Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Fakta Sehat Memerahkan Bibir secara Alami dengan Stroberi

Fakta Sehat Memerahkan Bibir secara Alami dengan Stroberi

Merah dan kaya vitamin C, stroberi disebut-sebut bermanfaat buat bibir. Tapi, bagaimana efektivitas memerahkan bibir dengan stroberi menurut dokter, ya?

Meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi stroberi mungkin sudah pernah Anda dengar. Akan tetapi, bagaimana dengan memerahkan bibir dengan stroberi?

Karena warnanya yang cerah dan mengandung banyak vitamin C, buah tersebut dipercaya bisa membuat permukaan bibir menjadi lebih lembut dan lebih merah dari sebelumnya, lho!

Benarkah demikian? Simak apa kata dokter tentang manfaat stroberi untuk memerahkan bibir berikut ini!

1 dari 4 halaman

Stroberi Populer dalam Produk Bibir

Kepercayaan bahwa buah stroberi sangat bagus untuk bibir tentu bukan muncul tanpa sebab.

Selain warna buahnya merah dan mengandung vitamin C untuk mencerahkan permukaan kulit yang gelap, aroma strawberry juga segar serta manis! Alhasil, buah ini dianggap cocok jika diaplikasikan di atas bibir. 

Hal itu terbukti dari banyaknya produk bibir seperti lip balm, lip gloss, serta lip scrub yang menggunakan stroberi sebagai bahan dasar, atau bahkan untuk menambah aroma dan rasa!

Tak heran, tips rumahan untuk membuat lip scrub stroberi pun banyak beredar di internet dan media sosial.

Untuk membuatnya, Anda hanya butuh buah stroberi, gula pasir, dan minyak zaitun, lalu jadilah lip scrub yang murah meriah!

Nah, karena sering dipakai untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan bibir, lantas, benar nggak, sih, memerahkan bibir dengan stroberi itu terbukti ampuh atau sebenarnya buah strawberry kurang bisa memberikan efek positif buat bibir, terutama untuk memerahkannya secara alami?

Artikel Lainnya: Bibir Hitam Bikin Kurang Percaya Diri? Atasi dengan Cara Ini

2 dari 4 halaman

Kata Dokter soal Efektivitas Memerahkan Bibir dengan Stroberi

Menanggapi pertanyaan di atas, begini penjelasan dr. Devia Irine Putri. Stroberi adalah buah yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan. Dua hal tersebut sangat penting untuk memelihara kesehatan kulit sekaligus mencerahkan.

Namun, jika tujuannya adalah untuk memerahkan bibir secara alami, dr. Devia meragukan hal itu.

“Memerahkan bibir dengan stroberi sepertinya agak sulit. Karena kalau untuk memberikan warna ke bibir, sebenarnya stroberi itu sendiri kurang berpigmen merah ketimbang buah-buahan lain. Misalnya saja, buah bit atau pomegranate. Kedua buah tersebut jauh lebih berpigmen ketimbang stroberi,” jelasnya.

Dokter Devia menambahkan, “Kalau untuk memerahkan bibir secara alami, lebih baik gunakan buah-buahan lain, seperti bit dan pomegranate.

Meskipun pada dasarnya sama-sama baik nutrisinya, tetapi dua buah itu lebih bisa memberikan warna alami bibir.”

Jika demikian, apakah produk lip scrub yang menggunakan stroberi itu tidak ampuh sama sekali dan tidak memberikan manfaat buat bibir?

Dokter Devia menjawab, “Ya, tidak juga. Tetap bermanfaat, kok, tetapi dengan cara yang berbeda. Jadi begini, ketika kita mengaplikasikan scrub stroberi ke bibir, campurannya akan memberikan nutrisi sehingga bisa merangsang regenerasi sel kulit bibir yang baru. Alhasil, permukaan bibir menjadi lebih lembut dan lembap.”

Artikel Lainnya: 5 Kebiasaan yang Bikin Bibir Pecah-pecah Makin Memburuk

3 dari 4 halaman

Tips Memerahkan Bibir secara Alami dengan Bahan selain Stroberi

Meski manfaat stroberi untuk bibir tak sampai bisa memerahkan secara alami, tetapi ladies, kalian masih bisa menggunakan bahan alami lainnya, kok.

Seperti yang sempat disinggung dr. Devia tadi, buah bit dan buah pomegranate alias delima bisa Anda manfaatkan.

Sementara itu, sebuah penelitian di tahun 2005 silam menemukan ekstrak buah delima dapat mengurangi hiperpigmentasi kulit, termasuk bibir. Berikut bahan dan cara untuk mengolah buah delima menjadi masker bibir.

  • 1 sdm makan biji delima.
  • 1 sdt air mawar.
  • 1 sdm krim susu segar.

Untuk membuatnya, campurkan semua bahan, lalu oleskan ke bibir sambil dipijat lembut sekitar tiga menit.  Kemudian, bilas bibir dengan air dingin dan lakukan rutin setiap hari.

Sedangkan untuk membuat masker bibir dari buah bit, cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Hancurkan beberapa potong kecil buah bit dalam blender. 
  • Oleskan bit yang sudah hancur ke bibir.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Bilas dan keringkan dengan tisu.
  • Oleskan petroleum jelly tipis saja.
  • Lakukan dua kali seminggu.

Kini, Anda sudah mengetahui fakta cara memerahkan bibir dengan stroberi. Untuk pertanyaan lain seputar bibir, kulit wajah, dan keluhan kesehatan kulit lainnya, langsung saja konsultasi dengan dokter kami lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar