Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Susu Kurma untuk Jaga Imun saat Puasa dan Pandemi Corona, Efektifkah?

Susu Kurma untuk Jaga Imun saat Puasa dan Pandemi Corona, Efektifkah?

Susu kurma katanya bisa memberikan nutrisi yang lengkap, sehingga mampu menjaga imun tubuh saat puasa dan pandemi corona. Apakah medis setuju dengan hal tersebut?

Menjelang Ramadan, sebagian orang mulai mempersiapkan segala kebutuhan untuk berpuasa satu bulan. Salah satu yang tidak ketinggalan disiapkan adalah buah kurma.

Buah kurma telah dikenal selama lebih dari 6000 tahun. Buah ini diperkirakan berasal dari Mesopotamia (sekarang Irak). Terdiri dari lebih dari 200 jenis, kurma adalah komoditas buah utama di Mesir, Arab Saudi, dan negara-negara Timur Tengah lainnya.

1 dari 2 halaman

Mengungkap Manfaat Susu Kurma bagi Kesehatan

Seperti namanya, susu kurma terdiri atas susu sapi yang diracik dengan kurma. Kombinasi ini ternyata membawa manfaat sehat yang lebih besar lagi. Adapun beberapa manfaat susu kurma bagi kesehatan, antara lain:

  • Meningkatkan Stamina

Susu kurma berkhasiat untuk meningkatkan energi dan fungsi organ tubuh, seperti pembuluh darah, hati, sistem saraf, dan usus besar.

Selain itu, susu kurma juga bisa ‘membersihkan’ tubuh Anda dari zat berbahaya yang berasal dari makanan. Manfaat ini adalah berkat kandungan zat besi, fosfor, kalium, seng, magnesium, vitamin A, D dan C di dalamnya.

Artikel lainnya: Badan Lemas Saat Puasa, Mungkin Anda Mengalami 8 Kondisi Ini

  • Menurunkan Risiko Kanker

Susu kurma mengandung antioksidan alami, kaya akan magnesium, fosfor, dan kalsium. Adanya kombinasi nutrisi tersebut bisa membantu menurunkan risiko terjadinya kanker.

  • Meningkatkan Produksi ASI

Susu kurma mengandung treonin dan gliserin. Ini membantu produksi ASI pada ibu yang sedang menyusui.

  • Meminimalkan Risiko Penyumbatan Arteri

Susu kurma bisa menurunkan risiko penyumbatan arteri. Berkat manfaat ini, risiko Anda mengalami penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke akan lebih minimal lagi.

Artikel lainnya: Tips Puasa untuk Vegetarian

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Susu kurma juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, dan menyelamatkan hati dari racun. Selain itu, kulit kurma juga bisa berfungsi sebagai agen antivirus, antibakteri, dan antijamur.

  • Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Susu kurma mengandung vitamin A dan B yang tinggi. Ini membuatnya bisa membantu menjaga kelembapan mata, sehingga dapat meningkatkan fungsi penglihatan dan mengurangi risiko kebutaan.

  • Mengurangi Stres

Susu kurma mampu meredakan stres dan memberi Anda perasaan rileks. Selain itu, susu kurma juga menyediakan nutrisi makanan yang dibutuhkan tubuh dan merangsang hormon pertumbuhan.

Lantas, apakah susu kurma efektif untuk jaga imun tubuh agar tetap sehat puasa dan pandemi corona? Jawabannya, ya. Namun, agar manfaat tersebut dirasakan lebih optimal, Anda tetap harus mengombinasikan konsumsi susu kurma dengan penerapan gaya hidup sehat.

Jadi, selain konsumsi susu kurma, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, cukup tidur, berolahraga secara teratur, kelola stres dengan baik, serta menjauhi rokok dan alkohol.

Khasiat susu kurma bagi kesehatan sangatlah beragam. Anda dapat menjadikannya asupan saat berbuka atau sahur, sehingga manfaatnya benar-benar terasa.

Jika Anda masih penasaran soal manfaat susu kurma, jangan sungkan untuk menanyakannya secara langsung pada dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

(NB/ RH)

2 Komentar