Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Catat! Ini Tips Persiapkan ASI Ibu Hamil Jelang Melahirkan di Era New Normal

Catat! Ini Tips Persiapkan ASI Ibu Hamil Jelang Melahirkan di Era New Normal

Persiapan ibu hamil yang akan melahirkan di fase new normal pasti akan berbeda dari biasanya. Ini tipsnya agar pemberian ASI nantinya dapat berjalan lancar.

Memasuki masa transisi ke kehidupan normal yang baru atau new normal, tentu saja akan memengaruhi beberapa aktivitas masyarakat. Tak terkecuali bagi ibu hamil. Untuk itu, sangat penting untuk mulai mempersiapkan hal-hal yang akan dibutuhkan menjelang persalinan nantinya.

Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung ini, menerapkan protokol kesehatan adalah hal yang paling penting apalagi bagi ibu hamil. Sangat diwajibkan untuk menjaga pola hidup sehat agar ibu dan bayinya nanti selamat dan terbebas dari kontaminasi virus.

Persiapan Ibu Hamil Memasuki New Normal

Pasti banyak di antara ibu hamil yang merasa waswas terhadap kesehatan diri dan janin yang dikandung dalam memasuki new normal ini. Apalagi saat ibu hamil sudah harus kembali masuk bekerja ataupun yang akan melahirkan.

Oleh karena itu, ketahuilah tips-tips yang harus diperhatikan selama hamil di era new normal berikut ini:

  1. Meminimalkan aktivitas di luar rumah
  2. Tetap melakukan kontrol kehamilan
  3. Menjalankan protokol kesehatan yang berlaku
  4. Mengonsumsi makanan yang bergizi
  5. Istirahat yang cukup
  6. Mengontrol stres dengan baik
  7. Mempersiapkan barang-barang untuk persalinan
  8. Memperhatikan ASI

Persiapan ibu hamil memang tidak sedikit, tapi demi kehamilan dan persalinan yang lancar, terapkanlah tips tersebut dengan konsisten.

Tidak lupa untuk mempersiapkan hal yang sangat penting bagi bayi Anda setelah melahirkan nanti, yaitu ASI. Jadi sebelum melahirkan, ketahuilah apa saja cara melancarkan produksi ASI yang dapat dilakukan nantinya.

1 dari 2 halaman

ASI Tetap Lancar Saat New Normal dengan Fenugreek

ASI merupakan makanan utama bagi bayi baru lahir, bahkan American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk memberi ASI eksklusif sampai 6 bulan pertama kehidupan bayi. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya pun tidak bisa disamakan dengan susu formula manapun.

ASI mengandung berbagai campuran dari vitamin, mineral, protein, dan lemak yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak, metabolisme, dan pertumbuhan bayi Anda.

Selain itu, ASI juga mengandung antibodi yang dapat membantu bayi melawan virus dan bakteri yang masuk ke tubuh, terutama di tengah pandemi dan mulainya new normal ini.

Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI lebih kebal terhadap penyakit infeksi, misalnya infeksi telinga, infeksi pernapasan, dan juga diare.

Untuk ibu hamil yang sebentar lagi akan melahirkan, sedini mungkin Anda harus mengetahui bagaimana memastikan kelancaran ASI Anda nantinya. Cara melancarkan produksi ASI salah satunya dengan asupan dari biji fenugreek.

Manfaat fenugreek untuk ASI adalah kandungan fitoestrogen yang mirip dengan komponen estrogen, sehingga efektif menstimulasi payudara untuk menghasilkan lebih banyak ASI.

Bagi Anda yang telah melahirkan dan ingin memastikan bayi Anda tetap mendapatkan ASI eksklusif, Lactamor dapat menjadi solusinya. Lactamor merupakan suplemen yang mengandung biji fenugreek, ekstrak daun katuk, dan vitamin B12 yang dapat membantu melancarkan ASI.

Seperti yang telah disebutkan di atas, biji fenugreek mampu meningkatkan jumlah ASI karena berfungsi sebagai galactogogue yaitu penstimulasi kelenjar payudara.

Lalu, ada juga ekstrak daun katuk yang telah lama dikenal sebagai bahan alami untuk memperlancar ASI. Daun katuk mengandung polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin, dan juga sterol yang bersifat estrogenik. Prolaktin dan estrogen adalah hormon-hormon yang berperan penting dalam produksi ASI.

Adanya tambahan vitamin B12 dalam Lactamor akan mengoptimalkan produksi ASI. Selain itu, vitamin B12 dapat mendukung perkembangan saraf otak dan meningkatkan produksi sel darah merah yang baik bagi bayi Anda.

Jadi, sudah tahu, kan, tips untuk ibu hamil dalam memasuki new normal ini? Anda juga harus mempersiapkan hal-hal yang dapat melancarkan ASI setelah melahirkan nanti. Hal ini tentunya penting untuk memenuhi kebutuhan bayi dalam proses tumbuh kembang dan menjaganya dari infeksi virus di tengah pandemi COVID-19.  

Lactamor dapat menjadi pilihan Anda sebagai suplemen, karena kandungannya yang aman dan telah terbukti efektif untuk memperlancar ASI. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar ASI, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Dokter kami siap siaga 24 jam.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar