Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ini Perawatan Tubuh yang Perlu Dilakukan Sebulan Sebelum Pernikahan!

Ini Perawatan Tubuh yang Perlu Dilakukan Sebulan Sebelum Pernikahan!

Jelang pernikahan, setiap pasangan pasti akan merawat tubuhnya dengan baik. Lantas, perawatan tubuh apa saja yang diperlukan jelang pernikahan?

Tidak terasa hari pernikahan Anda tinggal sebulan lagi. Berbagai persiapan mulai dari sebar undangan sampai fitting baju pengantin sudah semua dilakukan.

Namun, bukan hanya pernak-pernik pernikahan saja yang harus disiapkan, kesehatan dan penampilan tubuh juga perlu dimaksimalkan, lho

Karena itu, ada berbagai jenis perawatan tubuh yang dapat dilakukan kedua calon mempelai sebulan sebelum menikah! Apa saja itu? Simak daftarnya lewat pembahasan berikut ini.

1 dari 2 halaman

Perawatan Tubuh yang Diperlukan Sebulan Sebelum Menikah

Agar bisa tampil maksimal di hari pernikahan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan dipersiapkan. 

Persiapan yang perlu dilakukan tidak perlu berlebihan, hanya butuh perawatan dasar rutin agar tubuh bisa sehat, bugar, dan kulit wajah tampak sehat saat hari H nanti. 

Berikut perawatan tubuh yang perlu dilakukan sebulan sebelum menyambut pernikahan, menurut saran dr. Devia Irine Putri

1. Bersihkan Muka Secara Rutin 

Meski kesannya sedang dalam proses dipingit alias tidak pergi boleh kemana-mana dulu, bukan berarti Anda tidak wajib mencuci muka secara rutin. 

Mencuci muka dengan sabun sesuai jenis kulit merupakan langkah awal untuk memiliki kulit sehat dan bersih. Ini berlaku untuk pria maupun wanita, ya

Agar maksimal, Anda bisa membersihkan wajah dengan metode double cleansing.  Metode ini membersihkan wajah dengan dua tahap. 

Pertama, ada baiknya bersihkan wajah pakai pembersih yang punya kandungan minyak. Baru setelah itu bersihkan dengan yang mengandung air.

“Pembersihan yang memakai bahan dasar minyak nantinya akan memecah makeup dan menghilangkan kotoran pada wajah,” kata dr. Devia. 

Artikel Lainnya: 5 Vaksinasi sebelum Menikah yang Perlu untuk Calon Pengantin

2. Gunakan Pelembap Setiap Hari 

Dokter Devia mengatakan, menggunakan pelembap wajah merupakan hal wajib yang perlu dilakukan semua orang. Tidak hanya dioleskan di pagi hari, tapi pelembab juga wajib dioleskan pada malam hari sebelum Anda pergi tertidur. 

Rutin memakai pelembap berguna untuk membuat wajah jadi terhidrasi dan tidak kering. Memakai jenis skincare ini juga dapat membuat wajah jadi tampak lebih terawat dan sehat. 

3. Gunakan Skincare Sesuai Kebutuhan

Selain pelembab, menggunakan produk skincare lain seperti toner, serum, dan eye balm juga dapat dilakukan. 

Biasanya, calon mempelai wanita yang akan giat menggunakan rejimen skin care ini. Namun, calon mempelai pria juga boleh, kok, melakukan perawatan ekstra ini.

Toner cocok banget digunakan untuk Anda yang kulitnya berminyak. Apalagi yang punya masalah komedo dan jerawat. Fungsi skincare ini untuk menghilangkan sisa kotoran yang sulit terangkat saat menggunakan cleansing milk, facial wash maupun makeup remover,” ujar dr. Devia. 

“Sedangkan memberikan vitamin hingga ke bagian kulit paling bawah.Eye balm berfungsi untuk mencerahkan kulit bawah mata dan menghilangkan garis-garis halus yang ada di bawah atau area mata,” lanjutnya. 

Artikel Lainnya: Perlukah Tes Hepatitis Sebelum Menikah?

4. Maskeran

Mau kulit tampil lebih glowing dan kenyal saat hari pernikahan? Anda bisa melengkapi rangkaian perawatan kulit dengan pakai masker. Disarankan untuk maskeran sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Baik masker lulur atau face sheet mask, keduanya sama-sama baik untuk perawatan kulit wajah. Hanya saja, perhatikan kandungan-kandungan yang terdapat pada masker wajah. Pilih bahan yang tidak buat kulit jadi sensitif atau kemerahan. 

5. Olahraga Rutin 

Olahraga merupakan kegiatan yang perlu dilakukan rutin, baik untuk pria dan wanita yang hendak melangsungkan pernikahan. Tidak perlu nge-gym ekstra, cukup lakukan kardio dan olahraga kekuatan selama 30 menit setiap harinya.

Olahraga bisa meningkatkan fungsi dan regenerasi sel-sel dalam tubuh. Di mana sel-sel baru dalam tubuh akan memengaruhi kesehatan kulit, jantung, dan otak. 

Selain itu, olahraga juga dapat menjaga berat badan tetap ideal dan membuat tubuh lebih berstamina untuk berhubungan intim pada malam pertama nanti. 

Artikel Lainnya: Tes Kesuburan Sebelum Menikah, Cara Deteksi Kemandulan Sejak Dini

6. Tidur Cukup

Tidak hanya olahraga, punya waktu tidur cukup juga merupakan kegiatan atau perawatan tubuh yang dapat dilakukan sebulan sebelum menikah. 

Meski rasanya sulit untuk tertidur pulas jelang hari pernikahan, tapi usahakan agar kegiatan yang satu ini dilakukan setiap hari. 

Tidur adalah salah satu bentuk sikap atau wujud “sayang” kepada tubuh Anda. Tidur dapat meningkatkan mood dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Tidak mau, kan, nantinya badan jadi drop dan sakit beberapa hari sebelum pernikahan?

7. Hindari Penggunaan Makeup Terlalu Sering

Bagi wanita, menggunakan makeup memang penting untuk menunjang penampilan. Kendati demikian, Anda bisa berhenti dulu atau bahkan mengurangi penggunaan makeup sedikit demi sedikit. 

Tujuan hal ini dilakukan agar kulit bisa beristirahat serta bernapas lega tanpa ada sumbatan dari bedak, foundation, atau loose powder. Nantinya, kulit akan menyerap oksigen lebih banyak dan tampak lebih segar di hari pernikahan.

8. Hindari Waxing dan Nail Art 

Jika Anda merupakan orang yang hobi nail art atau sering melakukan waxing, sebaiknya hindari dulu perawatan ini sebulan sebelum menikah.

Sebab, melakukan waxing dan nail art jauh-jauh hari justru bisa merusak polesan kuku. Bulu yang sudah di waxing bisa pun dapat tumbuh kembali. 

Disarankan untuk melakukan dua kegiatan ini H- atau H-3 sebelum pernikahan, ya, agar hasilnya lebih maksimal.

Artikel Lainnya: Seberapa Penting Pemeriksaan HIV Sebelum Menikah?

9. Minum Air Putih Cukup

Minum air putih cukup juga merupakan perawatan dari dalam tubuh yang mesti dilakukan rutin sebulan sebelum menikah sebulan, lho

Dijelaskan oleh dr. Devia, ketika Anda minum air putih yang cukup setiap harinya, maka racun dari dalam tubuh akan terbuang melalui urin dan juga keringat. Hasilnya, tubuh Anda dan kulit pun terlihat lebih sehat menjelang pernikahan.

10. Hindari Makanan Tinggi Gula 

Ternyata, masalah kesehatan kulit juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Ketika akan menikah apalagi sebulan hari H, ada baiknya Anda mengurangi makanan yang tinggi kadar gulanya. 

Anda bisa melakukan diet rendah gula. Caranya, lebih memilih mengonsumsi buah-buahan, gandum utuh, serta sayuran. 

Kata dr. Devia, makanan jenis inilah yang membuat Anda terhindar dari kerusakan kulit, misalnya penuaan. Tentunya, ini karena jenis makanan tersebut mengandung antioksidan yang baik untuk regenerasi kulit.

Itu dia beberapa perawatan dasar yang wajib dilakukan sebulan sebelum menikah. Dokter Devia sendiri tidak menyarankan untuk melakukan perawatan ke dokter, seperti peeling, laser, facial, dan sebagainya. 

Pasalnya, perawatan tersebut berisiko menyebabkan kulit wajah jadi memerah dan muncul efek samping. Apabila ingin tahu informasi kesehatan lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter. Sedangkan untuk konsultasi dengan dokter, gunakan fitur LiveChat!

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar