Sukses

Mencegah Stroke dengan Minum Teh Hijau, Apakah Efektif?

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin dan teratur. Namun, apakah mencegah stroke termasuk salah satu manfaat yang dimaksud?

Apakah Anda penggemar teh hijau? Jika ya, beruntunglah. Teh hijau adalah salah satu minuman sehat yang bisa memberikan beragam manfaat untuk tubuh. Bahkan, ada juga yang bilang bahwa teh hijau adalah makanan pencegah stroke.

Anggapan tersebut muncul karena teh hijau mengandung senyawa yang dapat meningkatkan fungsi otak, pembakaran lemak, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan pembuluh darah serta jantung.

Mengenal Kandungan dalam Teh Hijau

Teh hijau adalah sumber antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang kuat. Minuman dengan rasa pahit yang khas ini juga punya kandungan catechin dan asam galat yang sangat baik untuk tubuh.

Berkat adanya kombinasi senyawa-senyawa tersebut, teh hijau dapat secara optimal meningkatkan kapasitas antioksidan darah yang melindungi partikel kolesterol jahat (LDL) dari oksidasi.

Tidak berhenti di situ, teh hijau juga mengandung senyawa polifenol. Ini adalah bahan kimia organik dari tanaman, yang menurut para ahli memiliki manfaat untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Artikel Lainnya: 4 Manfaat Mengonsumsi Teh Hijau

Polifenol juga disebutkan dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan memperluas alirannya, sekaligus menurunkan risiko adanya penyempitan pembuluh darah.

Polifenol pun dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL), yang merupakan senyawa dengan fungsi utama melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Jumlah HDL yang tinggi dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit pembuluh darah.

Lantas, apakah itu berarti bahwa teh hijau termasuk sebagai salah satu makanan pencegah stroke?

Artikel Lainnya: Inilah Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Teh Hijau

1 dari 2 halaman

Bisakah Teh Hijau Mencegah Stroke?

Penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi teh hijau secara rutin dan teratur memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30–60% lebih rendah.

Senada dengan itu, penelitian pada European Journal of Preventive Cardiology mengatakan bahwa minum teh hijau sebanyak tiga kali atau lebih dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan jantung dan bikin umur lebih panjang.

Temuan-temuan tersebut didukung oleh penelitian lain dari Akademi Ilmu Kedokteran Tiongkok di Beijing, yang menggunakan 100.902 partisipan tanpa riwayat serangan jantung, stroke, atau kanker.

Dari studi tersebut, peneliti menarik kesimpulan bahwa mereka yang rutin minum teh hijau cenderung tetap sehat untuk jangka waktu yang lebih lama.

Dari penelitian ini, sekitar 20 persen partisipan juga ditemukan memiliki risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah.

Mereka yang mempertahankan kebiasaan minum teh dalam studi tersebut terlihat manfaat yang lebih nyata, termasuk risiko 56 persen lebih rendah untuk terjangkit penyakit jantung dan stroke yang fatal.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa minum teh hijau secara rutin dan teratur dapat membantu menyehatkan pembuluh darah dan mencegah stroke di kemudian hari.

Sekarang Anda sudah tahu bahwa teh hijau termasuk sebagai makanan pencegah stroke. Karenanya, tak perlu sungkan untuk menjadikan teh ini sebagai konsumsi sehari-hari.

Namun, Anda harus tetap ingat untuk membatasi porsi saat mengonsumsinya agar tidak berlebihan. Jangan lupa juga untuk menyandingkan konsumsi teh hijau dengan penerapan gaya hidup aktif dan sehat, agar manfaat sehatnya bisa berkali-kali lipat.

Punya pertanyaan seputar teh hijau? Atau, ingin tahu cara mencegah stroke lainnya? Tak perlu sungkan untuk bertanya langsung pada dokter dari KlikDokter melalui fitur LiveChat. Klik di sini, ya!

(NB/AYU)

1 Komentar