Sukses

Khasiat Honeycomb yang Baik untuk Kesehatan

Tidak hanya madunya, sarang lebah ternyata juga bisa dimakan, lho. Sarang lebah atau honeycomb juga punya manfaat untuk kesehatan.

Selama ini, kita sering bergidik ngeri jika menemukan sarang lebah di pohon sekitar rumah. Pasalnya, jika sedang tak beruntung, ratusan lebah dari sarang tersebut bisa menyengat kita yang berada di dekatnya.

Kendati demikian, sarang lebah madu tidak selalu menyeramkan. Sebab, sarang lebah madu atau disebut honeycomb ini banyak dijual di pasaran.

Katanya, honeycomb punya manfaat baik untuk kesehatan. Benarkah demikian? Simak fakta kesehatannya lewat pembahasan berikut ini.

Apa itu Honeycomb?

Honeycomb adalah sarang yang dibuat oleh koloni lebah untuk menyimpan madu dan serbuk sari. Honeycomb terbuat dari sel-sel berbentuk segi enam dan berisi lilin yang mengandung madu murni.

Madu murni dari sarang lebah ini berbeda, ya, dengan yang dijual di pasaran. Madu murni sifatnya mentah karena tidak disaring, tidak dipasteurisasi, dan tidak ditambahkan zat kimia lain.

Honeycomb turut mengandung sedikit pollen lebah, propolis, dan royal jelly. Lantas, apa kita boleh mengonsumsi honeycomb atau sarang lebah madu?

Dokter Devia Irine Putri mengatakan tidak ada larangan untuk makan honeycomb, namun ada hal yang harus diperhatikan.

“Boleh mengonsumsi honeycomb secara rutin. Tapi, tidak dianjurkan untuk anak-anak berusia satu tahun ke bawah karena ada risiko infeksi botulinum. Selain itu, tidak semua orang bisa konsumsi madu atau honeycomb, mengingat bisa muncul reaksi alergi,” jelasnya.

Artikel Lainnya: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Madu Asli dan Palsu

1 dari 3 halaman

Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Honeycomb

Tidak sekadar terasa manist, honeycomb juga punya berbagai khasiat untuk kesehatan. Honeycomb mengandung nutrisi, seperti karbohidrat dan antioksidan.

Selain itu, di dalam sarang lebah madu ini mengandung protein, vitamin, dan mineral yang menawarkan manfaat berikut.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak dan alkohol ester pada honeycomb diduga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol yang memicu penyakit jantung. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan oleh Scientific World Journal.

Peneliti dalam studi tersebut memberikan asupan madu murni sebanyak 70 gram per hari kepada 55 orang peserta.

Setelah sebulan kemudian, kadar kolesterol baik (HDL) peserta yang diberi madu ditemukan meningkat. Di samping itu, kadar kolesterol jahat LDL mereka pun menurun.

Penelitian juga menemukan, kandungan antioksidan pada madu murni bisa membantu melebarkan pembuluh darah di jantung.

Ini bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah yang baik untuk kesehatan jantung.

  1. Kemungkinan Bisa Bantu Cegah Infeksi

Karena tidak diproses, madu murni pada honeycomb masih mengandung enzim glukosa oksidase yang bersifat antimikroba dan antibakteri.

Penelitian tahun 2016 lalu pun menyatakan hal serupa. Menurut laporan studi, ekstrak sarang lebah madu ini dapat memberikan perlindungan terhadap jamur dan bakteri penyebab penyakit.

Misalnya, bakteri Staphylococcus aureus, Candida albicans, Salmonella enterica, dan E. coli. Kendati demikian, khasiat madu untuk mencegah jamur dan bakteri di tubuh manusia masih butuh diteliti lebih lanjut.

Artikel Lainnya: Inilah Cara Paling Sehat Konsumsi Madu

  1. Membantu Meredakan Batuk Anak

Siapa sangka makan honeycomb atau madu murni bisa menjadi obat alami untuk redakan batuk anak-anak?

“Madu mengandung bahan alami yang sering digunakan untuk mengurangi keluhan batuk. Ada antioksidan di dalam madu yang memiliki kemampuan untuk melawan infeksi,” jelas dr. Devia.

“Dibandingkan menggunakan obat-obatan bebas, mengonsumsi madu untuk meredakan batuk anak di atas usia satu tahun memang bisa jadi pilihan. Batuknya memang tidak langsung sembuh, tapi bisa membantu mengurangi gejala dan bisa mengurangi rasa gatal di tenggorokan,” tambar dr. Devia.

Meski demikian, dr. Devia menyarankan ortu agar segera periksa ke dokter jika dalam satu hingga dua minggu batuk anak tak kunjung sembuh. Terlebih, jika disertai batuk berdarah, demam, dan sesak napas.

  1. Baik untuk Organ Hati

Manfaat honeycomb nyatanya juga bisa didapat untuk kesehatan organ hati atau liver.  Fakta ini dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan oleh The Korean Journal of Internal Medicine.

Selama proses studi, peneliti rutin memberikan honeycomb kepada orang yang organ hatinya bermasalah.

Setelah 24 minggu ke depan, sebanyak 48 persen peserta melaporkan gejala, seperti sakit perut, kembung, dan mual yang sering dialaminya jadi membaik. Selain itu, organ hati mereka ditemukan mulai kembali normal dan meningkat fungsinya.

Artikel Lainnya: Manfaat Madu bagi Wanita Hamil

2 dari 3 halaman

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsi Honeycomb

Meskipun secara keseluruhan baik dan punya manfaat untuk kesehatan, sarang lebah madu ini tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, ya.

Pasalnya, ada beberapa risiko yang dapat terjadi. Misalnya saja, makan madu murni kebanyakan dapat menyebabkan sakit perut.

Selain itu, seperti yang disinggung dr. Devia di awal, orang dengan alergi madu juga tidak diperkenankan mengonsumsi honeycomb. Dikhawatirkan, makan sarang lebah madu malah dapat memicu reaksi alergi.

“Mungkin harus hati-hati juga bagi yang punya masalah gula darah. Madu, kan, juga manis dan kalorinya tinggi. Kalau dikonsumsi berlebihan bisa membuat kadar gula darah meningkat,” tegas dr. Devia.

Sudah tahu, kan, apa saja manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi, honeycomb atau sarang lebah madu?

Apabila masih ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, jangan ragu ajukan pertanyaan lewat fitur LiveChat 24 Jam  di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar