Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Penderita Diabetes Makan Buah Mangga, Amankah untuk Gula Darah?

Penderita Diabetes Makan Buah Mangga, Amankah untuk Gula Darah?

Masuk jadi daftar buah yang tinggi gula, benarkah mangga tidak boleh untuk penderita diabetes?

Banyak aturan makan yang harus dipatuhi penderita diabetes. Salah satu pantangan yang banyak dipercaya, katanya penderita tidak boleh mengonsumsi buah mangga.

Dengan rasa manis yang identik dengan kandungan gula tinggi, buah mangga diyakini membuat kadar glukosa penderita diabetes melonjak. Benarkah demikian? Simak jawaban dokter lewat pembahasan berikut ini.

Mangga untuk Penderita Diabetes, Amankah Dikonsumsi?

Menanggapi hal ini, dr. Arina Heidyana mengatakan tidak ada larangan yang menyebut para penderita diabetes tidak boleh makan buah mangga.

Pasalnya, mangga merupakan buah dengan banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun agar aman, penderita diabetes perlu membatasi jumlah mangga yang dikonsumsi.

“Mangga memang banyak kegunaannya dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Namun, mangga juga mengandung gula dan karbohidrat tinggi yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan penderita diabetes. Karenanya, membatasi porsi makan mangga bagi penderita diabetes wajib dilakukan,” kata dr. Arina.

“Satu cangkir mangga terdiri atas kalori, karbohidrat, dan gula. Terutama mangga yang terlalu matang, ini mengandung indeks glikemik tinggi sehingga penderita diabetes disarankan tidak makan terlalu banyak buah mangga,” lanjut dr. Arina.

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

1 dari 4 halaman

Apakah Makan Mangga Pasti Akan Memengaruhi Kadar Gula Darah?

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, setiap satu cangkir atau setiap 165 gram buah mangga, mengandung 99 kalori, 1,4 gram protein, 2,6 gram serat, vitamin C, folat, Vitamin A, E, dan kalium.

Jika dikonsumsi dalam batasan normal, mangga pada dasarnya tidak akan memengaruhi kadar glukosa atau gula darah manusia.

Meskipun mengandung gula dan kalori tinggi, buah mangga juga mengandung banyak serat yang dapat memperlambat proses penyerapan gula pada tubuh.

Ketika dimakan dalam jumlah tidak berlebihan, kadar gula dalam tubuh lebih sulit untuk naik.

Tidak hanya itu, mangga juga mengandung antioksidan yang berguna untuk mengurangi efek tekanan yang timbul karena kenaikan gula darah.

Dengan kata lain, tubuh jadi lebih mudah mengendalikan asupan karbohidrat dan menormalkan kembali kadar gula darah.

Artikel Lainnya: 6 Buah yang Sebaiknya Tidak Dijus

2 dari 4 halaman

Manfaat Makan Mangga Bagi Penderita Diabetes

Selain rasanya yang manis dan tinggi vitamin, mangga juga punya manfaat tersendiri bagi penderita diabetes, berikut penjelasannya:

  • Mangga mengandung zat mangiferin yang memiliki sifat antiperadangan dan antivirus yang baik untuk perlindungan terhadap penyakit. Selain itu, zat ini juga berfungsi menstabilkan kadar glukosa dan mendukung kesehatan pembuluh darah dalam tubuh.
  • Kandungan mangiferin buah mangga berfungsi memengaruhi enzim agar metabolisme gula darah berjalan lancar serta mencegah penimbunan lemak di hati (liver).
  • Mangga mengandung vitamin A dan vitamin C yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh manusia. Kedua kandungan ini digunakan untuk menangkal radikal bebas yang berisiko merusak sel serta organ tubuh manusia.
  • Jumlah serat dalam buah mangga yang cukup tinggi bermanfaat melancarkan sistem pencernaan dan menunjang daya tahan tubuh penderita diabetes.

Artikel Lainnya: Panduan Makan bagi Diabetesi agar Gula Darah Tetap Stabil

3 dari 4 halaman

Cara Aman Mengonsumsi Mangga pada Penderita Diabetes

Agar buah mangga tetap memberikan manfaat yang maksimal, penderita diabetes harus membatasi asupan makan mangga setiap harinya.

Dokter Arina mengatakan, “Dalam satu hari, penderita diabetes cukup makan satu buah mangga agar gula darahnya tidak terlalu naik. Boleh juga dibagi porsinya, setengah di pagi hari, dan setengahnya di malam hari sebelum tidur. Intinya, hanya satu porsi dalam satu hari.”

Selain itu, imbangi dengan asupan bergizi lainnya seperti makan buah alpukat atau buah apel yang memang direkomendasikan untuk penderita diabetes.

Penuhi juga makanan sehari-hari dengan sayuran dan camilan sehat, seperti kacang almon dan biji-bijian.

Anda juga harus mematuhi aturan 3J (Jumlah makanan, Jadwal makan, dan Jenis makanan), agar kadar gula dalam tubuh stabil dan kondisi kesehatan tetap terjaga dengan optimal.

Apabila masih ada yang ingin ditanyakan tentang asupan buah mangga atau buah lain pada penderita diabetes, jangan ragu tanyakan ke dokter. Agar lebih praktis, konsultasi online lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar