Kulit

15 Cara Menghilangkan Komedo Hitam yang Efektif

dr. Arina Heidyana, 04 Jan 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Selain menjaga kebersihan wajah, melakukan pola hidup yang sehat juga mampu mencegah timbulnya komedo hitam di wajah Anda.

15 Cara Menghilangkan Komedo Hitam yang Efektif

Sumbatan pori-pori kulit bisa menimbulkan komedo. Masalah kulit ini bisa dialami semua orang dengan jenis kulit apa pun. 

Komedo sendiri ada dua jenisnya, yaitu blackhead (komedo hitam) dan whitehead (komedo putih). Karena berwarna gelap, komedo hitam biasanya dianggap lebih mengganggu penampilan dibandingkan komedo putih.

Komedo hitam terbentuk akibat pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati, minyak berlebih (sebum), dan bakteri yang terperangkap di folikel rambut. Ketika terjadi oksidasi, komedo bagian luar menjadi hitam. Komedo ini biasanya muncul di area tubuh yang berminyak, seperti hidung, dagu, maupun punggung.

Wajar saja bila kamu merasa tidak nyaman dengan komedo hitam. Namun, kamu tidak perlu khawatir, coba terapkan cara menghilangkan komedo hitam di bawah ini:

1. Rajin Cuci Muka

Sebenarnya, baik komedo putih maupun hitam bisa mudah dihilangkan. Asalkan kamu rajin menjaga kebersihan dan merawat wajah dengan baik.

Sebaiknya, cuci wajah dua kali sehari untuk membersihkan kotoran pada kulit. Namun, ingat ya, jangan terlalu sering mencuci muka karena bisa menyebabkan kulit iritasi.

2. Rutin Lakukan Eksfoliasi

Mau Eksfoliasi, Lebih Baik Pakai yang Chemical Atau Physical?

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati bisa mencegah timbulnya berbagai masalah kulit. Sebab, tumpukan kulit mati selama ini menjadi biang kemunculan komedo hitam. 

Eksfoliasi bisa kamu lakukan seminggu sekali. Eksfoliasi sebaiknya dilakukan dengan skincare yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA). AHA bekerja dengan mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan membuat kulit jadi lembut.

Meski begitu, rutinitas ini tidak boleh dilakukan terlalu sering karena dapat menyebabkan kulit iritasi.

Artikel lainnya: Mau Eksfoliasi, Lebih Baik Pakai yang Chemical Atau Physical?

3. Pilih Makeup atau Skin Care yang Noncomedogenic

Makeup dan produk perawatan kulit noncomedogenic baik dipilih untuk kamu pemilik kulit berminyak. Seperti diketahui, komedo hitam rentan muncul pada kulit berminyak.

Kamu juga perlu menghindari penggunaan riasan yang terlalu tebal karena dapat menutup pori-pori wajah.

4. Gunakan Produk yang Mengandung Salicylic Acid 

Biasanya, produk perawatan yang mengandung salicylic acid dijual secara bebas dan aman digunakan. Kandungan ini dipercaya dapat membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat.

Meski begitu, jika kamu memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya konsultasikan kepada dokter kulit untuk mencari tahu cara penggunaannya yang tepat.

5. Lakukan Ekstraksi, Mikrodermabrasi, dan Peeling

Kiat Melakukan Peeling di Rumah

Cara hilangkan komedo hitam bisa melalui ekstraksi, mikrodermabrasi, dan peeling. Ekstraksi lebih baik dilakukan di tempat yang terjamin kebersihannya, seperti di dokter kulit atau klinik kecantikan tepercaya.

Sementara itu, mikrodermabrasi dan peeling dilakukan untuk mengelupas lapisan sel kulit kering dan mati di wajah sehingga memberikan kesempatan tumbuhnya sel kulit baru.

Artikel Lainnya: 15 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

6. Lakukan Perawatan Rumahan

Cara membersihkan komedo hitam selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan wajah rumahan. Kamu bisa memakai pore pack (strip komedo) maupun masker putih telur.

Pore pack mampu mengangkat kotoran pada lapisan kulit atas. Sementara itu, kandungan alami pada masker putih telur dipercaya mampu menyerap banyak minyak dan mengangkat sel kulit mati.

7. Gunakan Retinoid

Retinoid adalah turunan dari vitamin A yang biasa digunakan dalam produk perawatan kulit antiaging. Namun, retinoid topikal juga dapat digunakan sebagai pengobatan lini pertama untuk merawat dan mencegah komedo.

Retinoid bekerja dengan membuka pori-pori yang tersumbat dan memengaruhi pertumbuhan sel kulit. Retinoid juga membantu mencegah pembentukan jerawat. Retinoid harus menjadi bagian penting rutinitas perawatan kulit kamu.

8. Masker Tanah Liat

Masker tanah liat dapat menjaga permukaan kulit kamu tetap bersih. Selain menghilangkan kotoran, masker tanah liat juga membantu melarutkan penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori.

Seperti telah disampaikan, pori-pori tersumbat dapat menimbulkan komedo. Menggunakan masker tanah liat secara teratur dapat membantu membersihkan pori-pori kamu dari kotoran. Kulit kamu pun memperoleh pembersihan ekstra yang dibutuhkan agar tetap bebas dari komedo.

Artikel lainnya: Wajib Tahu, Ini Manfaat Clay Mask untuk Kulit Wajah!

9. Masker Arang

Cara mengatasi komedo hitam bisa pakai charcoal mask alias masker arang. Masker arang membantu membuka pori-pori yang tersumbat dengan cara menghilangkan kotoran dari pori-pori. 

Masker wajah arang memiliki aktivitas penetrasi yang sangat baik sehingga bisa masuk jauh ke dalam pori-pori kamu. Masker wajah arang juga bisa menghilangkan akumulasi kotoran, minyak, dan polutan umum lainnya. 

Pori-pori kamu akan tetap kuat dan sehat berkat pembersihan menyeluruh dengan masker arang. 

10. Masker Oatmeal

Masker Oatmeal untuk Redakan Kulit Terbakar

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum yang telah digiling. Meskipun oatmeal umumnya dijadikan sebagai pangan, makanan ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk wajah.

Oatmeal kaya senyawa kimia yang disebut saponin. Saponin berperan sebagai pembersih alami. Saponin pada oatmeal membantu mengecilkan pori-pori dan memberi kamu kulit yang halus dan bersih. Karena itu, masker wajah oatmeal adalah produk yang efektif untuk mengatasi komedo.

11. Gunakan Sikat Wajah

Sikat wajah adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengatasi komedo. Sikat wajah dapat membersihkan debu yang menumpuk pada wajah sekaligus membuka pori-pori yang tersumbat. 

Tapi ingat, cara menghilangkan komedo hitam pakai sikat wajah harus dilakukan secara lembut dan pelan. Hindari menyikat wajah dengan kasar karena akan melukai kulit kamu.

12. Tea Tree Oil

Tea tree oil alias minyak pohon teh bisa menjadi senjata ampuh untuk melawan jerawat. Salah satu penelitian yang dilakukan tahun 2017 menunjukkan, tea tree oil membantu mengurangi jumlah dan tingkat keparahan jerawat secara keseluruhan, termasuk komedo hitam.

Menurut penelitian dalam Medical Journal of Australia, minyak pohon teh memiliki efektivitas yang sama dengan benzoil peroksida untuk mengatasi jerawat. Benzoil peroksida adalah obat antijerawat yang paling umum digunakan. 

13. Lakukan Scrub Wajah dengan Lembut 

Kamu dapat membuat scrub wajah sendiri. Scrub wajah buatan sendiri dapat mengatasi komedo dengan mengangkat sel kulit mati dan mempromosikan pertumbuhan kulit baru.

Selain lebih murah dan aman untuk wajah, scrub wajah buatan sendiri adalah alternatif yang layak dipertimbangkan selain menggunakan produk perawatan kulit lainnya.

14. Jangan Tidur Menggunakan Makeup

Wanita Sedang Makeup (Foto: Shutterstock)

Jangan tidur tanpa menghapus makeup yang kamu gunakan. Bila kamu tidur tanpa membersihkan makeup, maka pelepasan sebum (minyak kulit) akan terhambat sehingga sel kulit mati menumpuk dan membuat pori makin besar. Efeknya, selain pori-pori terlihat kian membesar, komedo dan jerawat jadi lebih sering muncul.

Artikel lainnya: Waspada, Ini Bahaya Tidak Menghapus Make Up Menjelang Tidur

15. Terapkan Rutinitas Blackhead-Friendly

Menerapkan rutinitas blackhead-friendly dapat mencegah jerawat dan komedo. Berikut beberapa kebiasaan yang kamu bisa terapkan setiap harinya

  • Segera ganti pakaian setelah melakukan aktivitas yang menghasilkan keringat, seperti berada di luar atau berolahraga. Penumpukan bakteri terjadi akibat keringat menempel pada kulit
  • Kenakan pakaian longgar yang terbuat dari serat alami, seperti katun. Katun memungkinkan kulit bernapas dan tidak menimbulkan gesekan yang mengiritasi
  • Gunakan tas genggam sebagai pengganti tas punggung jika jerawat muncul di punggung
  • Bersihkan kulit sesegera mungkin setelah berkeringat

Setelah menerapkan cara menghilangkan komedo hitam, kamu bisa mencegahnya datang lagi dengan menjaga kebersihan kulit wajah setiap hari. Tak lupa, #JagaSehatmu dengan menjalani pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, menghindari asupan berlemak yang memicu timbulnya komedo hitam, cukup minum air putih, cukup istirahat, dan hindari merokok.

Selain itu, kamu tidak disarankan untuk memencet komedo hitam. Sebab hal ini justru memindahkan bakteri ke kulit yang bisa saja memicu terjadinya infeksi bakteri. Ekstraksi komedo (proses mengeluarkan kotoran dari pori kulit) sebaiknya dilakukan oleh dokter ahli.

Apabila kamu memiliki pertanyaan lain seputar cara menghilangkan komedo hitam, konsultasikan langsung kepada dokter kulit lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

Komedo

Konsultasi Dokter Terkait