Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Bisa Bukber Virtual, Mengapa Momen Ini Sangat Penting Dilakukan?

Bisa Bukber Virtual, Mengapa Momen Ini Sangat Penting Dilakukan?

Di masa pandemi virus corona, buka bersama (bukber) di restoran kini diganti dengan bukber virtual. Meski dilakukan jarak jauh, ternyata ini lho manfaat bukber virtual!

Bukber virtual kini jadi alternatif bagi masyarakat yang ingin tetap melakukan acara buka puasa besama kerabat. Ya, akibat wabah virus corona, kebiasaan yang satu itu kini jadi berubah konsep!

Saat dulunya bisa berhadapan langsung, saling cicipi makanan, bisa ngobrol-ngobrol, dan foto bareng untuk diunggah di Instagram, sekarang tak bisa begitu. Kini semuanya harus dilakukan secara virtual. Lantas, seberapa penting, sih, bukber virtual ini bagi kesehatan fisik dan mental?

Mengapa Bukber Jadi Kegiatan yang Ditunggu-tunggu?

Hampir setiap orang senang bertemu kembali dengan lingkungan lama yang akrab dan menyenangkan. Karena itulah, bukber sangat diminati di bulan puasa.

Kumpul-kumpul menunggu terlaksananya reuni akbar tentu terlalu lama. Beda dengan bukber yang bisa dilakukan tiap tahun. Jadi, kita bisa tahu perkembangan teman-teman kita tiap tahunnya (mengikat kedekatan).

Selain itu, menyantap makanan buka puasa bersama dengan teman-teman juga membuat hati gembira.

Mungkin, rasa makanan yang disantap sebenarnya biasa saja. Tapi, karena disantap beramai-ramai, rasanya jadi spesial! Plus, kita jadi punya foto kebersamaan baru tiap tahunnya.

Artikel Lainnya: Perhatikan, Ini 5 Gejala Virus Corona yang Tidak Biasa

1 dari 4 halaman

Nggak Bisa Bukber Karena COVID-19 Bikin Kesepian?

Sebenarnya, bukan cuma gagal bukber saja yang jadi penyebab kesepian. Apa pun yang minim interaksi sosial dan rutinitas yang itu-itu aja, pasti bikin hati kita “kosong” dan sepi!

Kita pun jadi tak tahu bagaimana perkembangan hidup teman-teman kita di luar sana. Meski dengan gagal bukber di restoran A, restoran B, atau C, kita jadi bisa menghemat pengeluaran, tapi pasti rasanya aneh, deh, kalau bulan Ramadan kali ini kita sama sekali nggak ngumpul!

2 dari 4 halaman

Alasan Bukber Virtual Itu Penting Dilakukan saat Pandemi COVID-19

Tentu ada alasan mengapa kini banyak orang yang melakukan bukber virtual. Salah satunya adalah melestarikan kebiasaan yang sudah dilakukan sejak lama.

Tapi, di luar alasan melestarikan kebiasaan lama, Ikhsan Bella Persada, M.Psi.,Psikolog mengatakan, bukber virtual ini memiliki sejumlah manfaat, khususnya buat menjaga kesehatan mental saat pandemi virus corona!

“Bukber virtual bisa mengobati rasa rindu dengan teman-teman kita. Selama karantina ini kita sering sendirian, ya, dan jarang berinteraksi. Kalaupun berinteraksi, paling hanya dengan anggota keluarga dan rekan kantor, yang diomongin juga pekerjaan,” kata Ikhsan.

“Kalau bukber, yang kita ajak berinteraksi kan bukan cuma teman kantor, tapi juga teman sekolah dan kuliah dulu. Kalian jadi bisa sharing pengalaman menarik, ya, update kehidupanlah pokoknya,” tambahnya.

Intinya, menurut Psikolog Ikhsan, bukber virtual bisa meningkatkan emosi positif dan menghilangkan rasa kesepian.

Hal itu pun disetujui oleh dr. M. Dejandra Rasnaya. Jika selama di rumah kita dipenuhi oleh emosi negatif karena kesepian dan jarang berinteraksi dengan orang lain, daya tahan tubuh kita juga jadi menurun.

“Lagi pula, bukber virtual ini menjadi momen patuh kita terhadap PSBB. Kita tetap mengutamakan physical distancing tanpa harus memutus silaturahmi. Kita bisa tetap happy, tetapi tidak melanggar protokol pencegahan COVID-19,” tutur dr. Dejandra.

Artikel Lainnya: Waspada! WHO Peringatkan Adanya Peredaran Obat Virus Corona Palsu!

3 dari 4 halaman

Lakukan Ini agar Bukber Virtual Seru!

Nah, supaya bukber virtual makin seru dan berkesan, ada rekomendasi dari Psikolog Ikhsan yang bisa Anda ikuti.

“Coba, deh, sebelumnya kalian saling kirim makanan dulu. Misalnya, si A kirim makanan ke B, si C kirim makanan ke A, si B kirim makanan ke C. Kirim makanan yang paling mereka suka. Makanan tersebut bisa Anda masak sendiri atau beli,” katanya.

Jangan buka bungkus makanan sampai waktu berbuka tiba, biar surprise! Setelah makan dan ngobrol-ngobrol, kalian juga bisa main game.

Bisa game apa saja, yang penting bisa dimainkan bersama secara virtual. Di akhir, kalian tinggal foto bersama, deh!

Melakukan ibadah puasa saat pandemi virus corona memang terasa berbeda. Namun, jangan sampai hal ini bikin Anda merasa sepi. Janjian saja bersama teman-teman untuk melakukan bukber virtual beberapa kali. Pasti perasaan Anda jadi lebih happy.

Ikuti terus info kesehatan menarik lainnya di KlikDokter. Bila punya pertanyaan seputar kondisi medis atau pun psikis, manfaatkan fitur LiveChat yang tersedia di aplikasi KlikDokter. Langsung dijawab oleh ahlinya!

(OVI/AYU)

2 Komentar