Sukses

Penyebab Orang Suka Menyerang Balik Saat Ditegur

Menegur seseorang jika melakukan kesalahan merupakan hal yang sering terjadi. Namun, bagaimana jika orang yang ditegur menyerang balik? Ini penyebabnya.

Tidak semua orang bisa menerima teguran dari orang lain dengan berlapang dada. Orang yang tidak bisa menerima teguran umumnya akan membuat suatu benteng pertahanan atau bahkan akan menyerang balik saat ditegur. 

Hal ini dapat memicu rasa kesal orang yang memberikan teguran. Ini karena si penerima teguran dianggap tidak mau menerima kritikan terhadap kesalahan yang diperbuat. Kenapa, ya, ada orang yang sering menyerang balik saat dapat teguran?

1 dari 3 halaman

Penyebab Seseorang Suka Menyerang Balik Saat Dapat Teguran

Ada beberapa alasan mengapa seseorang tidak mau menerima teguran dari orang lain. Berikut adalah 5 alasan paling umum kenapa seseorang suka menyerang balik.

  1. Mendapatkan Pola Asuh yang Salah

Ada kemungkinan, orang tersebut sejak kecil sudah merasa tidak percaya diri. Hal ini bisa disebabkan karena keberadaanya sering tidak dianggap atau dulu ia sering dimarahi oleh orangtuanya setiap melakukan suatu tindakan. 

Alhasil, saat dewasa dan ia sudah bisa mengungkapkan pendapat, dirinya berontak dan terus melawan jika ada teguran dari orang lain.

  1. Memiliki Sifat Egois 

Orang yang memiliki sifat egois biasanya merasa dirinya paling benar, sehingga akan sulit menerima kritikan dari orang lain. Maka dari itu, tidak jarang setiap teguran yang ia terima akan “ditangkis” saking merasa dirinya tidak mau dikalahkan oleh kritik apa pun. 

Artikel Lainnya: Tetap Asyik di Lingkungan Kerja yang Toxic

  1. Merasa Terhina Jika Dikritik 

Jika ada seseorang yang melakukan teguran kepada dirinya, dan ia langsung bereaksi untuk menyerang balik, bisa jadi karena kritikan tersebut dianggap sebagai hal yang menghina dirinya. Padahal, setiap teguran tidak berarti selalu bermakna hinaan. 

  1. Selalu Negative Thinking

Apabila alam pikirannya selalu berpikir negatif, segala sesuatu yang terdengar kritikan atau teguran, tidak akan dianggap baik untuknya dan melakukan respon menyerang balik. 

Tidak semua kritikan itu buruk, ya. Ada beberapa kritikan yang menjadi masukan agar diri ini menjadi lebih baik. 

  1. Tidak Ingin Hatinya Terluka

Orang yang selalu berpikir kritikan adalah hal yang dapat menyakiti dirinya, biasanya akan langsung memasang tameng pembelaan saat ada yang melakukan kritikan. Ia pun akan menganggap yang dikatakan orang  tersebut salah. 

Artikel Lainnya: Dampak Lingkungan Kerja yang Beracun bagi Kesehatan Mental

2 dari 3 halaman

Cara Mencoba Menerima Teguran dari Orang Lain

Menerima teguran dari orang lain bisa mencerminkan bahwa Anda adalah orang yang mau berkembang dengan mau menerima masukkan dari orang lain. Terlihat sebagai pribadi yang positif, kan? 

Tidak dimungkiri, bahwa ini merupakan nilai plus jika mau menerima teguran dengan baik. Sedangkan jika menepis kritikan begitu saja, yang ada orang lain lebih malas lagi bekerja sama atau berinteraksi dengan Anda. Anda juga bisa dilabeli sebagai orang yang anti kritik, lho. 

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat menerima masukan dari orang lain saat ditegur.

  1. Berusaha Tenangkan Diri Anda

Saat seseorang menegur Anda sebaiknya jangan langsung emosi. Tipsnya, tarik napas yang dalam terlebih dahulu, lalu hembuskan secara perlahan. 

Lakukan hal ini berulang sampai Anda merasa tenang untuk mencoba mendengarkan orang yang menegur Anda dengan hati dan pikiran yang tenang. 

Artikel Lainnya: Tips Mengatasi Rekan Kerja yang Menyebalkan di Kantor

  1. Selalu Berpikir Positif dan Berterima Kasih

Kadang, beberapa orang tidak dapat mengemas saran baik lewat ucapan yang bijak. Tak jarang, kritikan membangun yang terlontar dari mulutnya terdengar seperti omelan. 

Maka itu, Anda wajib mencerna dan berpikir positif dulu saat mendapat teguran. Jika merasa teguran yang disampaikan ke Anda kurang tepat atau tidak benar, barulah Anda bisa menyangkal dengan kalimat baik-baik. 

Tidak lupa, tumbuhkan rasa terima kasih saat seseorang menegur diri Anda. Dari kritikan tersebut Anda bisa mengukur diri dari sesuatu yang mungkin tidak Anda sadari. 

  1. Bersyukur dari Setiap Ucapan Orang Lain untuk Anda

Rasa syukur perlu Anda tumbuhkan saat seseorang memberikan teguran, hal ini menandakan ada orang lain yang peduli terhadap Anda. Alih- alih berpikiran negatif, lebih baik menyingkirkan pikiran tersebut.

Tunjukkan kepada orang yang memberikan teguran bahwa Anda tidak seperti yang ia keluhkan. Bangun kualitas diri Anda yang sebenarnya lewat kritikan tersebut. 

Kini tahu, kan, alasan kenapa ada orang yang menyebalkan saat ditegur? Alasan di atas juga bisa menjadi cara bagi penegur untuk bisa berkomunikasi dengan baik menyampaikan teguran dengan tepat, setidaknya jangan sampai bikin sakit hati orang. Untuk tahu tips berpikir positif lainnya, jangan ragu konsultasikan dengan psikolog lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar