Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mengungkap Efektivitas Vitamin D untuk Atasi Kulit Gatal

Mengungkap Efektivitas Vitamin D untuk Atasi Kulit Gatal

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, vitamin D katanya juga bisa bantu atasi keluhan kulit gatal. Benarkah demikian? Ini kata medis!

Memenuhi kebutuhan vitamin D setiap hari adalah modal awal untuk memiliki tulang dan gigi yang kuat. Tidak hanya itu, vitamin yang bisa diproduksi oleh tubuh ketika terpapar sinar matahari ini konon juga bisa membantu mengatasi kulit gatal, lho!

Dikatakan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin D setiap hari dapat membantu mengatasi kulit gatal, bahkan mampu menurunkan risiko alergi, mengatasi penyakit psoriasis, dan mencegah infeksi jamur.

Namun, apakah rentetan manfaat vitamin D untuk kesehatan kulit seperti yang telah disebutkan benar-benar diakui oleh medis? Yuk, cari tahu faktanya!

Vitamin D untuk Mengatasi Kulit Gatal, Apakah Efektif?

Menurut dr. Devia Irine Putri, vitamin D memang bisa membantu mengatasi kulit gatal. Namun, manfaat ini hanya dapat dirasakan untuk kasus tertentu saja.

“Jika kulit gatal disebabkan karena kondisi kulit yang kering, vitamin D bisa membantu mengatasinya. Ini karena vitamin D membantu menjaga kelembapan kulit sehingga tidak mudah iritasi dan kering,” ujar dr. Devia.

Lebih lanjut, dr. Devia juga merujuk pada beberapa penelitian yang menyebut vitamin D bisa mengurangi risiko dan kambuhnya alergi.

Hal ini mungkin berhubungan erat dengan peran vitamin D dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

“Vitamin D memengaruhi kerja T-cell, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Reaksi alergi itu sendiri memang berhubungan dengan T-cell dan sebagainya,” kata dr. Devia.

Selain itu, dr. Devia juga menjelaskan, vitamin D memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk penderita psoriasis. Ini adalah penyakit yang menyebabkan kulit berkerak dan bersisik.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi obat dari dokter, dan asupan vitamin D yang cukup, maka kondisi psoriasis bisa diatasi dengan maksimal.

Akan tetapi, apabila kulit gatal tetap Anda rasakan meski asupan vitamin D sudah terpenuhi, ini bisa jadi tanda dari adanya gangguan kesehatan lain, seperti eksem, infeksi jamur, neurodermatitis, dan diabetes.

“Jika kulit gatal disertai dengan munculnya ruam, bintik merah, dan kulit lecet, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena kondisi ini bisa jadi tanda awal adanya gangguan kesehatan tertentu,” jelas dr. Devia.

“Apabila kulit gatal memang disebabkan karena permasalahan kulit, biasanya dokter akan memberikan obat luar (salep) sebagai pengobatan. Jika kulit gatal disebabkan karena diabetes, terapkan gaya hidup sehat dan pemberian obat sesuai gejala mungkin diperlukan,” lanjutnya.

Artikel Lainnya: 7 Tips Merawat Kulit Psoriasis

1 dari 3 halaman

Sejauh Mana Efektivitas Vitamin D untuk Kulit?

Dijelaskan oleh dr. Devia, vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, dengan menjaga kelembapannya, mengoptimalkan proses regenerasi, dan menurunkan risiko terjadinya gangguan penyakit.

“Ketika terpapar sinar matahari, tubuh akan secara otomatis membentuk vitamin D. Untuk merasakan manfaat ini, Anda disarankan berjemur setiap pagi selama 10 sampai 15 menit,” tutur dr. Devia.

“Anda bisa memilih waktu berjemur di antara jam 7 sampai jam 10 pagi. Lebih dari itu, Anda tidak dianjurkan untuk berjemur, karena sinar yang dipancarkan sudah berbahaya untuk kulit,” sambungnya.

Agar aktivitas berjemur di pagi hari dapat lebih mengoptimalkan produksi vitamin D dan memberikan manfaat sehat lainnya, Anda disarankan untuk menggunakan sunscreen saat melakukannya.

“Dianjurkan untuk menggunakan sunscreen sebagai pelindung kulit selama proses berjemur. Setelah itu, gunakan juga after-sun untuk menghindari risiko kanker kulit setelah berjemur,” ungkap dr. Devia.

Artikel Lainnya: Ingin Kulit Sehat? Yuk, Konsumsi Vitamin Berikut

2 dari 3 halaman

Cara Lain untuk Memenuhi Asupan Vitamin D untuk Kulit

Selain dari paparan sinar matahari, memenuhi kebutuhan vitamin D setiap hari juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi:

  • Ikan salmon.
  • Ikan tuna.
  • Minyak ikan.
  • Kuning telur.
  • Jamur.
  • Susu.

Selain dari sumber tersebut, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari suplemen. Untuk mengetahui dosis suplemen vitamin D yang paling tepat, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi dari Kementerian Kesehatan RI, orang dewasa membutuhkan sekitar 15 mikrogram vitamin D setiap harinya.

Sedangkan untuk anak-anak, mereka membutuhkan 5 sampai 15 mikrogram vitamin D setiap harinya.

Vitamin D memang bisa membantu masalah kulit gatal. Namun, bukan berarti Anda mesti mengonsumsi vitamin D secara berlebihan setiap hari. Anda tetap mesti memerhatikan takaran yang dianjurkan, agar manfaat vitamin tersebut untuk kulit dan tubuh Anda dapat sepenuhnya maksimal.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai cara mengatasi kulit gatal? Anda bertanya secara langsung pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Bila perlu, coba ikuti webinar KlikDokter seputar vitamin di sini.

(NB/AYU)

2 Komentar