Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Lagi Tren, Virtual Photoshoot bisa Redakan Stres Pandemi COVID-19

Lagi Tren, Virtual Photoshoot bisa Redakan Stres Pandemi COVID-19

Ada satu lagi kegiatan yang sedang tren di dunia maya, yakni virtual photoshoot. Konon katanya, tren ini bisa meredakan stres selama pandemi COVID-19.

Ada tren baru di dunia maya! Tren tersebut diberi nama virtual photoshoot. Aktivitas ini ramai-ramai dilakukan karena dapat memberikan hasil sebaik pemotretan langsung. Bonusnya, virtual photoshoot disebut-sebut bisa meredakan stres akibat virus corona!

Mengapa Banyak yang Stres Saat Pandemi Virus Corona?

Psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi. menjelaskan bahwa stres akibat jenuh selama pandemi COVID-19 memang wajar dan umum dirasakan saat ini.

“Terutama untuk mereka yang sering pergi ke luar rumah untuk beraktivitas, karantina di rumah bisa terasa seperti penjara untuknya. Ini yang nantinya bisa menimbulkan rasa cemas, jenuh akut, dan stres berlebihan,” ujar Ikhsan kepada KlikDokter

Selain adanya batasan ruang kegiatan, stres juga dapat dipicu oleh keberadaan COVID-19 sendiri. Ini merupakan suatu yang wajar ketika Anda berhadapan dengan ketakutan yang berskala global. 

“Sudah dipaksa diam di rumah, ditambah mendengar berita korban virus corona yang semakin meningkat. Ini juga jadi alasan seseorang bisa mengalami stres saat karantina,” kata Ikhsan.

Akan tetapi, tidak baik jika Anda pasrah dan bergelut dalam stres sepanjang waktu. Anda butuh pengalih perhatian untuk menurunkan kadar stres. Nah, virtual photoshoot ini dapat menjadi salah satu cara mengatasi stres akibat COVID-19.

Artikel lainnya: Gejala Kesehatan yang Muncul Ketika Tubuh Mengalami Stres

1 dari 3 halaman

Asal Mula Virtual Photoshoot

Pemotretan virtual photoshoot pada awalnya dilakukan sejumlah publik figur. Tren pun berlanjut saat selebritas hingga orang biasa, berbondong-bondong turut melakukannya. Salah satunya yang dilakukan penyanyi Raisa bersama fotografer Michael Cools.

Hasil virtual photoshoot Raisa itu dinilai tak kalah bagus dengan pemotretan langsung. Tak ayal, foto tersebut menuai banyak pujian dari netizen.

Mengutip PetaPixel, fotografer Tim Dunk menjelaskan bahwa dirinya menggunakan aplikasi Facetime dari MacBook Pro dan Iphone untuk melakukan virtual photoshoot ini.

Menurutnya, memotret melalui Facetime menggunakan MacBook akan memberikan hasil yang lebih baik ketimbang Ipad atau Iphone.

Selanjutnya, menemukan cahaya yang bagus juga jadi salah satu faktor kunci hasil foto yang baik. Tanpa adanya cahaya atau penerangan yang baik, foto akan tampak gelap dan buram.

Penggunaan cahaya juga bisa meningkatkan kreativitas dari fotografer. Misalnya, klien akan diminta untuk memegang tirai atau dekorasi lainnya yang akan mendukung hasil foto tampak lebih bagus.

Koneksi internet yang baik juga jadi pendukung kelancaran virtual photoshoot. Jadi, pastikan Anda dan sang fotografer memiliki koneksi internet yang kencang.

Artikel lainnya: Agar Tidak Stres, Lima Cara Ini Bisa Jadi Penolong Karantina di Rumah

2 dari 3 halaman

Mengapa Virtual Photoshoot Bisa Atasi Stres?

Dijelaskan oleh Ikhsan, virtual photoshoot merupakan salah satu kegiatan yang dianggap bisa “menghabiskan” waktu seseorang selama berada di rumah, tepatnya saat pandemi.

Khususnya bagi mereka yang punya hobi memotret atau dipotret, aktivitas ini bisa meredakan stres. 

“Melakukan salah satu kegiatan yang menyenangkan seperti memotret atau dipotret jadi model pastilah menyenangkan. Apalagi jika orang tersebut memang gemar difoto,” ujar Ikhsan.

Ketika melihat hasil foto yang bagus dan sesuai dengan ekspektasi, psikolog itu menambahkan, perasaan senang pasti muncul. Secara tidak langsung, ini bikin rasa stres berkurang.

Selain itu, menikmati proses dengan merias wajah, mencari dekorasi untuk hasil foto yang bagus, dan bergaya, juga bisa jadi alasan lainnya mengapa kadar stres seseorang jadi turun. 

“Bagi orang yang dipotret, rasa senang dan excited ini muncul ketika mulai bersiap-siap merias wajah, memilih baju yang akan digunakan, dan memilih dekorasi untuk pemotretan. Bagi pihak yang memotret, kadar stres bisa turun karena mereka melakukan apa yang mereka sukai,” ujar Ikhsan. 

Nah, melakukan virtual photoshoot di rumah bisa jadi pilihan untuk melepas stres. Tak perlu muluk-muluk hasilnya seperti Raisa, menikmati setiap prosesnya bersama rekan atau sahabat sudah cukup untuk meredakan stres Anda. Tertarik mencobanya?

Mau tahu cara lain meredakan stres selama pandemi virus corona? Intip infonya hanya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar