Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Wajib Tahu, Terlalu Sering Pakai Sandal Jepit Bisa Ganggu Kesehatan

Wajib Tahu, Terlalu Sering Pakai Sandal Jepit Bisa Ganggu Kesehatan

Meski nyaman, tapi memakai sandal jepit terlalu sering bisa mengganggu kesehatan Anda. Begini penjelasan medisnya menurut dokter!

Sandal jepit adalah salah satu jenis alas kaki yang pasti Anda punya, bukan? Sandal ini memang termasuk yang paling nyaman dipakai. Tapi, tahukah Anda kalau terlalu sering mengenakan sandal jepit bisa bawa dampak buruk bagi kesehatan Anda?

Benarkah Pakai Sandal Jepit Bisa Membahayakan Kesehatan?

Mengutip laman Health, sebuah survei tahun 2012 menemukan 78% orang dewasa Amerika yang berusia di atas 21 tahun melaporkan pernah mengalami semacam sakit kaki atau masalah pada kesehatan setelah sering menggunakan sandal jepit.

Studi itu menunjukkan bahwa penggunaan sandal jepit yang terlalu sering dapat menyebabkan berbagai penyakit fisik, mulai dari plantar fasciitis dan nyeri otot, hingga nyeri punggung bawah.

Meski begitu, studi lainnya yang dilakukan pada 2010 menyebut bahwa penggunaan sandal jepit justru bisa membantu Anda mengurangi risiko beban pada lutut dan terhindar dari pegal-pegal.

1 dari 3 halaman

Bahaya Pakai Sandal Jepit Terlalu Lama bagi Kesehatan

Dokter Rio Aditya mengatakan, penggunaan sandal jepit sebenarnya tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Namun, jika sering digunakan dan dalam waktu yang lama, maka penggunaan sandal jepit bisa menimbulkan beberapa masalah lokal pada bagian kaki. Apa saja?

  1. Mudah Terkilir atau Keseleo

Kalau hanya digunakan untuk pergi ke warung atau supermarket, maka sandal jepit bisa digunakan.

Jika Anda berniat untuk pergi jauh ke suatu tempat wisata, maka penggunaan sandal jepit tidak dianjurkan. Karena, sandal jepit memiliki sol yang rata dan tidak mendukung lengkungan pada kaki.

Artikel Lainnya: 8 Tips Memilih Sepatu yang Tepat & Sehat!

Hal ini akan menyebabkan bagian depan kaki Anda jadi refleks mencengkeram bagian depan sandal agar tidak terlepas. Jika ini terus terjadi pada waktu yang lama, maka bukan tidak mungkin kaki Anda jadi terkilir atau keseleo.

  1. Kaki Jadi Berjamur

“Karena tidak terlindungi secara menyeluruh, kaki akan lebih berisiko terkena kotoran dari luar seperti debu, lumpur, tanah, genangan air, dan sebagainya. Jika tidak segera dibersihkan, maka jamur bisa tumbuh di kaki dan menyebabkan gatal yang menginfeksi,” ujar dr. Rio.

  1. Rentan Luka

Umumnya, sol sandal terbuat dari karet dan akan menipis seiring berjalannya waktu. Sol tipis ini nantinya akan memudahkan benda tajam untuk menembus dan merusak telapak kaki Anda.

Selain itu, alas yang tipis juga biasanya lebih licin sehingga meningkatkan risiko terpeleset.

  1. Telapak Kaki Pecah-pecah

Selain timbul jamur, telapak kaki yang pecah-pecah juga jadi salah satu masalah umum yang sering timbul ketika sering memakai sandal jepit.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, ketika Anda menggunakan sandal jepit, permukaan kaki bagian atas maupun bawah tidak akan tertutup.

Panasnya sinar matahari dan kotornya lingkungan luar bisa menyebabkan kaki jadi kering dan pecah-pecah, terutama pada bagian tumit.

Meski bukan permasalahan yang serius, telapak kaki pecah-pecah bisa menyebabkan kaki kapalan dan membuat estetika kaki jadi berkurang.

  1. Berisiko Alami Kecelakaan saat Menyetir Mobil

Sandal jepit bukanlah alas kaki yang ideal untuk menyetir mobil. Sol sandal yang licin rentan membuat Anda terpeleset saat menginjak pedal gas.

Selain itu, sandal jepit juga bisa tersangkut pada pedal gas maupun rem saat sedang berkendara. Hal ini akan membuat Anda panik dan sulit berkonsentrasi.

Artikel Lainnya: Jangan Abaikan, Jenis Penyakit Kaki Ini dan Penanganannya

2 dari 3 halaman

Tips Pakai Sandal Jepit yang Aman

Dijelaskan oleh dr. Rio, untuk mengurangi semua risiko yang tadi disebutkan, ada beberapa tips memakai sandal jepit yang baik dan aman, yaitu:

  • Hindari memakai sandal jepit berukuran terlalu besar atau terlalu kecil. Sandal yang terlalu besar berisiko membuat Anda tersandung.

Sedangkan, sandal jepit yang terlalu kecil berisiko membuat kaki lecet dan mengalami perubahan bentuk pada kaki atau disebut Hallux Valgus.

  • Hindari pemakaian sandal jepit terlalu lama. Bila Anda ingin bepergian ke suatu tempat, gunakan sepatu olahraga atau sneakers agar perjalanan jadi lebih nyaman.

Kalau memang sudah tidak betah, barulah pakai sandal jepit sebagai gantinya. Namun, tetap prioritaskan pemakaian sepatu.

Nah, itulah dua tips memakai sandal jepit yang aman dan baik bagi kesehatan. Bila Anda sangat menggemari sandal jepit, hati-hati! Karena, kelima risiko di atas bisa saja mengintai Anda.

Ingin konsultasi seputar masalah kesehatan dan tips hidup sehat kepada dokter? Pakai fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter!

(FR/AYU)

1 Komentar