarang karena tingkatkan kemampuan sensorik balita.

Kalau melihat balita memegang atau memainkan gunting, orangtua pasti langsung senewen. Berbagai kemungkinan, seperti takut si kecil terluka, takut menggunting benda-benda di sekitarnya, atau bahkan takut melukai orang lain tanpa sengaja.

Namun, menggunting adalah salah satu cara untuk melatih kemampuan motorik anak, lho. Oleh karena itu, ortu tidak perlu panik dan langsung merebut gunting dari tangan si kecil. Ketahui dulu manfaat latihan menggunting bagi kemampuan motorik anak lewat penjelasan psikolog berikut ini.

Apa Itu Kemampuan Motorik?

Sebelum membahas manfaat menggunting untuk anak, ketahui dulu apa itu kemampuan motorik berdasarkan penjelasan dari Ikhsan Bella Persada, M,Psi., Psikolog.

"Kemampuan motorik adalah kemampuan gerak yang dimiliki setiap orang ketika ia mampu menggerakkan atau mengoordinasikan otot dan anggota tubuhnya dalam aktivitas sehari-hari," ungkapnya.

Sejatinya, setiap anak perlu dibekali kemampuan motorik tubuh yang maksimal. Kemampuan ini diperlukan sebagai modal mereka saat beraktivitas sehari-hari.

Pernahkah Anda memerhatikan anak yang punya tulisan tangan buruk? Bisa jadi, itu disebabkan karena kemampuan motoriknya yang buruk. Ketika kemampuan motorik anak tidak berkembang maksimal sampai ia dewasa, ia akan sulit melakukan aktivitas tertentu.

Artikel Lainnya: Gangguan Motorik Halus pada Anak yang Perlu Bunda Kenali

1 dari 3 halaman

Kegiatan Menggunting untuk Asah Kemampuan Motorik Balita

Jadi memegang atau melakukan aktivitas gunting-menggunting itu tidak selalu berbahaya, ya. Menggunting bisa membantu memaksimalkan kemampuan motorik anak.

Memotong dengan gunting membutuhkan keterampilan pemisahan tangan. Antara lain, anak hanya akan menggunakan kemampuan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah tanpa bantuan kelingking dan jari manis. Bagi anak balita, ini bisa menjadi aktivitas atau tantangan yang seru.

"Menggunting, membuat anak menggunakan koordinasi jarinya dengan baik. Apalagi kalo dibuat tracing gitu, bisa bantu banget biar anak meningkatkan kemampuan motorik halusnya," kata psikolog Ikhsan Bella.

Artikel Lainnya: Kenali Finger Food, Camilan yang Bisa Stimulasi Motorik Si Kecil

2 dari 3 halaman

Tips Menggunting untuk Balita

Meskipun banyak anak usia tiga atau empat tahun yang sudah bisa menggunting, keterampilan motoriknya itu belum sepenuhnya berkembang hingga ia berusia 6 tahun. Jika si kecil mulai menunjukkan minat untuk menggunakan gunting, sebaiknya dibiarkan dulu dan diamati.

"Sebaiknya memang tidak dilarang karena ini salah satu life skill yang harus mereka punya ke depannya. Oleh karena itu, belilah gunting yang aman dan khusus untuk anak. Kan, banyak, tuh, yang enggak melukai tangan mereka," sambung psikolog Ikhsan.

Berikut ini merupakan tips untuk melatih kemampuan motorik anak dengan menggunting:

  • Pasang Stiker Lucu di Ibu Jarinya

Untuk sesi menggunting pertama kali, Anda bisa memasangkan stiker kecil di jempol anak. Stiker dapat menjadi pengingat bahwa anak harus memosisikan jempolnya di bagian atas atau ibu jarinya harus selalu terlihat saat menggunting. Tujuannya lain memasangkan stiker di jempol untuk mencegah si kecil membalikkan tangan saat memotong.

  • Berlatih Dengan Adonan Lilin

Untuk anak yang baru pertama kali belajar, gunakan gunting mainan yang terbuat dari plastik untuk memotong adonan lilin atau play doh.

Mainan dari lilin juga dapat membantu perkembangan motorik anak dan meningkatkan keterampilan koordinasinya saat mendesain sebuah bentuk.

  • Pilih Bahan Menyenangkan untuk Menggunting

Ada beberapa bahan sederhana yang bisa membuat aktivitas menggunting terasa menyenangkan, antara lain seperti sedotan dan styrofoam. Kedua bahan tersebut akan menghasilkan bunyi suara yang unik dan dapat membuat si kecil tertawa geli saat mengguntingnya. Dengan menggunakan bahan unik dan aman, sesi latihan motorik buah hati pun jadi menyenangkan.

Itu dia manfaat serta tips menggunting untuk anak. Cari tahu bakat terpendam si Kecil melalui health tools Klikdokter.

Jika ada yang ingin tahu tips parenting lainnya, simak terus artikel di aplikasi Klikdokter. Untuk konsultasi dengan dokter atau psikolog, gunakan fitur Live Chat 24 jam.

(OVI/JKT)

 

0 Komentar

Belum ada komentar