Sukses

Inilah Sederet Manfaat Senam Lantai untuk Pemula

Terdengar sederhana, tapi senam lantai bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan jiwa dan raga. Manfaat senam lantai tersebut juga berlaku untuk pemula, lho!

Senam lantai merupakan salah satu jenis olahraga yang paling mudah dan simpel. Anda dapat melakukannya di mana dan kapan saja dengan hanya peralatan yang sederhana seperti matras. 

Manfaat senam lantai bagi kesehatan bahkan sudah diakui oleh kalangan medis. Keuntungan ini pun dapat dirasakan oleh pemula, asalkan melakukan gerakan senam lantai dengan tepat dan secara rutin.

1 dari 3 halaman

Manfaat Senam Lantai untuk Pemula

Berikut ini adalah beberapa manfaat senam lantai untuk kesehatan psikis dan fisik orang yang melakukannya secara rutin.

  1. Mencegah Penyakit

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, meski gerakannya sederhana, senam lantai bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Olahraga ini membuat risiko diabetes, penyakit jantung, asma, dan sebagainya bisa diturunkan. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, senam lantai mesti dilakukan dengan benar dan secara rutin. 

Imbangi juga dengan penerapan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, tidak merokok dan minum alkohol, cukup tidur, dan kelola stres dengan baik.

  1. Meningkatkan Kelenturan 

Senam lantai juga berguna untuk meningkatkan kelenturan tubuh Anda. Semakin lentur tubuh, semakin rendah juga risiko Anda terkena cedera saat olahraga. 

Tidak hanya itu, berlatih senam lantai secara rutin juga bisa membuat Anda memegang kontrol penuh atas pergerakan tubuh. 

Hal ini membuat tubuh tidak mudah terasa kaku, kram, dan sebagainya. Alhasil, aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan lebih optimal lagi!

  1. Memperkuat Otot 

“Senam lantai bisa membantu menguatkan otot-otot pada bagian tubuh tertentu. Misalnya, otot pada bagian perut, paha, betis, lengan, dan sebagainya,” ujar dr. Devia. 

Ketika otot-otot tubuh menjadi kuat, risiko Anda untuk mengalami cedera otot akan menjadi lebih minimal. Anda pun akan punya tubuh yang proposional dan enak dipandang. 

  1. Tulang Lebih Sehat

Melakukan senam lantai dengan tepat dan secara rutin juga dihubungkan dengan kondisi tulang yang lebih sehat. Dengan demikian, risiko Anda untuk mengalami osteoporosis di kemudian hari dapat diminimalkan sejak dini.

Beberapa gerakan senam lantai yang terbukti dapat menjaga kekuatan tulang, misalnya, hand stand, sikap lilin, dan plank

Lakukan gerakan-gerakan tersebut sesuai dengan kemampuan tubuh Anda. Ini agar manfaatnya dapat dirasakan dengan lebih optimal lagi.

Artikel Lainnya: Orang Bertubuh Besar Juga Bisa Senam Lantai, Ini Tipsnya!

  1. Efektif Bakar Kalori

Faktanya, senam lantai melibatkan setiap otot yang ada di tubuh Anda. Ini artinya, senam lantai juga efektif untuk membakar kelebihan kalori yang menumpuk di tubuh Anda.

Semakin rutin Anda melakukan senam lantai, semakin banyak juga kalori yang dibakar. Pada akhirnya, Anda akan terhindar dari risiko kelebihan berat badan alias obesitas.

  1. Pikiran Lebih Relaks

Menurut Psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi., setiap jenis olahraga yang dilakukan dengan tepat dan secara rutin dapat memberikan efek positif terhadap jiwa. 

Pasalnya, olahraga membuat tubuh melepas hormon endorfin dengan lebih efektif sehingga perasaan akan lebih tenang dan relaks.

Pada masa pandemi seperti sekarang, olahraga seperti senam lantai dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengusir rasa stres. 

Dengan senam lantai, Anda pun tidak perlu keluar rumah sehingga risiko tertular COVID-19 dapat diminimalkan.

  1. Suasana Hati Lebih Terkendali 

“Senam lantai bisa bantu menurunkan rasa cemas atau mood depresi. Manfaat ini bisa dirasakan karena senam lantai dapat mengoptimalkan produksi hormon endorfin yang menenangkan sekaligus bikin relaks,” ujar Ikhsan.

Selain itu, senam lantai juga bisa bantu meningkatkan kesejahteraan psikologis. Karena individu yang melakukannya dapat merasakan kesenangan tersendiri dari kegiatan tersebut. 

Artikel Lainnya: Lakukan Aktivitas Sehat Ini sebagai Pengganti Olahraga

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Coba Senam Lantai

Tertarik untuk merasakan segala manfaat yang ditawarkan senam lantai? Jangan buru-buru. Lebih baik perhatikan hal-hal berikut ini agar Anda tidak malah mengalami cedera.

  • Para pemula wajib pemanasan sebelum melakukan gerakan senam lantai. Hal ini berguna untuk meregangkan otot-otot tubuh agar tidak kaku dan kram.
  • Mulailah dari gerakan yang mudah, seperti sit up, push up, sikap lilin, dan sebagainya. Jika gerakan-gerakan ini sudah dikuasai, Anda dapat coba melakukan roll depan, roll belakang, dan sebagainya. Ingat, jangan paksakan diri jika memang Anda tidak bisa melakukannya! 
  • Jangan sungkan untuk meminta bantuan personal trainer atau teman yang sudah ahli dalam bidang senam lantai. Hal ini berguna untuk mencegah cedera dan hal-hal merugikan lainnya.
  • Jika Anda punya riwayat penyakit asma, jangan paksakan diri untuk terus melakukan senam lantai. Apalagi saat dada terasa sesak. Beri waktu untuk istirahat, dan atur lagi sistem pernapasan Anda.
  • Hindari melakukan senam lantai apabila Anda punya masalah di tulang belakang. Misalnya, riwayat patah tulang, pernah operasi, atau osteoporosis. 

Jika tetap ingin melakukannya, pastikan untuk minta dampingan pelatih profesional. 

  • Lakukan gerakan pendinginan setelah olahraga senam lantai. Ini berguna untuk membuat otot relaks sehingga risiko cedera setelah olahraga dapat lebih diminimalkan.

Manfaat senam lantai untuk pemula dan orang pada umumnya sangatlah beragam. Tertarik untuk mencoba dan membuktikannya sendiri? Pastikan untuk memerhatikan setiap tips yang telah disampaikan.

Jika Anda mengalami kendala dan punya pertanyaan terkait senam lantai atau jenis olahraga lainnya, konsultasikan lebih lanjut pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar