HomeGaya hidupDiet dan NutrisiMau Diet? Hindari Makan Buah-Buah Tinggi Kalori Ini
Diet dan Nutrisi

Mau Diet? Hindari Makan Buah-Buah Tinggi Kalori Ini

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 06 Sep 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tahukah kamu, ternyata ada buah tinggi kalori yang bisa merusak diet! Apa saja buah berkalori tinggi itu? Simak daftar lengkapnya di sini.

Mau Diet? Hindari Makan Buah-Buah Tinggi Kalori Ini

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan ketika sedang diet adalah mengonsumsi buah-buahan. Selain mengandung nutrisi yang menyehatkan, buah umumnya rendah lemak sehingga efektif dalam memaksimalkan program diet.

Meski begitu, tahukah kamu, ada beberapa jenis buah yang justru mengandung kalori tinggi dan harus dihindari saat diet? 

Kalori adalah jumlah energi yang diperoleh dari asupan makanan atau minuman. Di dalam tubuh, kalori akan disimpan dan dijadikan bahan bakar sehingga kamu bisa beraktivitas dengan baik.

Meski dibutuhkan, semua kandungan gizi yang masuk dalam tubuh tetap perlu ditakar, termasuk kalori. Pasalnya, mengonsumsi terlalu banyak kalori, bisa bikin berat badan kamu bertambah. Bukan tidak mungkin, penambahan berat badan terjadi karena konsumsi buah tinggi kalori di bawah ini:

1. Pisang 

Benarkah Tak Boleh Makan Pisang dan Minum Susu saat Diare?

Pisang adalah buah yang baik digunakan dalam program penambahan berat badan. Sebaliknya, buah ini kurang cocok dikonsumsi ketika kamu sedang menjalani diet. 

Salah satu pisang yang cukup populer adalah pisang ambon. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram pisang ambon, terkandung kalori sebanyak 108 Kalori. Kandungan kalori dalam buah pisang yang sangat tinggi menjadikan buah ini sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan ketika kamu berniat menurunkan berat badan.

2. Alpukat 

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh. Alpukat juga kaya mikronutrien lain, seperti kalium maupun vitamin K, C, B5 (asam pantotenat), dan B6 (piridoksin).

Artikel lainnya: Buah Ini Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan

Meski menyehatkan, alpukat termasuk buah berkalori tinggi. Karenanya, konsumsi terlalu banyak alpukat bisa membuat berat badan bertambah. Sebab, di dalam 100 gram alpukat, terkandung 85 kalori.

3. Kelapa 

Air kelapa dikenal baik untuk mencegah dehidrasi. Sementara, daging kelapa kaya mineral penting, termasuk fosfor dan tembaga. Namun, tahukah kamu, daging kelapa punya kalori yang cukup tinggi dan kurang cocok dijadikan asupan diet penurun berat badan? Ya, sebanyak 100 gram daging kelapa mengandung kalori sebanyak 68 Kal.

4. Mangga

Sama seperti pisang, mangga adalah sumber nutrisi yang baik. Mangga mengandung tembaga, vitamin A, E, dan beberapa vitamin B.

Meski begitu, apabila ingin diet, sebaiknya pertimbangkan kembali sebelum kamu mengonsumsi buah mangga. Di dalam 100 gram mangga golek segar misalnya, terdapat 63 kalori, 0,2 gram lemak, dan 16,7 gram karbohidrat.

5. Kurma

Kurma adalah sumber karbohidrat, tembaga, mangan, zat besi, dan vitamin B6 yang baik. Namun, kurma adalah buah yang mengandung kalori tinggi.

Berdasarkan United States Department of Agriculture (USDA), dalam 100 gram kurma, terkandung 282 kalori.

6. Aprikot Kering

Aprikot adalah buah berwarna oranye kekuningan yang dapat dinikmati dalam kondisi segar maupun kering. Kendati demikian, aprikot kering sebaiknya tidak dikonsumsi berlebih saat menjalani diet, karena termasuk daftar buah-buahan dengan kalori tinggi.

Dalam 100 gram aprikot kering, terkandung 241 kalori. Di luar kandungan kalorinya yang tinggi, aprikot kering adalah sumber beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin yang baik. Tiga zat warna alami tumbuhan ini diyakini bermanfaat untuk mendukung kesehatan mata.

7. Kismis

Kismis adalah olahan buah anggur yang dikeringkan. Kismis kaya tembaga, mangan, magnesium, dan sejumlah vitamin B yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Sayangnya, anggur kering ini tinggi kalori. Ada 299 kalori di dalam 100 gram kismis, menilik laporan USDA.

8. Anggur

Anggur

Anggur mengandung vitamin dan antioksidan yang penting untuk kesehatan. Namun, buah ini minim serat, serta tinggi lemak dan kalori.

Artikel lainnya: Deretan Kesalahan saat Turunkan Berat Badan dengan Buah

Sebanyak 100 gram anggur mengandung 67 kalori dan 17 gram karbohidrat. Karenanya, rutin makan anggur, sekalipun dalam porsi sedikit bisa menyebabkan berat badan kamu bertambah. 

9. Leci

Seperti anggur, leci mengandung vitamin dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Sayangnya, leci adalah buah tinggi kalori dan gula. 

Dalam 100 gram leci, terkandung 66 kalori dan 16,5 gram karbohidrat.

Bukannya tidak boleh dikonsumsi sama sekali, cukup batasi asupan buah di atas agar tidak mengganggu program diet kamu. Dengan mengetahui daftar buah tinggi kalori, program penurunan berat badan kamu bisa menjadi lebih terarah. 

Setelah mengetahui kalori buah-buahan, apakah kamu punya pertanyaan mengenai nutrisi buah lainnya? Tanyakan langsung pakai fitur tanya dokter spesialis gizi di KlikDokter.

Kamu juga bisa mengetahui tips pola makan sehat untuk memperoleh berat badan ideal dengan mengunduh aplikasi KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu. 

(ADT/JKT)

Referensi:

Kemenkes RI. Diakses 2022. Data Komposisi Pangan Indonesia. 

USDA. Diakses 2022. FoodData Central.

buah

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter