Sukses

Ini Buah yang Baik Untuk Penderita Sakit Pinggang

Sakit pinggang memang mengganggu. Karena itu, yuk, makan lima buah berikut ini untuk mengatasinya!

Sakit pinggang merupakan keluhan yang paling umum terjadi pada orang dewasa. Meski bisa hilang dengan sendirinya, sakit pinggang bisa jadi tanda dari suatu penyakit yang membahayakan!

Tidak harus selalu diatasi dengan minum obat pereda nyeri, meredakan rasa sakit di pinggang juga bisa ditangani dengan makan buah-buahan tertentu. Buah apa saja yang baik dikonsumsi untuk penderita sakit pinggang?

1 dari 4 halaman

Nutrisi Penting untuk Penderita Sakit Pinggang

Sakit pinggang umumnya terjadi karena cedera pada sendi, otot, dan tulang bagian belakang. Namun tak jarang, sakit atau nyeri pinggang ini dapat terjadi akibat peradangan atau inflamasi di area tersebut.

Dilansir dari Everyday Health, Dana Geene, MS, RD, LDN, seorang ahli gizi di Amerika Serikat mengatakan, dengan memenuhi asupan nutrisi yang tepat, kesehatan tulang, otot, dan sendi di sekitar pinggang dapat terjaga.

Maka agar terhindar dari segala jenis nyeri, mengonsumsi buah dan sayuran berwarna gelap dikatakan dapat membantu atasi sakit pinggang.

Ini karena buah dan sayuran tersebut umumnya mengandung zat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan pada sendi serta otot manusia.

Tidak hanya itu, makanan yang mengandung omega-3 tinggi juga terbukti bisa mengobati peradangan pada otot pinggang. Pasalnya, asam lemak omega-3 dapat mengendalikan reaksi imun dalam tubuh yang memicu sakit pinggang.

Dokter Devia Irine Putri setuju, dengan pemenuhan nutrisi tepat, maka rasa sakit atau nyeri di pinggang lama kelamaan bisa teratasi.

Menurutnya, protein dapat membantu proses pemulihan otot dan tulang di sekitar pinggang. Zat protein yang tinggi pun dapat diperoleh dari makan buah, sayur, dan daging.

Artikel Lainnya: Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Biasanya Gejala Penyakit Apa?

2 dari 4 halaman

Deretan Buah untuk Penderita Sakit Pinggang

Buah jadi salah satu makanan sehat yang dianjurkan dikonsumsi tubuh secara rutin. Selain mengandung vitamin dan mineral lengkap, buah juga bermanfaat sebagai asupan yang bisa meredakan dan mengobati sakit pinggang. Berikut berbagai jenis buah yang bisa Anda konsumsi:

1. Buah Ceri

Meskipun tergolong mahal, khasiat yang diberikan buah ceri untuk tubuh cukup baik, lho. Bagaimana tidak? Buah merah mungil ini mengandung zat antioksidan yang mampu memperlambat proses peradangan di dalam tubuh.

Dengan kata lain, sakit pinggang yang disebabkan karena peradangan bisa dibantu diatasi dengan makan buah ceri.

2. Buah Pisang

Makanan yang mengandung kalium tinggi seperti buah pisang juga baik dikonsumsi untuk penderita sakit pinggang.

Tidak hanya menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh, kalium pada pisang juga berkhasiat menjaga fungsi otot, saraf, serta mengurangi pembengkakkan pada otot pinggang.

Artikel Lainnya: Benarkah Penderita Sakit Ginjal Tidak Boleh Makan Pisang?

3. Delima

Selain buah ceri, buah lainnya yang juga mengandung antioksidan tinggi adalah delima. Menurut dr. Devia, buah berdaging merah ini mampu mengurangi rheumatoid arthritis secara keseluruhan.

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyerang dan menyebabkan peradangan pada sendi. Tidak hanya itu, rheumatoid arthritis juga bisa merusak jaringan lainnya di sekitar sendi, seperti kulit dan paru-paru,” kata dr. Devia.

4. Anggur Merah

Anggur merah bisa dikonsumsi untuk meredakan nyeri kronis di pinggang.

Buah ini diketahui memiliki kandungan zat antiinflamasi yang disebut dengan resveratrol. Zat ini dipercaya dapat  mengurangi nyeri pada sendi maupun otot.

5. Nanas

Nanas cukup dikatakan ampuh untuk membantu mengatasi nyeri pinggang. Pasalnya, buah tropis ini mengandung enzim bromelain yang berperan sebagai agen antiinflamasi untuk meredakan kondisi peradangan serta penyakit lainnya.

Artikel Lainnya: Singkirkan Lemak Pinggang dengan Makanan Ini

3 dari 4 halaman

Asupan Ini Juga Baik untuk Penderita Sakit Pinggang

Selain lima buah di atas, ada beberapa asupan lain yang dipercaya bisa membantu mengatasi rasa sakit pinggang, seperti:

  • Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum dan pasta. Karbohidrat kompleks dapat memberikan energi dalam tubuh tanpa memperburuk kondisi peradangan di pinggang.
  • Makanan yang mengandung magnesium tinggi, di antaranya sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli dan bayam, dipercaya memiliki kandungan magnesium yang dapat melawan peradangan pada otot.
  • makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti susu, keju, yoghurt. Kalsium dapat membantu menyehatkan tulang, otot, dan sendi dalam tubuh.

Itulah beberapa informasi mengenai buah untuk penderita sakit pinggang yang perlu Anda tahu.

Jika ada pertanyaan seputar kesehatan lainnya, silahkan konsultasikan dengan dokter spesialis via LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter. Salam sehat!

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar