Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Bikin Gemas, Ini Cara Buat Pipi Tembam Tanpa Gemukkan Badan

Bikin Gemas, Ini Cara Buat Pipi Tembam Tanpa Gemukkan Badan

Tak terlalu suka dengan pipi tirus dan ingin lebih tembam (chubby), coba cara-cara berikut ini tanpa harus menggemukkan badan!

Bagi beberapa wanita, memiliki pipi yang tembam atau chubby bisa membuatnya lebih percaya diri karena terkesan lebih imut dan awet muda. Biasanya, pipi tembam adalah salah satu efek dari berat badan yang bertambah.

Bagaimana bila ingin pipi tembam, tapi tidak ingin menggemukkan badan? Jangan khawatir, ternyata ada cara-caranya yang bisa Anda coba.

 

1 dari 3 halaman

Tips Alami Membuat Pipi Tembam Tanpa Menaikkan Berat Badan

Bila Anda tetap ingin mempertahankan berat badan yang sekarang dan hanya ingin bagian pipi yang tembam, sebenarnya ada prosedur tertentu yang bisa mewujudkannya, yaitu transfer lemak ke pipi dan dermal filler.

Namun, masih ada, kok, beberapa cara alami tanpa operasi atau suntik untuk mendapatkan pipi lebih kencang dan tembam. Ini dia caranya!

1. Latihan Otot Wajah

Bisa juga disebut yoga wajah. Latihan pada wajah (facial exercise) bisa membantu mengencangkan otot-otot wajah untuk tampilan yang lebih muda.

Menurut studi tahun 2018 dalam jurnal JAMA Dermatology, orang-orang yang melakukan latihan wajah tiga puluh menit setiap hari selama delapan minggu mengaku memiliki wajah yang kencang dan tampak muda.

Menurut dr. Arina Heidyana, bila dilakukan secara teratur, facial exercise bisa mengencangkan otot-otot muka.

Facial exercise dilakukan dengan menggerakkan otot muka terutama bagian pipi. Jadi, kalau rutin, bisa bantu mengencangkan otot-otot muka,” jelasnya.

Ini cara-cara latihan wajah yang bisa dicoba di rumah:

  • Tersenyumlah, lalu tarik perlahan kedua pipi ke atas menggunakan jari dari sisi mulut ke arah tulang pipi. Saat kedua jari berada di posisi tulang pipi, tahan selama dua puluh detik.
  • Gembungkan pipi Anda, tahan selama 45 detik kemudian buang napas perlahan melalui mulut.

Artikel Lainnya: Cara Mencegah Pipi Tembem agar Semakin Percaya Diri

2. Mengoles Gel Lidah Buaya

Lidah buaya memang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan E dalam gel lidah buaya dapat membantu mengatasi efek penuaan pada pipi.

Selain dioleskan pada pipi, tak ada salahnya Anda juga mengonsumsi lidah buaya. Bila rutin mengonsumsi lidah buaya, elastisitas kulit dapat lebih baik.

3. Konsumsi Apel

Berkat kandungan antioksidan dan vitamin di dalamnya, apel kerap diandalkan untuk mencegah kerusakan jaringan kulit. Selain itu, kolagen dan elastin dari apel juga bisa membantu kulit lebih lembut dan kenyal.

Tak hanya dikonsumsi, Anda juga bisa membuat masker apel agar pipi lebih kencang dan halus.

Caranya, parut apel, oleskan pada wajah, dan diamkan selama dua puluh menit. Setelah itu, bilas perlahan dengan air.

Artikel Lainnya: Sulam Lesung Pipi, Amankah?

4. Oleskan Minyak Alami

Bila ingin memiliki pipi yang kencang dan lembap, penggunaan minyak, seperti minyak almon, minyak alpukat, minyak kelapa, dan minyak zaitun, bisa dicoba.

Pastikan kondisi kulit wajah Anda cocok untuk diaplikasikan minyak. Bila tidak cocok, dikhawatirkan akan menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

5. Gunakan Madu

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan ialah madu. Karena dapat melembapkan, madu bisa membantu untuk membuat tampilan pipi dan wajah lebih muda.

Tak heran bila banyak produk kecantikan kulit yang menambahkan madu ke dalamnya.

Campurkan madu dengan buah pepaya yang sudah dihaluskan. Usapkan pada wajah dan diamkan selama sepuluh menit, lalu bilas dengan air hangat.

Perlu diingat, bila Anda memiliki riwayat alergi atau kulit sensitif, lebih baik konsultasikan kepada dokter kulit terlebih dahulu sebelum mengoleskan bahan-bahan alami di atas ke wajah. Pada masing-masing orang, hasil yang didapat pun bisa berbeda-beda.

Artikel Lainnya: Cara Mudah Hilangkan Lemak di Pipi

2 dari 3 halaman

Sejauh Mana Efektivitas Cara Alami untuk Bikin Pipi Tembam?

Mewujudkan pipi yang lebih tembam dan kencang dengan cara alami memang membutuhkan waktu yang lama. Metode tersebut pun harus dilakukan secara rutin agar hasilnya lebih cepat terlihat.

Selain itu, ada kondisi tertentu yang membuat usaha bikin pipi terlihat lebih tembam menjadi tidak maksimal, contohnya moon face.

Moon face adalah kondisi pembengkakan pada wajah yang dapat terjadi karena beberapa hal. Misalnya, alergi, angioedema, penyakit Cushing, obesitas, penggunaan obat, dan lain-lain. Kalau terkena moon face, usahanya bisa tidak efektif,” jelas dr. Arina.

Bila tidak ingin menggemukkan badan tapi mau punya pipi lebih kencang dan tembam, cara-cara alami di atas bisa dicoba. Namun, tetap kenali kondisi tubuh dan kulit Anda agar tidak terjadi efek samping.

Konsultasi lebih praktis seputar kulit dan kecantikan dengan dokter lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi KlikDokter.

(AYU/ARM)

1 Komentar

  • Back Coffe Rither

    misi dok saya mauu tanya saya ingin sekali gemuk dok caranya gimana yhh dokkk ,kalo makan ,minum ,cemilan tidur teratur ko gx gemuk² y dokk