Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Aksi Unilever Bagikan Fasilitas Cuci Tangan Portable untuk Edukasi COVID-19

Aksi Unilever Bagikan Fasilitas Cuci Tangan Portable untuk Edukasi COVID-19

Sebagai bentuk edukasi pencegahan COVID-19, Unilever, Lifebuoy, dan KlikDokter, bagikan 385 ribu cuci tangan portable untuk 48 ribu keluarga.

Cuci tangan adalah salah satu kegiatan yang tidak boleh dilupakan selama masa pandemi virus corona. Bahkan, sebelum pandemi dimulai, kegiatan cuci tangan memang wajib dilakukan, terutama sebelum dan sesudah makan, atau setelah Anda dari kamar mandi.

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang sering digunakan untuk beraktivitas. Namun, tangan juga merupakan anggota tubuh yang paling banyak terdapat bakteri dan kuman.

Tanpa disadari, tangan bisa menjadi gerbang berbagai kuman untuk masuk ke dalam tubuh manusia. Maka dari itu, mencuci tangan sangat penting untuk dilakukan.

1 dari 3 halaman

Salurkan Fasilitas Cuci Tangan untuk Cegah COVID-19

Sebagai salah satu bentuk upaya mencegah penyebaran virus corona, Unilever Indonesia telah menyalurkan sekitar 385 unit fasilitas cuci tangan portable untuk lebih dari 48 ribu keluarga yang ada di DKI Jakarta.

Alat cuci tangan ini nantinya akan ditempatkan di 63 RW Wilayah pengendalian ketat (WPK) di DKI Jakarta. Aksi donasi alat cuci tangan akan disalurkan Unilever melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19 atau STPC-19.

Tidak hanya mendonasikan sekitar 385 unit cuci tangan portable, Unilever juga mengedukasi masyarakat dalam gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang akan dijalankan melalui brand sabun kesehatan Lifebuoy bersama KlikDokter sebagai mitra.

Sancoyo Antarikso, Direktur Governance and Corporate Affairs dan Sekretaris Perusahaan PT Unilever Indonesia mengatakan akan berusaha secara maksimal untuk membantu upaya pemerintah dalam memberantas dan memutus rantai penyebaran virus corona.

Artikel Lainnya: Cuci Tangan, Cara Paling Ampuh dan Mudah Perangi COVID-19

“Jika sebelumnya Unilever telah mendonasikan sekitar 40 ribu alat tes PCR, kini Unilever kembali membagikan 385 alat cuci tangan portable untuk 48 ribu keluarga yang tersebar di DKI Jakarta,” jelasnya.

“Kami ingin memberikan akses yang lebih luas terutama di titik-titik rawan COVID-19 untuk melindungi masyarakat dari penyakit dengan kebiasaan cuci tangan yang baik dan benar,” ujar Sancoyo.

Pemberian donasi ini akan dilaksanakan di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kepada Panglima Komando Kodam Jaya, Mayjen TNI, Eko Margiyono dan akan disaksikan oleh Ketua BNPB, Doni Monardo.

Dengan produk sabun kesehatan Lifebuoy, Sancoyo juga berharap masyarakat bisa secara efektif terhindar dari kuman, serta menerapkan cara dan teknik cuci tangan yang benar. 

Lifebuoy telah menjalankan edukasi terkait PHBS melalui program Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Hingga tahun 2019, program ini telah menjangkau 99 juta penerima manfaat melalui program berbasis Sekolah, Posyandu, dan Rumah Sakit.

Kerjasama Lifebuoy dan KlikDokter juga meliputi pembuatan materi edukasi Panduan: Protokol Kesehatan Adaptasi Kebiasaan Baru yang akan didistribusikan  untuk masyarakat.

Artikel Lainnya: KlikDokter, Solusi Konsultasi Cepat ke Dokter Spesialis

2 dari 3 halaman

Cara Mencuci Tangan yang Benar Menurut WHO

Berdasarkan pedoman dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berikut beberapa cara mencuci yang tepat dan efektif dalam membunuh kuman:

  • Bilas tangan terlebih dahulu dengan air mengalir.
  • Ambil sabun secukupnya dan gosok di kedua telapak tangan.
  • Mulai dengan menggosok sela-sela jari, lalu punggung tangan. Gosok menggunakan sabun.
  • Tidak lupa, bagian kuku-kuku jari juga dibersihkan.
  • Jangan lupa membersihkan bagian antara jempol dan telunjuk. Lakukan dengan menggenggam jempol dan diputar atau gosok memutar dengan tangan sebelahnya.
  • Bilas atau bersihkan sisa sabun dengan air mengalir.
  • Keringkan tangan secara menyeluruh.
  • Jika ingin mematikan keran air, gunakan sikut atau tisu untuk melapisi pegangan keran.

Itulah beberapa cara mencuci tangan yang tepat dan efektif dalam membunuh kuman. Jika Anda sedang bepergian dan tidak ada tempat untuk cuci tangan, gunakanlah hand sanitizer sebagai gantinya.

Untuk tahu informasi lebih lanjut seputar COVID-19, konsultasi dengan dokter menggunakan fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

Tetap jaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan di sekitar Anda. Waspadai gejala COVID-19, dan laporkan jika Anda mengalami gejalanya.

KlikDokter bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk menekan angka persebaran virus corona.  Salam sehat!

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar