Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jaga Kebersihan Saat Puasa di Tengah Pandemi Virus Corona

Jaga Kebersihan Saat Puasa di Tengah Pandemi Virus Corona

Puasa di tengah pandemi virus corona tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Agar tetap sehat, pastikan untuk membersihkan hal-hal ini agar tetap sehat.

Beda dengan tahun-tahun sebelumnya, Ramadan kali ini tantangannya lebih berat karena ada ancaman dari virus corona. Wabah tersebut mengharuskan Anda untuk selalu menjaga daya tahan tubuh tetap prima, yaitu dengan adalah menjaga kebersihan dan kesehatan selama berpuasa.

Di tengah pandemi COVID-19, penyakit akibat virus corona strain baru, SARS-CoV-2, menjalani puasa sebisa mungkin harus tetap di rumah tetap di rumah dan menerapkan physical distancing atau jaga jarak.

1 dari 2 halaman

6 Hal yang Mesti Rajin Dibersihkan

Tak hanya menjaga kebersihan hati dan pikiran, terdapat beberapa hal yang mesti rutin dibersihkan agar kesehatan tetap terjaga di tengah ancaman penularan COVID-19.

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar berperan krusial untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mengurangi risiko diri maupun orang-orang terdekat terserang penyakit.

Untuk mencegahnya, pastikan untuk rutin membersihkan hal-hal di bawah ini.

1. Tangan

Salah satu imbauan pencegahan virus corona yang terus-menerus digalakkan adalah menjaga kebersihan tangan. Pasalnya, tangan bisa jadi pintu masuk virus, bakteri, atau mikroorganisme ke dalam tubuh.

Saat Anda memegang atau menyentuh benda yang terkontaminasi, batuk, bersin, atau pindah dari satu tempat ke tempat lain, tanpa disadari tangan akan sering memegang hidung, mulut, dan mata.

Tangan yang kotor akan membuat Anda rentan tertular virus COVID-19 dan/atau penyakit lainnya. Oleh karena itu, cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

2. Wajah

Kebersihan wajah juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Anda dianjurkan untuk cuci muka sebanyak 1-2 kali sehari setelah selesai beraktivitas di luar rumah.

Hindari cuci muka terlalu sering karena itu dapat menyebabkan kulit iritasi, mengikis lapisan alami kulit, atau justru malah memicu produksi minyak berlebih.

Pilih produk pembersih wajah yang tepat—yang tak hanya dapat membersihkan kotoran yang menempel (seperti dari paparan polusi) serta dapat mengangkat kuman yang mungkin menempel di wajah.

Untuk yang satu ini, Anda dapat mengandalkan POND’s Pure White Pollution D-TOXX, sabun cuci muka yang cocok untuk segala jenis kulit.

POND’s Pure White Pollution D-TOXX mengandung activated carbon charcoal yang dapat membersihkan kotoran dan kuman yang melekat di kulit wajah, sehingga kulit bersih dan tampak bercahaya.

Agar hasilnya optimal, kombinasikan dengan POND’s Vitamin Micellar Water D-TOXX Charcoal dan POND’s Pure White Mineral Clay Mask.

Cara melakukan regime ini:

  • Awali dengan membersihkan sisa makeup dan kotoran dengan POND’s Vitamin Micellar Water D-TOXX Charcoal.
  • Cuci muka dengan POND’s Pure White Pollution D-TOXX agar wajah bersih maksimal.
  • Akhiri dengan POND’s Pure White Mineral Clay Mask agar kulit wajah tetap bouncy dan glowing.

Regime tersebut sekaligus bisa jadi cara detoks wajah agar kulit tetap bersih, sehat, mulus, dan tampak bersinar.

3. Rumah

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan agar rumah dibersihkan secara berkala, paling tidak sekali sehari. Bersihkan lebih sering jika Anda atau ada anggota keluarga yang banyak bepergian.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health, Princeton, dan University of California, Los Angeles, di Amerika Serikat, disebutkan bahwa virus corona dapat bertahan hingga 24 jam pada kayu dan 2-3 hari pada bahan plastik dan stainless steel.

4. Tubuh

Tak hanya tangan, kebersihan tubuh secara menyeluruh juga harus dijaga dalam masa-masa pandemi virus corona.

Segera mandi, keramas, dan ganti baju setelah bepergian ke luar rumah. Jaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari. Selain itu, jaga kebersihan tangan, kuku, kaki, rambut, dan mulut untuk mencegah kontaminasi virus.

Selalu pakai pakaian yang bersih dan hindari mengenakan baju yang sama selama beberapa hari.

Hindari juga pemakaian masker yang sama dalam jangka waktu yang lama. Masker sebaiknya tidak dipakai lebih dari enam jam.

5. Mulut

Kebersihan mulut tak boleh diabaikan. Menyikat gigi dan flossing harus konsisten dilakukan secara rutin setiap hari.

Gosok gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu setelah sahur dan berbuka. Saat menyikat, pastikan Anda menggunakan sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Bila kebersihan gigi dan mulut terjaga, Anda dapat terhindar dari risiko bau mulut atau halitosis, gigi berlubang, penyakit gusi, dan berbagai masalah lainnya.

6. Pakaian dan Perlengkapan Tidur

Agar tubuh tetap bersih dan segar, cuci baju dan perlengkapan tidur secara teratur. Pakaian dalam dan pakaian lainnya yang bersentuhan langsung dengan kulit harus diganti setiap hari.

Sementara itu, untuk seprai kasur, sarung bantal dan guling, atau sarung selimut (duvet cover) bisa dibersihkan minimal sekali seminggu.

Aspek lain dari kesehatan yang juga harus diperhatikan adalah menjauhi diri dari stres, tidur cukup, dan aktivitas fisik rutin agar daya tahan tubuh tetap optimal.

Supaya kesehatan tubuh tetap terjaga di tengah pandemi virus corona, Anda harus menjaga kebersihan diri di saat puasa dengan menerapkan tips di atas.

Bila daya tahan tubuh baik, maka Anda dapat terhindar dari COVID-19 dan berbagai penyakit lainnya. Jaga tubuh tetap bersih dan sehat serta tetap di rumah, ya!

(RN/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar