Kulit

Bikin Gemas, Ini Cara Buat Pipi Tembam Tanpa Gemukkan Badan

dr. Theresia Rina Yunita, 14 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pipi chubby atau tembem memang menggemaskan. Bagaimana cara membuat pipi chubby? Simak 10 cara menggemukan pipi tanpa menggemukkan badan di sini.

Bikin Gemas, Ini Cara Buat Pipi Tembam Tanpa Gemukkan Badan

Bagi beberapa wanita, memiliki pipi tembam atau chubby bisa membuat lebih percaya diri karena terkesan lebih imut dan awet muda. Biasanya, pipi chubby menjadi salah satu efek berat badan bertambah.

Bagaimana bila ingin pipi tembam tapi tidak mau menggemukkan badan? Jangan khawatir, ini cara membuat pipi chubby yang bisa kamu coba:

1. Dermal Filler

Ilustrasi Seorang Wanita Melakukan Dermal Filler

Bila kamu tetap ingin mempertahankan berat badan yang sekarang dan hanya ingin bagian pipi yang tembam, sebenarnya ada prosedur tertentu yang bisa mewujudkannya, yaitu transfer lemak ke pipi dan dermal filler.

Dermal filler dilakukan dengan menyuntikkan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen ke area wajah yang ingin diisi atau ditambah volumenya. Perawatan ini bisa menjadi pilihan cara menggemukkan pipi.

Artikel Lainnya: Kenali Berbagai Penyebab Wajah Bengkak

2. Latihan Otot Wajah

Latihan otot wajah bisa juga disebut yoga wajah. Latihan pada wajah (facial exercise) bisa membantu mengencangkan otot-otot wajah untuk tampilan yang lebih muda.

Menurut studi tahun 2018 dalam jurnal JAMA Dermatology, orang-orang yang melakukan latihan wajah 30 menit setiap hari selama 8 minggu mengaku memiliki wajah yang kencang dan tampak muda.

Bila dilakukan teratur, facial exercise bisa mengencangkan otot-otot muka. Cara membuat pipi tembem tanpa menggemukkan badan ini layak dicoba!

Ini cara membuat pipi chubby dengan latihan wajah yang bisa diterapkan di rumah:

  • Tersenyumlah, lalu tarik perlahan kedua pipi ke atas menggunakan jari dari sisi mulut ke arah tulang pipi. Saat kedua jari berada di posisi tulang pipi, tahan selama 20 detik.
  • Gembungkan pipi kamu, tahan selama 45 detik, kemudian buang napas perlahan melalui mulut.

3. Mengoles Gel Lidah Buaya

Lidah buaya memang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan E di dalam gel lidah buaya dapat membantu mengatasi efek penuaan pada pipi.

Selain dioleskan pada pipi, tak ada salahnya kamu juga mengonsumsi lidah buaya. Bila rutin mengonsumsi lidah buaya, elastisitas kulit dapat lebih baik.

4. Konsumsi Lidah Buaya

Selain antioksidan seperti vitamin C dan E, lidah buaya juga mengandung vitamin B12 yang terlibat dalam produksi kolagen di dalam tubuh.

Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan, sterol lidah buaya merangsang produksi kolagen dan asam hialuronat.

Wanita yang mengonsumsi lidah buaya sebagai bagian dari penelitian melihat kerutan wajah berkurang. Ini mungkin membantu kamu mendapatkan pipi yang lebih tembam.

Artikel Lainnya: Sulam Lesung Pipi, Amankah?

5. Gunakan Produk Skincare Berbahan Dasar Apel

Ilustrasi Seorang Wanita Sedang Melakukan Skincare

Banyak yang menganggap apel dan produk perawatan kulit mengandung apel membantu kulit mempertahankan tampilan awet muda. Namun, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikannya.

Salah satu cara menggunakan apel untuk mendapatkan pipi chubby dan kencang adalah membuat masker wajah.

Parut sebuah apel, gosokkan pada wajah kamu. Biarkan selama 20 menit sebelum membersihkan masker dengan air.

6. Konsumsi Apel

Berkat kandungan antioksidan dan vitamin di dalamnya, apel kerap diandalkan untuk mencegah kerusakan jaringan kulit. Selain itu, kolagen dan elastin dari apel juga bisa membantu kulit lebih lembut dan kenyal.

Rutin makan apel dapat menjadi tambahan cara membuat pipi tembem, bersama dengan perawatan kulit lainnya.

7. Oleskan Minyak Alami

Bila ingin memiliki pipi yang kencang dan lembap, penggunaan minyak seperti minyak almon, minyak alpukat, minyak kelapa, dan minyak zaitun bisa dicoba.

Pastikan kondisi kulit wajah kamu cocok untuk diaplikasikan minyak. Bila tidak cocok, dikhawatirkan akan memicu alergi.

8. Gunakan Madu

Cara agar pipi tembem tanpa menambah berat badan ialah memakai madu. Karena dapat melembapkan, madu bisa membantu membuat tampilan pipi dan wajah lebih muda.

Tak heran bila banyak produk kecantikan kulit yang menambahkan madu ke dalamnya. Campurkan madu dengan buah pepaya yang sudah dihaluskan. Usapkan pada wajah dan diamkan selama sepuluh menit, lalu bilas dengan air hangat.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi

9. Minum Susu

Cara membuat pipi chubby yang tak kalah penting ialah mengonsumsi minuman kaya nutrisi dan lemak sehat, misalnya susu sapi. Langkah ini dapat membantu kamu menambah lemak di wajah.

 

10. Konsumsi Kacang dan Biji-Bijian

Seperti susu, kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung lemak sehat yang dapat berkontribusi membuat wajah lebih berisi.

Makan makanan tinggi kalori dapat membantu pipi terisi secara alami. Tetap batasi konsumsi hariannya agar tidak berlebihan.

Mewujudkan pipi yang lebih tembam dan kencang dengan cara-cara di atas memang membutuhkan waktu lama. Metode tersebut pun harus dilakukan rutin agar hasilnya lebih cepat terlihat.

Jika ingin cara menggemukkan pipi yang cukup cepat dan instan, bisa menggunakan dermal filler. Namun, harganya relatif mahal.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar perawatan wajah, konsultasi lewat fitur Tanya Dokter KlikDokter di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Referensi:

  • Healthline. Diakses 2022. How to Get Chubby Cheeks.
Perawatan WajahSkincarepipi tembem

Konsultasi Dokter Terkait