Sukses

Penyebab Gigi Anak Hitam dan Cara Mengatasinya

Gigi anak hitam dan gerepes biasanya terjadi akibat sering mengonsumsi makanan manis dan tidak menjaga kebersihan mulut dengan saksama. Bagaimana mengatasinya?

Tak sedikit orang tua yang mengeluhkan gigi anak hitam. Ghea (bukan nama sebenarnya) adalah salah satu orang tua yang sering dipusingkan dengan kondisi tersebut.

Ibu satu anak ini merasa resah ketika melihat gigi anaknya menghitam dan agak hancur. 

Selain khawatir dengan risiko yang mungkin terjadi pada mulut si kecil, keadaan itu juga membuat buah hatinya menjadi bahan perundungan orang lain

“Kadang kasihan anak saya suka dikata-katain sama teman-temannya, karena giginya hitam,” kata Ghea.

1 dari 3 halaman

Mengenal Penyebab Gigi Anak Hitam

Menurut drg. Wiena Manggala Putri, berikut adalah lima penyebab utama gigi anak hitam: 

  1. Tidak rajin menyikat gigi.
  2. Berlebihan mengonsumsi makanan manis.
  3. Trauma, misalnya akibat terjatuh.
  4. Efek obat-obatan. 
  5. Efek minum susu dari botol.

Gigi anak hitam akibat efek minum susu dari botol adalah yang paling disoroti oleh drg. Wiena. Menurutnya, rasa manis dari susu formula bisa menyebabkan kerusakan gigi. Apalagi jika anak tidak tidak membersihkan gigi dengan rutin. 

“Kalau anaknya minum susu pakai botol pada malam hari hingga ketiduran, susunya bisa tertinggal di mulut," ujar drg. Wiena.

"Susu formula memiliki kandungan gula yang tinggi. Akibatnya sisa-sisa susu itu kadang tertinggal di dalam mulut, sehingga meningkatkan risiko gigi berlubang," tegasnya.

Artikel Lainnya: Gigi Hitam Pada Anak, Ini Penyebabnya!

2 dari 3 halaman

Tips Atasi Gigi Anak Hitam dan Geripis

Cara terbaik mengatasi gigi anak hitam adalah dengan berobat ke dokter gigi. Apabila memaksakan diri menggunakan larutan pemutih gigi secara mandiri, hal tersebut justru bisa menimbulkan efek samping yang sangat berbahaya.

Lain halnya jika si kecil diajak berobat ke dokter gigi. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara mendalam untuk mengetahui keparahan kondisi gigi anak. 

Selanjutnya, dokter akan memberikan penanganan yang paling tepat dan minim risiko efek samping untuk mengatasinya.

Setelah berobat dan keluhan gigi hitam anak sembuh, pastikan untuk melakukan hal-hal sebagai berikut agar kondisi tersebut tidak terjadi lagi di masa depan.

  • Menyikat gigi dua kali sehari.
  • Batasi konsumsi makanan atau minuman yang manis.
  • Minum air putih setelah mengonsumsi yang manis.
  • Jangan biasakan anak minum susu dari botol pada saat malam hari.
  • Jadwalkan kunjungan ke dokter gigi secara rutin, paling tidak setiap enam bulan sekali.

Gigi anak hitam dapat mengganggu penampilan, dan membuat buah hati Anda lebih berisiko mengalami masalah mulut yang lebih parah. Segera atasi dengan cara yang tepat, dan konsultasikan lebih lanjut pada dokter gigi.

Sebagai langkah pertolongan pertama gigi anak hitam, Anda bisa berkonsultasi pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam. Pastikan juga mengunduh aplikasi Klikdokter agar tidak ketinggalan berita kesehatan lainnya.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar