Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Telanjur Pakai Hand Sanitizer Expired, Bagaimana Efeknya?

Telanjur Pakai Hand Sanitizer Expired, Bagaimana Efeknya?

Ada yang bilang, sebenarnya tak apa menggunakan hand sanitizer kadaluarsa (karena tak menimbulkan sakit kulit). Lantas, bagaimana tanggapan dokter tentang ini?

Meski yang disarankan adalah cuci tangan dengan air dan sabun, tak bisa dimungkiri bahwa hand sanitizer juga penting. Sebab, saat berada di luar rumah, kerap kali kita sulit mencari air dan sabun. Sehingga, akan lebih praktis bila pakai hand sanitizer.

Hand sanitizer sekarang sudah jadi buruan banyak orang. Di berbagai toko, benda yang mengandung alkohol ini pun ludes! Alhasil, beberapa orang ada yang rela pakai hand sanitizer kadaluarsa dengan harapan, gel atau cairan tersebut masih berfungsi sebagaimana mestinya.

Kok Bisa Expired, Ya?

Produk pembersih tangan diatur oleh Food and Drug Administration (FDA). Maka, secara hukum, produk hand sanitizer diwajibkan memiliki tanggal kedaluwarsa. Standarnya, produk ini bertahan 2-3 tahun dari tanggal produksi.

Sementara itu, alkohol di dalam hand sanitizer merupakan zat yang mudah menguap ketika terkena udara. Meskipun wadahnya padat, tetapi ia tidak kedap udara!

Apalagi jika Anda sering membuka dan menutup botol hand sanitizer, makin cepat pula penguapan yang terjadi.

Seiring berjalannya waktu, bahan aktif hand sanitizer (alkohol) akan menurun. Hal ini membuat kemampuannya dalam membunuh kuman penyakit juga berkurang.

Expired yang dimaksud di sini bukanlah basi berbau atau berubah warna hingga tak bisa dipakai atau tak boleh menyentuh kulit sama sekali, ya. Melainkan, kandungan alkohol yang makin lama makin menghilang seiring berjalannya waktu.

Artikel Lainnya: Karena Langka, Membuat Hand Sanitizer Sendiri, Aman atau Tidak?

1 dari 3 halaman

Apa Efeknya Jika Pakai Hand Sanitizer Expired?

Kabar baiknya, jika telanjur pakai hand sanitizer kadaluarsa, tidak ada bahaya yang mengintai kulit. Hal itu pun disetujui dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter.

Menurutnya, efek samping menggunakan hand sanitizer kadaluarsa adalah kuman di tangan tidak terbasmi dengan baik.

“Pabrik atau produsen tentunya tidak asal-asalan dalam menentukan berapa lama waktu zat aktif bekerja. Misalnya,  dipakai saat sudah expired, memang tak ada efek negatifnya. Ya, cuma, seperti sia-sia saja karena alkohol sudah menguap dan gel atau cairan pembersih itu tak mampu lagi membunuh bakteri atau virus,” jelas dr. Alvin.

Karenanya, akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan hand sanitizer yang belum lewat tanggal kedaluwarsanya. Perhatikan betul keterangan tanggal expired yang biasa tertera di belakang atau di bawah kemasan.

Artikel Lainnya: Anda Tengah Berburu Hand Sanitizer? Cek Faktanya di Sini

2 dari 3 halaman

Tips Memilih dan Menggunakan Hand Sanitizer

Setelah Anda mengetahui efek penggunaan hand sanitizer yang sudah expired, kini saatnya mengetahui cara tepat untuk memilih dan menggunakan hand sanitizer. Adapun cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Pilih hand sanitizer dengan kadar alkohol 60 persen ke atas. Jika kandungannya di bawah itu, alkohol tak mampu bekerja optimal membunuh kuman.

Meski kemasannya lucu dan baunya harum, hand sanitizer yang tidak mengandung alkohol justru membuat kuman kebal.

  • Perhatikan tanggal kedaluwarsanya. Akan lebih baik bila Anda memilih hand sanitizer yang tanggal expired-nya masih lama.
  • Hand sanitizer tidak bisa membersihkan tangan yang benar-benar terlihat kotor. Jika tangan terkena noda, kotoran, dan benar-benar habis melakukan aktivitas berat, sebaiknya cuci tangan terlebih dulu dengan air dan sabun.
  • Jangan berlebihan dalam memakai hand sanitizer. Alkohol dapat membuat kulit tangan Anda kering.
  • Hand sanitizer tidak bisa menghilangkan pestisida dan logam berat yang menempel di tangan. Bila Anda habisi menyentuh benda berbahan kimia dan berlogam, sebaiknya cuci tangan pakai air mengalir dan sabun.
  • Sehabis pakai hand sanitizer jangan buru-buru memegang benda lain. Berikan jeda terlebih dulu agar produk pembersih ini bisa bekerja optimal.

Itu dia penjelasan soal pemakaian hand sanitizer yang sudah kedaluwarsa. Meski praktis, tetap utamakan cuci tangan pakai air mengalir dan sabun, ya! Sebab, efektivitasnya dalam membunuh kuman masih lebih ampuh dengan langkah “tradisional” satu itu.

Jika masih punya pertanyaan lain seputar hand sanitizer ataupun pencegahan penyakit menular, yuk langsung konsultasikan hal tersebut melalui fitur LiveChat yang tersedia di aplikasi KlikDokter.

(AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar