Sukses

Kebaikan Minyak Ikan untuk Tumbuh Kembang Anak

Minyak ikan sering dijadikan suplemen tambahan untuk anak. Apa saja manfaat minyak ikan untuk anak?

Minyak ikan atau fish oil adalah minyak yang diekstraksi dari jaringan ikan. Omega-3 yang berasal dari minyak ikan memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dengan omega-3 dari sumber tumbuhan. Dan, konsumsi minyak ikan telah lama diketahui berkhasiat baik untuk anak.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk mengonsumsi 1 hingga 2 porsi ikan setiap minggunya. Hal ini karena omega-3 dalam ikan memberikan banyak manfaat untuk anak. 

Namun, bila tidak dapat mengonsumsi 1 hingga 2 porsi ikan per minggu, suplemen minyak ikan dapat membantu memenuhi kebutuhan omega-3.

Berikut ini adalah manfaat minyak ikan untuk anak yang perlu Anda tahu:

1 dari 6 halaman

1. Memperbaiki Gejala ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah gangguan mental yang ditandai dengan gejala hiperaktivitas, impulsif, dan kesulitan untuk fokus. Banyak penelitian yang menunjukkan omega-3 dapat membantu mengurangi gejala ADHD.

Sebuah pembahasan dari 16 penelitian menunjukkan kandungan omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan dapat mengatasi anak hiperaktif, serta meningkatkan memori, perhatian, dan pembelajaran (yang semuanya sering dipengaruhi oleh ADHD).

2. Meringankan Gejala Asma

Vitamin minyak ikan juga bermanfaat untuk anak dengan asma. Disebutkan bahwa omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan dapat membantu meringankan gejala asma.

Asma adalah kondisi kronis yang menyebabkan gejala-gejala seperti nyeri dada, kesulitan bernapas, batuk, dan mengi.

Sebuah penelitian dilakukan pada 29 orang anak yang mengonsumsi kapsul minyak ikan berisi 120 mg kombinasi DHA dan EPA setiap harinya. Hasilnya, anak-anak tersebut mengalami penurunan gejala asma.

Artikel Lainnya: Ikan Kembung, Sumber Omega-3 yang Tak Kalah dari Salmon

2 dari 6 halaman

3. Menurunkan Gangguan Tidur

Ternyata, minyak ikan bermanfaat untuk menurunkan gangguan tidur pada anak-anak. Perlu diketahui bahwa gangguan tidur sering menyerang 4 persen dari anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun.

Sebuah penelitian yang melibatkan 395 anak dengan kadar omega-3 dalam darah yang rendah menunjukkan, mereka memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah tidur.

Tak hanya itu, memberikan 600 mg DHA lebih dari 16 minggu dapat menurunkan gangguan tidur dan menambah waktu tidur 1 jam setiap malamnya.

4. Meningkatkan Fungsi Otak dan Mood Anak

Asam lemak omega-3 bisa membantu meningkatkan fungsi otak dan mood pada anak-anak, khususnya pembelajaran, memori, dan perkembangan otak.

Sebuah penelitian selama 6 bulan pada 183 anak yang mengonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 menemukan, mereka mengalami perbaikan kemampuan belajar verbal, dan memori.

3 dari 6 halaman

5. Mengurangi Peradangan

Minyak ikan diketahui mengandung bahan antiradang yang dapat menurunkan senyawa sitokin. Sitokin adalah senyawa peradangan pada orang-orang yang sedang stres atau mengalami obesitas.

Selain itu, fungsi minyak ikan untuk anak adalah dapat mengurangi nyeri sendi dan gejala radang sendi.

Artikel Lainnya: Minum Minyak Ikan Berlebihan Ternyata Punya Efek Samping Negatif

6. Memelihara Kesehatan Mata

Manfaat minyak ikan yang satu ini tentunya sangat penting untuk anak.

Kandungan DHA dalam minyak ikan sangat efektif untuk membantu meningkatkan penglihatan anak.  Terlebih, minyak ikan kaya akan vitamin A, yang dikenal baik bagi kesehatan mata.

4 dari 6 halaman

7. Memperkuat Tulang

Minyak ikan kaya akan vitamin D, dan tentu saja ini tepat untuk memperkuat tulang anak.

Kandungan omega-3 dalam minyak ikan juga dapat membantu menjaga kepadatan tulang anak.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Eksim adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami anak dalam masa tumbuh kembangnya.

Untuk mencegah dan mengatasi eksim pada anak, Anda bisa memberikan anak minyak ikan secara rutin.

 

5 dari 6 halaman

9. Menurunkan Risiko Depresi

Konsumsi minyak ikan juga bermanfaat untuk kesehatan mental anak. Perlu diketahui, saat anak mengalami depresi, aliran darah ke otak menjadi berkurang.

Minyak ikan dapat menurukan risiko depresi pada anak dengan meningkatkan aliran darah ke otak.

10. Menurunkan Risiko Alergi pada Anak

Minyak ikan yang mengandung omega-3 dapat menurunkan risiko alergi pada anak. Minyak ikan dapat Anda berikan sejak anak mulai MPASI apabila ada riwayat alergi pada keluarga.

Ada banyak sekali, bukan, manfaat minyak ikan untuk anak? Kandungan omega-3 dalam minyak ikan sangat penting untuk tumbuh kembang buah hati Anda. Omega-3 dapat menjaga kesehatan otak, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi gejala-gejala ADHD dan asma, dan lainnya.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait manfaat minyak ikan, gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi Klikdokter untuk berkonsultasi dengan dokter kami.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar