Sukses

Kenali Penyebab Ketombe Alis dan Cara Mengatasinya!

Punya ketombe di alis memang menyebalkan. Namun tenang saja, di bawah ini ada penjelasan soal penyebab dan cara mengatasi kondisi tersebut.

Akhir-akhir ini, alis terasa gatal sekali, padahal Anda sudah rajin mandi. Saat digaruk, ternyata jatuh serpihan-serpihan putih. Diperhatikan lagi, bentuknya pun mirip ketombe. Ya, ternyata kini Anda memiliki ketombe alis!

Kok bisa ya alis memiliki ketombe? Padahal kan rambutnya hanya sedikit. Coba disimak dulu penjelasannya di sini.

1 dari 3 halaman

Penyebab Ketombe di Alis

Menurut dr. Devia Irine Putri, benar kalau alis bisa memiliki masalah ketombe. “Penyebab ketombe alis pun ada tiga. Misalnya saja dermatitis seboroik, psoriasis, dan dermatitis kontak,” jelasnya.

Untuk lebih detail lagi soal masing-masing penyebab tersebut, berikut penjelasannya:

  • Dermatitis Seboroik 

Ini merupakan gangguan kesehatan kulit dengan gejala kulit kering, kemerahan, dan mengelupas yang disebabkan oleh beberapa faktor. Namuni, faktor yang paling sering adalah infeksi jamur Malassezia. 

Kenapa bisa ada di alis? Kondisi tersebut didukung oleh beberapa faktor, misalnya kulit wajah yang kombinasi (perpaduan antara kering dan berminyak) serta area yang memiliki banyak kelenjar minyak, dan alis salah satunya.

Stres berlebih pun bisa meningkatkan risiko alis berketombe. Kabar baiknya, ini tidak menular dan tidak memengaruhi kesehatan secara umum.

Namun, rasa gatalnya kadang mengganggu dan bikin kepercayaan diri menurun karena adanya serpihan ketombe yang jatuh. 

Artikel Lainnya: Jangan Menggaruk Kulit Saat Mengalami 7 Kondisi Ini!

  • Psoriasis

Selain karena dermatitis seboroik, ketombe di alis juga bisa disebabkan oleh psoriasis. Penyakit kulit yang satu ini merupakan peradangan jangka panjang yang membuat penderitanya mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat. 

Gejalanya, antara lain kulit yang kering, kemerahan, gatal, bersisik, dan ada bintik-bintik kecil. 

Berbeda dengan dermatitis seboroik, psoriasis tidak disebabkan oleh infeksi jamur, melainkan berkaitan dengan masalah sistem daya tahan tubuh alias autoimun. 

Sel-sel T (sistem daya tahan tubuh) pada penderita psoriasis justru akan menyerang sel-sel kulitnya sendiri yang sehat karena salah mengenali sehingga muncullah gejala yang tadi telah disebutkan. 

  • Dermatitis Kontak

Munculnya ketombe alis juga bisa disebabkan oleh produk yang tidak cocok dengan Anda, misalnya saja sampo, sabun cuci muka, produk skin care, dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, dermatitis kontak ini muncul karena Anda telah berkontak dengan iritan atau alergen. 

Sama seperti dua penyebab sebelumnya, dermatitis kontak bisa menimbulkan rasa gatal yang sulit ditahan. Alhasil, jari akan terus menggaruk, sehingga serpihan ketombe akan berjatuhan.

Pada reaksi yang parah, sensasi panas dan perih seperti terbakar juga bisa dirasakan oleh Anda. 

Artikel Lainnya: Cegah dan Atasi Ketombe dengan Cara Praktis Ini

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe di Alis berdasarkan Penyebab

Agar hasil pengobatannya maksimal, dr. Devia berpesan bahwa semuanya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Jika tidak, maka ketombe alis akan tetap ada dan mengganggu!

Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan cara menghilangkan ketombe di alis berdasarkan faktor penyebabnya:

  • Dermatitis Seboroik

Kalau ketombe alis disebabkan oleh dermatitis seboroik, penggunaan sampo antiketombe, terutama yang mengandung selenium sulfida, ketoconazole, bisa diaplikasikan ke alis,” tutur dr. Devia. 

Setelah itu, bisa dioleskan juga obat-obatan anti radang, anti gatal, dan pelembap.

“Untuk obat spesifiknya apa, harus konsultasi dulu ya ke dokter, ya,” dia menyarankan. 

Artikel Lainnya: Hilangkan Ketombe dengan Garam, Mitos atau Fakta?

  • Psoriasis

Psoriasis memiliki perawatan yang lebih kompleks karena sebenarnya bukan cuma kulit alisnya saja yang bermasalah, area kulit lainnya juga pasti bergejala.

Oleh karena itulah, pengobatan yang satu ini benar-benar butuh konsultasi dokter terlebih dulu. 

Pasalnya, obat-obatan seperti kortikosteroid topikal, vitamin D, retinoid topikal, hingga sinar ultraviolet B (UVB) harus punya dosis terkontrol karena bisa menimbulkan efek samping jika sembarangan. 

  • Mengatasi Ketombe Alis karena Dermatitis Kontak 

Ini paling gampang, Anda tingga menghindari produk yang membuat kulit Anda bermasalah. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan pelembap area yang bermasalah dan bila perlu, minum obat alergi. 

Itu dia penjelasan tentang penyebab ketombe di alis serta cara menghilangkannya. Bila Anda masih punya pertanyaan seputar keluhan kulit, langsung saja konsultasikan hal tersebut pada dokter kami lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar