HomeInfo SehatOtot dan SendiIni Buah yang Baik untuk Penderita Sakit Pinggang
Otot dan Sendi

Ini Buah yang Baik untuk Penderita Sakit Pinggang

dr. Devia Irine Putri, 28 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sakit pinggang dapat diatasi dengan konsumsi buah-buahan. Apa saja buah yang baik untuk mengatasi sakit pinggang? Mari cek daftarnya di sini.

Ini Buah yang Baik untuk Penderita Sakit Pinggang

Tidak harus selalu diatasi dengan minum obat pereda nyeri, menghilangkan rasa sakit di pinggang juga bisa dengan makanan tertentu.

Buah dan sayuran berwarna gelap dianggap baik untuk mengatasi sakit pinggang. Karena umumnya, jenis buah dan sayuran tersebut mengandung zat antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan pada sendi serta otot. 

Selain itu, makanan yang kaya omega-3 terbukti dapat menangani peradangan pada otot pinggang. Pasalnya, omega-3 mampu mengendalikan reaksi imun dalam tubuh yang memicu sakit pinggang.

Tak hanya itu, protein dapat membantu proses pemulihan otot dan tulang di sekitar pinggang. Zat protein yang tinggi bisa diperoleh dari buah, sayur, dan daging.

Nah, mari simak apa saja jenis buah yang bagus untuk sakit pinggang di bawah ini. 

1. Ceri

Meskipun tergolong mahal, manfaat yang diberikan buah ceri untuk tubuh sangat baik, lho. Bagaimana tidak? Buah merah mungil ini mengandung zat antioksidan yang mampu memperlambat proses peradangan di dalam tubuh.

Dengan kata lain, sakit pinggang yang disebabkan oleh peradangan bisa dibantu atasi dengan makan buah ceri.

Artikel lainnya: Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur, Ada Gejala Apa?

2. Bluberi

Bluberi bisa menjadi pilihan buah untuk sakit pinggang. Sebab, buah berwarna biru gelap ini dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

Di dalam bluberi, terdapat kandungan flavonoid dan antioksidan di mana keduanya memiliki efek anti peradangan, sehingga dapat mengurangi keluhan nyeri pinggang. 

3. Pisang

Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga bisa menjadi buah untuk mengobati sakit pinggang.  

Tidak hanya menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh, kalium dalam pisang juga dapat menjaga fungsi otot, saraf, serta mengurangi pembengkakan pada otot pinggang.

Selain itu, kandungan magnesium yang ada di dalam buah pisang dapat membantu merelaksasikan otot yang tegang. 

4. Semangka

Kandungan air yang tinggi di dalam semangka dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sehingga mengurangi keluhan sakit pinggang. Likopen di dalamnya juga berperan sebagai anti peradangan. 

Tak hanya itu, buah semangka mengandung asam amino yang disebut dengan sitrulina. Fungsinya adalah untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi terbentuknya asam laktat yang menyebabkan keluhan nyeri otot pasca olahraga. 

Artikel lainnya: Ciri dan Tanda Sakit Pinggang Akibat Batu Ginjal

5. Delima

Buah delima kaya akan antioksidan. Karenanya, buah ini bisa dikonsumsi untuk mengatasi sakit pinggang. 

Buah delima juga mampu mengurangi gejala rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis adalah peradangan pada sendi yang terjadi jangka panjang. Bahkan, peradangan ini bisa merusak jaringan lainnya di sekitar sendi, seperti kulit dan paru-paru.

6. Jeruk

Akrab dengan buah berwarna oranye yang satu ini? Buah jeruk memang memiliki kandungan yang tidak main-main. Selain kaya akan vitamin, buah jeruk juga mengandung mineral serta antioksidan.

Oleh sebab itu, jeruk dapat dikonsumsi untuk meredakan peradangan ketika mengalami sakit pinggang.

Artikel lainnya: Kebiasaan Salah Penyebab Nyeri Pinggang

7. Stroberi

Buah stroberi bisa menjadi pilihan buah untuk mengatasi sakit pinggang. Itu karena buah ini mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. 

Anda bisa menikmati buah stroberi secara langsung atau mencampurnya dengan buah lain untuk dijadikan jus. Sama-sama nikmat dan menyegarkan serta sehat!

8. Anggur Merah

Anggur merah bisa menjadi buah yang tepat untuk meredakan nyeri kronis di pinggang. Buah ini diketahui memiliki kandungan antiinflamasi yang disebut dengan resveratrol. Zat ini dipercaya dapat mengurangi nyeri pada sendi maupun otot.

Selain itu, terdapat kandungan antosianin dalam buah anggur, yang dipercaya mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan molekul anti peradangan di dalam tubuh. 

Buah anggur dapat langsung dikonsumsi ataupun dijadikan campuran jus buah untuk mengatasi sakit pinggang. 

9. Lemon

Kandungan vitamin C dalam buah lemon dapat menjadi antioksidan bagi tubuh. Seperti yang telah dijelaskan di atas, antioksidan ini bisa membantu meredakan peradangan dalam tubuh. 

Anda bisa menambahkan perasan lemon ke dalam jus maupun salad. Cara lain untuk mendapatkan manfaat lemon adalah dengan menambahkan perasan lemon ke dalam segelas air hangat, lalu segeralah minum.

10. Nanas

Jika Anda penyuka nanas, buah ini ternyata juga baik untuk sakit pinggang. Sebab, buah tropis ini mengandung enzim bromelain yang berperan sebagai agen anti inflamasi untuk meredakan kondisi peradangan. 

Dalam beberapa penelitian, enzim bromelain dapat membantu mengurangi peradangan pada kasus sinusitis, sakit tenggorokan, dan arthritis. 

Selain itu, enzim pada nanas ini juga sering digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis dan memperbaiki jaringan yang rusak. 

Artikel lainnya: Awas, Wanita Sering Sakit Pinggang Tanda Kista Ovarium!

11. Raspberry

Buah beri, sama halnya dengan stroberi dan bluberi, mengandung antioksidan yang baik untuk membantu meredakan peradangan. 

Maka dari itu, buah beri—termasuk raspberry—bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk mengatasi sakit pinggang.

12. Pepaya

Konsumsi pepaya dianggap dapat membantu memperlancar pencernaan dan aliran darah, termasuk di daerah pinggang. 

Pepaya mengandung enzim papain yang berperan sebagai anti peradangan alami. Enzim ini membantu mengurangi kekakuan dan nyeri pada sendi. 

Meski memiliki efek anti peradangan, untuk meredakan sakit pinggang secara langsung buah pepaya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

\Itulah beberapa jenis buah untuk membantu mengatasi sakit pinggang Anda. 

Selain buah-buahan, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, magnesium, serta kalsium yang tinggi. Makanan tersebut dipercaya baik untuk meredakan sakit pinggang. 

Kendati demikian, bila keluhan terus berlanjut hingga menghambat aktivitas harian Anda, segera periksakan diri ke dokter.

Jika ada pertanyaan lainnya seputar kesehatan, silakan konsultasikan dengan dokter via Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[RS]

buahsakit pinggang

Konsultasi Dokter Terkait