Pencernaan

Inilah Pilihan Olahraga yang Baik untuk Penderita Ambeien

Tamara Anastasia, 02 Sep 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penderita ambeien tetap disarankan untuk berolahraga, agar keluhan tidak mudah kambuh dan mengganggu aktivitas. Pertanyaannya, olahraga apa yang baik untuk ambeien?

Inilah Pilihan Olahraga yang Baik untuk Penderita Ambeien

Ambeien atau hemoroid merupakan kondisi terjadinya pelebaran pembuluh darah di sekitar anus. Para penderita penyakit tersebut umumnya akan sulit untuk bergerak, berdiri, duduk, maupun berjalan. 

Atas dasar itu, sebagian orang dengan ambeien enggan berolahraga. Padahal, jenis olahraga yang tepat dapat membantu mengurangi keparahan gejala, bahkan mampu mencegah kekambuhan ambeien di kemudian hari.

Pertanyaannya, seperti apa olahraga yang baik untuk ambeien? Apakah olahraga ini benar-benar aman dan terbukti mampu mengendalikan penyakit tersebut?

Olahraga Aman untuk Penderita Ambeien

Penderita ambeien tetap bisa berolahraga, asalkan tidak melakukan gerakan-gerakan yang memberikan tekanan berlebih pada tubuh. 

Menurut dr. Devia Irine Putri, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga untuk ambeien yang bisa dijadikan sebagai pilihan,

  1. Yoga 

Faktanya, yoga bisa membantu melancarkan aliran darah dan merelaksasi otot-otot di seluruh bagian tubuh termasuk di bagian Sphincter ani, saluran kecil antara ujung usus dan kulit di sekitar anus. 

Dengan melakukan yoga di bawah pengawasan instruktur yang ahli, keluhan ambeien yang dirasakan bisa sedikit membaik. Risiko kekambuhan penyakit tersebut di kemudian hari juga bisa diminimalkan.

Artikel Lainnya: Pilihan Makanan Sehat untuk Wasir atau Ambeien

  1. Aerobik 

Melakukan senam aerobik secara rutin bisa menjaga pergerakan usus tetap normal. Selain itu, jenis olahraga sejuta umat ini juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga peredarannya ke bagian anus juga akan lebih lancar.

“Ketika melakukan senam aerobik, tubuh akan mengalami peningkatan denyut jantung dan laju metabolisme. Ini nantinya akan membuat tubuh jadi lebih cepat haus sehingga Anda jadi lebih banyak minum air putih, dan pada akhirnya mencegah konstipasi,” ujar dr. Devia. 

Seperti diketahui, konstipasi atau sembelit adalah salah satu faktor risiko terjadinya ambeien. Dengan kata lain, orang-orang yang tidak mengalami konstipasi akan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena ambeien.

  1. Senam Kegel 

Selain berguna untuk menguatkan otot di bagian pelvis dan panggul, senam kegel juga bagus untuk menghilangkan tekanan dari bagian bawah tubuh. 

Anda bisa melakukan senam kegel dengan cara mengidentifikasi bagian otot panggul bawah terlebih dahulu. Caranya, coba hentikan keluarnya urine saat buat air kecil. Ini yang disebut otot bawah panggul. 

Setelah itu, kosongkan kandung kemih dan ambil posisi berbaring. Kencangkan otot panggul dan tahan selama 5 detik, lalu lepaskan. Anda bisa melakukan gerakan ini sebanyak 4-5 kali setiap sesi. 

Artikel Lainnya: Menilik Penyebab Wasir setelah Olahraga

Hal yang Perlu Diperhatikan Penderita Ambeien Sebelum Berolahraga

Sama seperti jenis olahraga lainnya, Anda diharapkan untuk melakukan pemanasan sebelum memulai sesi olahraga dan ditutup dengan pendinginan. Gunanya adalah untuk merelaksasi otot dan menghindari terjadinya cedera. 

Selain itu, Anda juga mesti memulai sesi olahraga secara perlahan dan bertahap. Lakukan olahraga selama 20 sampai 30 menit dalam sehari. Jika keluhan ambeien dirasakan sangat menyiksa, pastikan untuk menunda sesi olahraga. 

“Jika Anda memaksa untuk melakukan olahraga saat ambeien kambuh, benjolan pada anus bisa semakin keluar dan tidak bisa dimasukkan kembali,” ujar dr. Devia.

“Efeknya, Anda akan merasakan nyeri hebat pada bagian anus dan tindak pengobatan harus segera dilakukan,” sambungnya.

Dalam kasus ambeien yang sudah terlanjur parah sehingga membuat penderitanya benar-benar kesulitan untuk bergerak, pertolongan medis adalah satu-satunya jalan keluar. 

Salah satu terapi yang mungkin diberikan untuk mengatasi ambeien derajat berat adalah tindakan operasi.

Tertarik melakukan olahraga untuk ambeien? Jika ingin sepenuhnya terhindar dari efek merugikan dan merasakan manfaat yang lebih optimal, konsultasikan terlebih dahulu kondisi kesehatan Anda pada dokter. 

Untuk dapat berkonsultasi dengan dokter secara langsung kapan saja dan di mana saja, Anda dapat menggunakan layanan Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

ambeien

Konsultasi Dokter Terkait