Sukses

Kulit Leher Kendur Padahal Masih Muda, Ini Alasannya!

Punya kulit leher kendur padahal masih muda, sehat, dan bugar? Waspada, mungkin kebiasaan buruk ini yang jadi penyebabnya. Kenali dan atasi sebelum terlambat!

Kulit leher kendur seringkali merupakan salah satu tanda penuaan. Kondisi ini tidak hanya dapat dialami oleh mereka yang telah berusia lanjut, tapi juga anak muda.

Menurut dr. Devia Irine Putri, kulit leher kendur pada usia muda juga tergolong sering ditemukan. Meski tidak membahayakan atau mengancam nyawa, kondisi ini bisa saja mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

1 dari 3 halaman

Penyebab Kulit Leher Kendur di Usia Muda

Faktanya, bagian leher memiliki beberapa kulit tipis yang sangat mudah rusak, kendur, atau terganggu kesehatannya jika tidak dirawat dengan baik.

Risiko terjadinya keadaan tersebut bisa meningkat berkali-kali lipat jika Anda juga sering mengalami kondisi-kondisi di bawah ini.

  • Sering Terpapar Sinar Matahari

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari terbukti bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Tidak hanya itu, sinar berbahaya ini juga bisa menjadi penyebab kulit leher kendur, lho!

Sekitar 80 persen keriput atau kulit wajah kendur (termasuk bagian leher) terjadi akibat paparan sinar UV.

“Sinar UV bisa merusak elastin dan kolagen di lapisan dalam kulit. Kerusakan pada kedua jaringan inilah yang nantinya bisa menyebabkan kulit kendur dan keriput lebih cepat terlihat,” ujar dr. Devia.

Artikel Lainnya: Cara Atasi Kulit Kendur Akibat Penurunan Berat Badan

  • Merokok

Selain dapat mengancam kesehatan paru-paru, merokok juga berdampak buruk pada kesehatan kulit. Hal ini berlaku untuk seluruh kulit di tubuh, termasuk leher.

Rokok memiliki kandungan nikotin yang bisa membuat pembuluh darah pada kulit menyempit.

Hal inilah menyebabkan aliran darah tidak lancar, dan pada akhirnya bikin kulit leher mengendur karena kekurangan oksigen.

  • Terlalu Sering Menunduk

Terlalu sering menunduk atau melakukan gerakan leher yang sama secara berulang juga bisa menjadi penyebab kendurnya kulit di bagian tubuh ini.

Keadaan tersebut diduga terjadi karena kebiasaan menunduk atau menggerakkan leher berulang dapat mengurangi elastisitas kulit, yang lama-kelamaan menyebabkan kekenduran dan terbentuknya garis-garis keriput.

Artikel Lainnya: Baca Ini Sebelum Lakukan Prosedur Tarik Benang

2 dari 3 halaman

Tips Mengurangi Risiko Kulit Leher Kendur di Usia Muda

Agar terhindar dari tampilan kulit leher kendur, beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Rawat kulit leher Anda dengan saksama. Anda bisa mengoleskan pelembap secara rutin, membersihkannya dengan sabun cuci wajah setiap hari, mengoleskan tabir surya, dan melakukan eksfoliasi secara rutin.
  • Anda juga bisa mengoleskan serum vitamin C pada area kulit leher, untuk menjaga tampilannya tetap sehat dan kencang.
  • Gunakan retinoid atau turunan vitamin A, yang dikenal efektif dalam menangani kulit kendur maupun kulit keriput. Senyawa ini bekerja untuk menangkal radikal bebas dan bisa memenuhi protein yang dibutuhkan oleh kulit.

Selain itu, retinoid juga bekerja untuk meningkatkan produksi kolagen, agar kulit tampak lebih sehat, kenyal, dan kencang.

Artikel Lainnya: 6 Kiat Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

  • Terapkan gaya hidup sehat, agar kebutuhan gizi tubuh dan kulit senantiasa terpenuhi.

Anda disarankan untuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin A, C, dan antioksidan, seperti jeruk, apel, stroberi, semangka, dan sebagainya.

  • Pertimbangkan untuk melakukan perawatan kulit ke dokter kecantikan. Prosedur ini bisa dilakukan apabila Anda benar-benar terganggu dengan tampilan kulit leher kendur.

Biasanya, dokter akan menyarankan untuk suntik botox agar kulit kembali menjadi kencang.

Cegah dan atasi kulit leher kendur di usia muda, agar tidak sampai membuat Anda minder dan tidak percaya diri dalam beraktivitas.

Jika mengalami kesulitan atau terkendala dalam menangani kulit leher kendur, tak ada salahnya untuk berkonsultasi secara langsung pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar