Sukses

Inilah yang Terjadi pada Wanita Penderita Vaginismus

Sampai sekarang masih susah penetrasi? Jangan-jangan itu karena vaginismus! Biar cepat diatasi dan tak ganggu hubungan seks lagi, simak info berikut ini.

Disfungsi seksual tak cuma dialami kaum pria. Wanita pun bisa mengalami disfungsi seksual dengan kondisi vaginismus. Meski tak menurunkan libido orang dengan kondisi ini, tetapi vaginismus mampu memengaruhi kehidupan seksualnya dengan pasangan. 

Vaginismus adalah kontraksi otot (otot menjadi tegang) pada vagina yang terjadi dengan sendirinya. Saat keluhan ini dirasakan, vagina akan menyempit sehingga penis sulit untuk penetrasi ke dalamnya. 

Apa Penyebab Vaginismus?

Hingga saat ini, penyebab vaginismus masih belum diketahui secara pasti. Namun, terdapat beberapa kondisi yang diduga menjadi faktor risiko vaginismus. Berikut ini beberapa kondisi yang dimaksud:

  • pernah mengalami rasa sakit hebat saat berhubungan seksual
  • pernah mengalami trauma fisik yang amat berat
  • pernah mengalami kekerasan seksual
  • stres dan cemas berlebihan
  • adanya infeksi saluran kemih atau infeksi jamur

Dari beberapa faktor risiko di atas, yang paling sering jadi pemicu adalah kecemasan dan ketakutan saat berhubungan seks. Wanita yang stres saat berhubungan intim tak melulu ‘pemain baru’. 

Pengalaman seksual yang tidak baik di masa lalu bisa saja memicu stres, sehingga tubuh secara tidak langsung menegang dan menolak untuk berhubungan seks.

Selain itu, perasaan malu dan bersalah terhadap aktivitas seks yang tengah dilakukan juga meningkatkan risiko vagina menyempit. 

Artikel lainnya: Khusus Wanita, Cara Mencegah Iritasi setelah Mencukur Bulu Vagina

1 dari 4 halaman

Bagaimana Gejala Vaginismus?

Gejala yang paling sering terjadi pada wanita yang mengalami vaginismus adalah rasa nyeri luar biasa saat melakukan hubungan seksual. Saat mengalami keluhan ini, wanita merasa seakan-akan dinding vaginanya robek.

Selain itu, ada pula kasus di mana wanita dengan vaginismus mengalami sesak napas saat proses penetrasi. Ya, kondisi setegang itu bisa saja terjadi. 

Pada sebagian wanita, mereka juga bisa merasa kesakitan saat memasang tampon dan melakukan pemeriksaan ginekologi.

Namun sebenarnya, bukan hanya wanita yang menderita akibat vaginismus. Pria yang punya pasangan dengan kondisi tersebut juga akan mengalami kesulitan untuk berhubungan seksual. 

Pasalnya, saat penetrasi dilakukan, penis seakan ‘menabrak’ suatu penghalang di dalam vagina (seperti berusaha menembus tembok). 

Artikel lainnya: 6 Hal tentang Kanker Vagina yang Perlu Anda Tahu!

2 dari 4 halaman

Kapan Harus ke Dokter dan Bagaimana Vaginismus Didiagnosis?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan. Namun yang jelas, bila kondisi vaginismus sudah sampai mengganggu aktivitas seksual, jangan sungkan untuk memeriksakannya ke dokter. Bila pemicunya merupakan infeksi saluran kemih atau jamur, tentu itu harus segera diobati. 

Sementara itu, saat pemeriksaan, dokter akan melakukan beberapa hal untuk mendiagnosis, antara lain:

  • menanyakan gejala dan riwayat medis plus riwayat seksual
  • pemeriksaan fisik (kejang pada vagina bisa terlihat di tahap ini)
  • pemeriksaan panggul (dokter akan melihat apakah ada tanda-tanda infeksi atau luka. Jika tidak, maka penyebabnya berasal dari psikis.

Obat hanya diberikan kepada pasien yang memiliki luka atau infeksi. Bila tak ada, pelumas seks bisa digunakan untuk lebih melicinkan penetrasi. Sulitnya penetrasi ke dalam vagina juga bisa disebabkan kurangnya pelumas akibat kadar estrogen yang rendah. 

Artikel lainnya: Benjolan di Vagina Bisa Disebabkan oleh 6 Kondisi Ini

3 dari 4 halaman

Tips Mengatasi Vaginismus

Seperti yang sempat disinggung di atas, vaginismus tidak menurunkan libido wanita. Akan tetapi, kondisi ini akan sangat mengganggu aktivitas seksnya bersama pasangan. Oleh karena itu, vaginismus sebaiknya diatasi sedini mungkin.

Bila tak ditemukan infeksi, maka penderitanya perlu berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk mengatasi masalah kesehatan mental yang dialami. 

Di luar pengobatan yang diberikan tenaga ahli, penderita vaginismus juga disarankan melakukan senam kegel guna mengoptimalkan proses penyembuhan. 

Fakta menyebutkan, senam kegel dapat membantu mengoptimalkan fungsi otot vagina. Aktivitas tersebut akan melatih aktivitas kontraksi dan relaksasi, sehingga otot lebih bisa dikendalikan. 

Latihan ini juga membantu wanita supaya lebih terbiasa dengan objek yang masuk ke dalam vagina. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • kosongkan kantung kemih
  • tahan otot-otot dasar panggul selama 10 detik
  • kalau sudah, kendurkan selama 10 detik
  • ulangi 10 kali

Bila memungkinkan, lakukan latihan kegel sebanyak 3 kali sehari. 

Sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi vaginismus namun hasilnya masih belum terasa? Tindakan operasi mungkin dibutuhkan (Anda wajib berkonsultasi dulu dengan dokter secara langsung untuk menentukan jenis operasi yang bisa mengatasi vaginismus).

Itu dia penjelasan seputar vaginismus atau kondisi di mana vagina jadi menyempit. Jika masih punya pertanyaan seputar vaginismus atau kondisi lain yang berhubungan dengan organ intim atau masalah seksual, jangan sungkan untuk bertanya pada dokter kami lewat fitur Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter, ya!

(AM/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar