Kesehatan Mental

Mengapa Jadi Susah Bangun Pagi Selama Kerja dari Rumah?

Tamara Anastasia, 19 Apr 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Karena terlalu sering bekerja dari rumah alias work from home, Anda pun menjadi kesulitan untuk bangun pagi seperti biasanya. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Mengapa Jadi Susah Bangun Pagi Selama Kerja dari Rumah?

Saat harus bekerja di rumah lantaran pandemi virus corona, sebagian orang mungkin merasa sulit untuk bangun pagi karena berbagai macam alasan. Apakah Anda salah satu yang demikian?

Jika ya, Anda mungkin merasa bahwa pekerjaan yang dilakukan di rumah jadi lebih susah diatur. Tidak hanya itu, Anda yang kesulitan bangun pagi saat harus kerja dari rumah juga cenderung merasa lebih malas daripada biasanya. 

Mengapa hal-hal seperti ini bisa terjadi? Apakah memang work from home (WFH) bisa memengaruhi kondisi mental seseorang sehingga membuatnya kesulitan bangun pagi dan lebih malas untuk beraktivitas?

Apa Penyebab Kita Sulit Bangun Pagi Saat WFH?

Menjawab pertanyaan itu, Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog kepada KlikDokter mengatakan bekerja dari rumah memang bisa memengaruhi beberapa aspek dalam diri seseorang. Aspek-aspek yang dimaksud, antara lain:

  1. Adanya Mindset Kerja Lebih Santai 

Karena dianggap tidak ada yang ‘memantau’, para pekerja pun akan merasa lebih santai dari biasanya.

Anda tidak perlu berdandan rapi untuk bekerja, tidak perlu sibuk bolak-balik menyediakan data yang harus segera dilaporkan ke atasan, tidak memiliki jam pasti untuk memulai kerja. 

Kondisi seperti itulah yang pada akhirnya membuat Anda jadi lebih sulit bangun pagi, atau bahkan kurang produktif dalam bekerja. 

Artikel Lainnya: Perhatikan, Ini 5 Gejala Virus Corona yang Tidak Biasa

  1. Pola Tidur yang Berubah 

“Saking santainya berada di rumah, Anda bisa saja bekerja di atas kasur sambil rebahan. Tidak sedikit yang bahkan jadi ketiduran, dan melek mata di malam harinya. Bisa juga  Anda keasyikan nonton film sampai pagi dan bangun kesiangan saat bekerja,” ujar Ikhsan. 

Pola tidur yang berubah memang jadi faktor besar yang menyebabkan Anda jadi sulit untuk bangun pagi saat bekerja di rumah. 

Untuk mengatasi masalah ini, Ikhsan mengatakan agar para pekerja sebaiknya tetap menerapkan pola tidur yang sama seperti saat bekerja di kantor. 

  1. Atypical Depression 

Atypical depression atau kondisi di mana rasa kantuk dirasakan secara berlebihan juga bisa menjadi alasan lain mengapa Anda sulit bangun pagi saat harus kerja dari rumah. 

Menurut Ikhsan, ciri utama gangguan ini adalah Anda terlalu banyak tidur dan tidak pernah merasa cukup. 

“Berbeda dengan gejala depresi lainnya, atypical depression tidak diikuti dengan penurunan nafsu makan. Jadi, kondisi tersebut hanya menyebabkan keinginan untuk tidur-menerus,” kata Ikhsan. 

Artikel Lainnya: Waspada! WHO Peringatkan Adanya Peredaran Obat Virus Corona Palsu!

Apa Dampak yang Terjadi Jika Sulit Bangun Pagi?

Sulit bangun pagi saat bekerja dari rumah tak hanya membuat pekerjaan menjadi berantakan. Kondisi tersebut juga bisa memicu terjadinya masalah-masalah lain, lho!

“Otak manusia butuh pemanasan sebelum dipakai untuk bekerja. Jika otak tidak ‘dipanaskan’ terlebih dahulu, maka Anda akan lebih sulit untuk berkonsentrasi dan bekerja di siang harinya,” ujar Ikhsan.

“Bayangkan saja ketika Anda sudah bangun siang dan tiba-tiba sudah ada pekerjaan yang menumpuk, apakah tidak sakit kepala? ” sambungnya.

Tidak hanya itu, tubuh Anda pun juga bisa terasa lebih lemas daripada biasanya. Hal ini bisa terjadi karena Anda terlalu lama tidur, sehingga fungsi tubuh bisa mengalami gangguan. 

Alhasil, metabolisme energi juga bisa bermasalah, yang pada akhirnya mencetuskan terjadinya badan lemas.

Cara WFH Tetap Dalam Jadwal Jam Kerja Normal

Dikutip dari berbagai sumber, beberapa cara yang bisa dilakukan agar seseorang tetap produktif meski sedang bekerja di rumah adalah sebagai berikut ini.

  • Atur Jam Kerja dengan Baik

Dikutip dari laman New York Times, mengatur jam kerja yang sama seperti saat sedang berada di kantor bisa jadi cara Anda tetap produktif meski sedang bekerja di dalam rumah. 

Tetapkan rutinitas yang sama ketika Anda ingin berangkat kerja, misalnya mandi di pagi hari, memasak untuk sarapan anak dan suami, merias wajah, dan memilih baju untuk bekerja.

  • Buat Jadwal Harian 

Anda bisa membuat jurnal yang berisikan jadwal kerja harian. Mulailah mencatat pekerjaan yang harus diselesaikan hari itu, dan lanjutkan dengan pekerjaan lain keesokan harinya. 

Anda bisa membuat jurnal tersebut di buku catatan, kalender, atau di smartphone. Untuk melengkapi, jangan lupa juga untuk memanfaatkan fitur pengingat atau reminder di smartphone agar Anda bisa terus mengingat waktu dalam sehari.

  • Mengoptimalkan Jam Tidur 

Dapatkan jam tidur yang cukup dan berkualitas agar istirahat Anda berlangsung dengan optimal. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur setiap malam.

  • Hindari Alkohol dan Kopi Berlebih

Bisa jadi, penyebab susah bangun pagi adalah akibat kesulitan untuk memejamkan mata di malam hari lantaran konsumsi alkohol atau kopi berlebih.

Alkohol dan kopi yang dikonsumsi secara berlebihan bisa sangat mengganggu fungsi tubuh Anda, terutama dalam mengatur fase bangun dan tidur. 

Oleh karena itu, agar Anda tetap bisa bangun pagi saat bekerja dari rumah, hindari konsumsi alkohol sama sekali dan batasi porsi kopi agar tidak berlebihan.

Itu dia beberapa tips WFH yang bisa Anda ikuti agar bisa tetap produktif meski harus bekerja dari rumah. Jika dalam penerapannya Anda menemukan kendala, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter atau psikolog melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

virus coronakesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait