Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Bisa Dicoba, Ternyata Anggur Merah Bisa Kurangi Sakit Punggung

Bisa Dicoba, Ternyata Anggur Merah Bisa Kurangi Sakit Punggung

Meski bentuknya kecil, ternyata buah anggur merah bisa bantu mengatasi permasalahan sakit punggung, lho. Simak info dari dokter di sini.

Sakit punggung merupakan salah satu gejala umum bagi mayoritas orang dewasa. Meski biasanya bisa hilang dengan sendirinya, tapi ada beberapa alternatif yang rupanya mampu bantu atasi rasa sakit punggung, salah satunya adalah makan anggur merah.

Lagi Sakit Punggung, Nutrisi Apa yang Diperlukan?

Banyak kasus sakit punggung yang tidak diketahui penyebabnya. Tapi, umumnya sakit punggung bisa disebabkan karena posisi duduk atau berdiri yang salah, terkilir, dan keseleo.

Selain itu, tahukah Anda kalau sakit punggung juga bisa disebabkan oleh kurangnya beberapa nutrisi di dalam tubuh?

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, kurangnya antioksidan dan omega-3 dalam tubuh bisa membuat seseorang lebih mudah merasa sakit punggung.

“Sakit punggung bisa terjadi karena Anda mengalami peradangan pada bagian tubuh tertentu, sehingga timbul rasa nyeri. Nah, antioksidan (polifenol) dan omega-3 mengandung antiinflamasi yang bisa mengurangi risiko peradangan pada tubuh,” kata dr. Devia.

Anda bisa mengonsumsi banyak sayuran hijau, gandum, golongan buah berry, ikan salmon, dan minyak zaitun untuk mencukupi kebutuhan antioksidan dan omega-3 dalam tubuh.

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

1 dari 3 halaman

Konsumsi Anggur Merah Bisa Kurangi Sakit Punggung

Menurut American Association of Retired Persons (AARP), anggur merah dipercaya bisa melindungi dari sakit punggung, karena memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dikenal sebagai resveratrol.

Menurut AARP, resveratrol berfungsi untuk melindungi tulang rawan di bagian belakang. Senyawanya yang kuat berkontribusi pada degenerasi jaringan pada tulang belakang.

Dalam percobaan laboratorium di Rush University Medical Center, Chicago, resveratrol melindungi terhadap jenis kerusakan tulang rawan yang menyebabkan sakit punggung.

Meskipun penelitian ini masih awal, tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan makanan kaya resveratrol, termasuk blueberry dan cranberry.

“Anggur merah memiliki kandungan antiinflamasi yang membantu menghilangkan rasa sakit dan masalah pencernaan. Jadi, buah ini bisa dikatakan mampu mencegah sakit punggung,” kata dr. Devia.

Selain itu, hasil fermentasi anggur merah seperti wine juga bisa membantu membuat pinggang merasa relaks. Ini dikarenakan adanya kandungan alkohol pada wine yang dipercaya bisa membuat tubuh jadi santai.

Namun, konsumsi wine tidak boleh berlebihan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Artikel Lainnya: Sering Sakit Punggung Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya!

2 dari 3 halaman

Nutrisi yang Terkandung dalam Anggur Merah

“Anggur merah maupun putih, keduanya sama-sama mengandung flavonoid, Senyawa ini efektif menjaga organ jantung dari radikal bebas. Selain itu, flavonoid dapat mencegah penggumpalan sel-sel darah serta dan memicu terjadinya oksidasi nitrit. Hal ini dapat membuat melebarnya pembuluh darah,” ujar dr. Devia.

Selain itu, anggur merah juga mengandung vitamin B dan A yang tinggi untuk meningkatkan kesehatan. Lalu, ada kandungan myricetin flavonoid dan quercetin yang berfungsi menangkal pembentukan radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.

“Beberapa studi yang saya baca, anggur merah juga bisa menjaga kestabilan tekanan darah dan menurunkan risiko alergi, serta mengendalikan gejala rematik. Jadi, makan anggur setiap hari memang sehat untuk tubuh,” tambahnya.

Tak ada salahnya menjadikan anggur sebagai camilan setiap hari. Manfaatnya terbukti sangat banyak, kan?

Bila Anda memiliki pertanyaan seputar asupan buah yang tepat, langsung chat dokter via LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar