Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Makan Udang dengan Kulitnya Bisa Turunkan Kolesterol, Benarkah?

Makan Udang dengan Kulitnya Bisa Turunkan Kolesterol, Benarkah?

Ketika makan udang, banyak orang yang langsung melahapnya tanpa mengupas kulitnya. Sebenarnya, adakah manfaat kulit udang bagi kesehatan?

Para pecinta seafood pasti sudah tak asing lagi dengan menu udang. Bahan makanan ini memang bisa diolah menjadi beragam hidangan, mulai dari tumisan hingga balado.

Dalam menyantap udang khususnya yang kecil-kecil, biasanya kulitnya tidak dikupas dan ikut dimakan. Nah, apa kulit udang tersebut bermanfaat bagi kesehatan kita?

1 dari 3 halaman

Benarkah Makan Kulit Udang Bisa Turunkan Kolesterol?

Sebuah studi dalam jurnal Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology yang dipimpin oleh dr. Shahdat Hossain (Departemen Biokimia dan Biologi Molekuler Universitas Jahangirnagar, Bangladesh), menunjukkan kandungan chitosan dalam kulit udang dapat melawan risiko obesitas dan kolesterol tinggi.

Ia dan tim menguji efek chitosan pada berat badan, profil lipid plasma, dan komposisi asam lemak dari tikus.

Hasilnya, chitosan dapat mengurangi penambahan berat badan dan kolesterol dalam darah tikus.

Untuk hasil yang lebih signifikan, para peneliti tersebut berpendapat bahwa chitosan yang dikonsumsi sebagai suplemen dapat meningkatkan rasio kolesterol baik.

Dari penelitiannya, dr. Hossain dan rekan-rekan penelitinya berpendapat bahwa kandungan chitosan dari udang mungkin bisa jadi salah satu sumber nutrisi yang baik dan menangkal kolesterol tinggi beserta dengan komplikasinya.

Namun, ia menekankan kandungan antioksidan juga harus ditambahkan dalam suplemen chitosan untuk mengurangi stres oksidatif terhadap organ hati.

Lalu, penelitian lebih lanjut tetap dibutuhkan untuk pembuktian manfaat chitosan yang lebih pasti.

Artikel Lainnya: Minum Jeruk Setelah Makan Udang Sebabkan Kematian?

Menanggapi studi tersebut, dr. Devia Irine Putri mengatakan efek chitosan pada tikus belum tentu dirasakan juga pada manusia. Tapi, hal itu bisa jadi bahan penelitian lanjutan.

“Menurut penelitian, mengonsumsi udang dalam jumlah yang tidak berlebihan memang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Tapi, tidak dikatakan dari kulit atau hanya daging udangnya,” jelas dr. Devia.

Dokter Devia menjelaskan, chitosan ialah senyawa turunan dari deasetilasi kitin yang banyak terkandung dalam cangkang hewan laut, seperti udang, lobster, dan kepiting.

Chitosan dimanfaatkan dalam beberapa obat, seperti untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi, obesitas, serta membantu mengurangi perdarahan pada luka. Ekstrak dari kulit atau cangkang hewan laut ini sebagai substansi yang bisa memblok penyerapan lemak yang berlebihan,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, dr. Atika pun mengatakan setidaknya chitosan memang punya efek penurun kolesterol. 

Nah, mengenai makan kulit udang, dari studi yang saya ketahui memang aman dan ada sedikit sumber gizinya (protein dan kalsium),” ujarnya.

“Tapi, nggak dengan makan kulit udang lantas langsung dapat chitosan. Di kulit udang adanya chitin, yaitu prekursor buat bikin chitosan. Chitin harus melalui proses demineralisasi, deproteinisasi, dan deasetilasi, baru jadi chitosan,” jelas dr. Atika.

Artikel Lainnya: Pusing Usai Makan Udang, Alergi atau Kolesterol?

2 dari 3 halaman

Mengenal Manfaat Makan Udang

Terlepas dari studi tentang manfaat kulit udang di atas, mengonsumsi udang dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan memang memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat makan udang di antaranya yaitu:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Udang bisa jadi sumber kolin yang baik. Kandungan ini dapat berpengaruh pada kadar homosistein yang bisa menandakan adanya penyakit jantung.

Walaupun udang mengandung kolesterol, tapi jenisnya tidak didominasi oleh saturated fat (lemak jenuh).

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Makanan tinggi protein seperti udang dapat membantu Anda yang ingin mengurangi berat badan.

Dengan menerapkan pola makan yang memiliki protein lebih tinggi dan karbohidrat lebih rendah, rasa kenyang dapat bertahan lebih lama dan asupan makanan akan lebih terkontrol.

3. Bermanfaat untuk Kesehatan Otak

Studi yang dilakukan oleh Oregon State University, Amerika Serikat, menyebutkan kandungan kolin dalam udang dapat bermanfaat bagi fungsi kognitif.

Selain itu, ada hasil yang menunjukkan bahwa kolin dapat berguna bagi penderita demensia dan kerusakan neurologis pasien stroke.

4. Memperkuat Tulang

Udang pun mengandung berbagai mineral penting untuk tulang, seperti kalsium, magnesium, dan selenium. Selain itu, kandungan proteinnya juga bisa membantu menghindarkan tulang dari penyakit osteoporosis.

5. Menyehatkan Kehamilan

Bagi ibu hamil, udang termasuk ke dalam makanan seafood yang masih cukup aman. Nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan saat hamil juga bisa didapatkan dari udang, misalnya zat besi, vitamin B12, kalsium, zinc, kolin, dan protein.

Sebelum mengonsumsinya, disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan.

Manfaat kulit udang bagi kesehatan masih butuh penelitian lebih lanjut, tapi udang sendiri memang bermanfaat bagi tubuh. Menurut dr. Devia dan dr. Atika, makan kulit udang tidak menimbulkan masalah secara umum.

Hal ini bergantung pada selera Anda saja. Sebab, kadang kulit udang terasa kurang nyaman saat dikonsumsi karena agak keras atau tajam.

Bila ingin bertanya seputar asupan seafood yang sehat sesuai kondisi pribadi, chat dokter melalui LiveChat dari Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar