HomeGaya hidupDiet dan NutrisiApa Bahayanya Jika Minum Teh Hijau Secara Berlebihan?
Diet dan Nutrisi

Apa Bahayanya Jika Minum Teh Hijau Secara Berlebihan?

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 27 Sep 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Teh hijau memang memiliki manfaat, tetapi jika berlebihan bisa berbahaya! Apa saja efek samping teh hijau? Simak bahaya teh hijau di sini.

Apa Bahayanya Jika Minum Teh Hijau Secara Berlebihan?

Selama beratus-ratus tahun, teh hijau sudah dikenal memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Di antaranya, dapat mengurangi risiko kanker, mencegah gigi berlubang dan bau mulut, membantu menurunkan berat badan, serta banyak manfaat lainnya.

Teh hijau dibuat dari ekstrak daun teh Camellia sinensi. Jenis teh ini sudah diproses dan banyak mengandung antioksidan serta polifenol, yang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh.

Namun, prinsip “segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan akan berdampak buruk terhadap kesehatan” adalah benar. Begitu juga dengan konsumsi teh hijau.

Bagaimana jika kita mengonsumsi teh hijau secara berlebihan? Apakah saja efek samping teh hijau berlebihan bagi kesehatan?

1. Sakit Kepala

Kandungan kafein dalam teh hijau dapat menyebabkan berbagai gangguan pada fungsi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Salah satu keluhan yang dapat muncul akibat terlalu banyak minum teh hijau adalah sakit kepala akibat asupan kafein yang terlalu tinggi.

Artikel Lainnya: Kiat Dapatkan Manfaat Sehat Minum Teh Hijau

2. Gangguan Tidur

Salah satu efek kafein yang sering dimanfaatkan adalah potensinya untuk menghilangkan kantuk. 

Jika dikonsumsi terlalu banyak, tentu dapat menyebabkan siklus tidur menjadi terganggu.

Itu sebabnya, salah satu bahaya teh hijau saat diminum terlalu banyak adalah kesulitan tidur. Anda justru bisa mengantuk di jam-jam produktif.

3. Mual dan Muntah

Kandungan kafein dalam teh hijau juga menjadikannya cenderung asam bagi saluran cerna. Jika diminum terlalu sering atau jumlahnya terlalu banyak, efek asam dari kafein dalam teh hijau ini bisa picu mag.

Bagi sebagian orang, kondisi tersebut bisa menyebabkan mual bahkan muntah.

4. Diare

Tak hanya mual dan muntah, orang yang sensitif pada kafein juga dapat mengalami diare usai minum teh hijau terlalu banyak! Jadi, bijaklah dalam minum teh hijau, ya!

5. Gangguan Ritme Jantung

Beberapa studi skala kecil menemukan terdapat risiko teh hijau menyebabkan gangguan ritme jantung. 

Efek samping teh hijau ini memang jarang terjadi dan masih butuh banyak studi untuk menegakkan hubungan sebab-akibat ininya. 

Namun, ada baiknya hindari minum teh hijau terlalu banyak, apalagi jika Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung.

6. Gangguan Hati

Penumpukan kafein dalam tubuh akibat terlalu banyak minum teh hijau dapat mengganggu bahkan menyebabkan kerusakan fungsi hati.

Untuk menghindari efek samping teh hijau ini, sebaiknya batasi konsumsi tak lebih dari 4-5 cangkir dalam sehari.

7. Gangguan Penyerapan Zat Besi

Siapa sangka, ternyata kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau justru dapat mengganggu proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

Artinya, konsumsi teh terlalu banyak, tak terkecuali teh hijau, dapat meningkatkan risiko anemia defisiensi zat besi.

Artikel Lainnya: Zat EGCG dari Teh Hijau Bisa Mengurangi Keparahan COVID-19, Benarkah?

8. Mengganggu Fungsi Reproduksi

Sebuah studi menunjukkan, apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak, teh hijau dapat memiliki efek berbahaya bagi tubuh. 

Disebutkan bahwa konsumsi teh hijau secara berlebihan akan merusak fungsi dan perkembangan organ reproduksi.

Walaupun penelitian tersebut dilakukan pada binatang, hal ini tetap harus diwaspadai dan tidak boleh dianggap remeh pada manusia.

Studi sebelumnya menyebutkan bahwa teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan melindungi dari berbagai macam penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer.

Namun, studi pada binatang menunjukkan, apabila dikonsumsi dalam jumlah yang besar, teh hijau bisa menyebabkan penurunan berat badan secara cepat dan memengaruhi perkembangan embrio.

Demikianlah efek samping minum teh hijau setiap hari. Karena itu, konsumsilah teh hijau pada jumlah yang wajar. Bila muncul gangguan kesehatan usai mengonsumsi minuman yang satu ini, segeralah batasi. Berkonsultasilah kepada dokter.

Dapatkan informasi lainnya seputar kesehatan, nutrisi, dan gaya hidup dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

Teh hijau

Konsultasi Dokter Terkait