Sukses

Putihkan Ketiak Pakai Minyak Kayu Putih, Ampuhkah?

Minyak kayu putih lazim digunakan untuk meredakan keluhan kesehatan, seperti masuk angin. Namun, ampuhkah minyak kayu putih untuk memutihkan ketiak?

Anda salah satu pengguna rutin minyak kayu putih? Minyak tradisional tersebut sejak lama memang digunakan untuk mengatasi beragam keluhan kesehatan, mulai dari masuk angin, pusing, hingga sakit perut.

Namun, tidak berhenti di sana. Minyak kayu putih juga banyak digunakan untuk mengatasi ketiak hitam. Lho, memangnya benar ampuh? 

1 dari 4 halaman

Efektivitas Minyak Kayu Putih Cerahkan Ketiak

Minyak kayu putih dihasilkan dengan proses distilasi (penyulingan) uap daun segar pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra).

Minyak kayu putih mengandung bahan kimia yang disebut sineol. Saat dioleskan di kulit, sineol dapat memberikan sensasi hangat-pedas.

Meski masih bukti ilmiah lebih lanjut, minyak kayu lazim digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat, sakit kepala, bahkan nyeri di kulit. 

Di antara sederet manfaat tersebut, bagaimana efektivitas minyak kayu putih memutihkan ketiak?

Menjawab hal tersebut, dr. Arina Heidyana menjelaskan sampai saat ini tidak ada bukti secara pasti yang mengatakan minyak kayu putih bisa mencerahkan kulit ketiak.

Bahkan, jika Anda salah memakainya, minyak kayu putih bisa memberikan sensasi panas dan terbakar pada kulit Anda.

“Pengolesan minyak kayu putih lebih ditujukan pada mereka yang punya keluhan demam, sakit kepala, pilek, dan sebagainya. Tapi kalau untuk mencerahkan kulit ketiak, rasanya tidak direkomendasikan. Bisa saja terjadi efek samping merugikan,” ujar dr. Arina.

“Bahan kimia sineol dalam minyak kayu putih berguna untuk memberikan rasa hangat, bukan untuk mencerahkan kulit ketiak,” dia menambahkan.

Artikel Lainnya: Perawatan Ketiak di Salon, Apakah Sepenuhnya Aman bagi Kesehatan?

2 dari 4 halaman

Putihkan Ketiak dengan Cara ini Saja

Alih-alih menggunakan minyak kayu putih, dr. Arina lebih menyarankan beberapa cara untuk memutihkan ketiak.

  • Gunakan produk deodorant yang tidak mengandung alkohol, paraben, dan alumunium klorida. Ketiga kandungan itu bisa buat kulit ketiak jadi kering, berisiko menimbulkan alergi, gatal, dan kulit ketiak hitam.
  • Hindari mencukur atau mencabut bulu ketiak. Anda disarankan untuk melaser bulu ketiak karena efek samping yang ditimbulkan sangat minim. Meski tergolong lebih mahal, laser tidak membuat ketiak jadi hitam.
  • Bersihkan ketiak setiap hari dengan menggunakan sabun dan scrub. Penumpukan sel kulit mati bisa buat ketiak jadi terlihat lebih hitam ketimbang kulit tubuh lainnya.
  • Jaga berat badan tetap seimbang. Berat badan berlebih dapat memicu timbulnya lipatan dengan warna kulit lebih gelap. 

Anda bisa jaga pola makan dan olahraga rutin untuk mencegah kenaikan berat badan. 

Artikel Lainnya: Ketiak Hitam Akibat Deodoran, Ini Cara Memutihkannya

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Sejauh ini, bukti ilmiah memang belum mendukung manfaat minyak kayu putih untuk ketiak. 

Namun, jangan sedih. Minyak kayu putih punya manfaat lainnya yang lebih teruji untuk kesehatan, yaitu sebagai berikut ini.

  • Memberikan Efek Hangat 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, minyak kayu putih mengandung sineol yang bisa memberikan sensasi hangat pada tubuh. Oleskan minyak kayu putih di bagian yang terasa dingin.

Anda pun akan merasa lebih hangat ketika sedang demam, atau berada di udara yang dingin.

  • Bantu Atasi Kepala Pusing

Selain memberikan efek hangat, aroma dari minyak kayu putih juga bersifat menenangkan. 

Saat aromanya terhirup oleh hidung, minyak kayu putih akan memberikan efek rileks dan tenang pada kepala. 

  • Meringankan Nyeri Sendi dan Otot

Karena kandungan sineolnya yang cukup tinggi, rasa hangat yang dihasilkan oleh minyak kayu putih juga dipercaya bisa meringankan nyeri sendi dan otot.

Anda cukup mengoleskan minyak kayu putih pada bagian yang nyeri, lalu pijat lembut bagian itu.

  • Redakan Sakit Perut

Selain meredakan sakit di persendian dan otot, minyak kayu putih juga berguna untuk meredakan nyeri pada perut. Efek hangatnya bisa merilekskan otot perut yang kaku. 

Itulah beberapa informasi terkait minyak kayu putih untuk ketiak. Untuk mengetahui informasi kesehatan kulit lainnya, Anda bisa langsung konsultasikan dengan dokter spesialis via LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar