Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Waspada Coronavirus, Ini Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Bumil

Waspada Coronavirus, Ini Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Bumil

Cukup jarang yang menginformasikan soal efek virus corona pada ibu hamil. Jika benar terinfeksi virus corona, bisakah bumil sampai alami keguguran?

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mulai mengkhawatirkan penyebaran virus corona ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lemah. Dikhawatirkan, wabah tersebut bisa menyebar tanpa terkendali dan menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil di negara tersebut. Bila virus corona sampai menyerang ibu hamil, apakah risiko keguguran bisa menimpanya?

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Penggunaan masker dan spray anti-virus memang dinilai cukup efektif dalam mencegah penularan virus corona. Namun, usaha tersebut tidak akan maksimal bila ibu hamil tidak meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Adapun sejumlah langkah yang bisa dilakukan demi membuat tubuh lebih kuat terhadap penyakit, yaitu:

  • Cukupilah kebutuhan istirahat. Sebisa mungkin tak usah begadang. Udara dingin di malam hari bisa membuat daya tahan tubuh melemah.
  • Lakukanlah olahraga ringan seperti yoga, agar tubuh lebih fit. Jika lelah, maka jangan paksakan diri, segeralah beristirahat.

Artikel Lainnya: Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

  • Konsumsi makanan yang memang baik untuk imunitas tubuh. Dokter Nitish Basant Adnani, BMedSc MSc dari KlikDokter mengatakan, buah sitrus (jeruk, lemon, kiwi), brokoli, jahe, bayam, yoghurt, dan teh hijau kaya akan antioksidan sehingga bisa menangkal infeksi.
  • Bumil juga bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan (konsultasikan dulu dengan dokter untuk dosis dan efek sampingnya). Sebab, minyak ikan dapat meningkatkan energi, mencegah bayi lahir prematur, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh ibu.

Sebaiknya, ibu hamil memilih minyak ikan yang terbuat dari tubuh ikan, bukan hati ikan dan minyak ikan kod. Minyak ikan kod mengandung retinol (vitamin A) yang terlalu tinggi sehingga dapat membahayakan janin.

  • Hindari kerumunan dan sebisa mungkin tidak berkontak dengan orang yang sedang sakit, khususnya jenis menular. Hindari juga hewan liar dan bila memang sempat menyentuh, jangan lupa segera cuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer.
  • Jika dokter memberikan suplemen, maka jangan lupa mengonsumsinya secara rutin. Sedangkan, bila tertarik untuk mendapatkan suntik vitamin C, konsultasikan dulu pada dokter karena dosis ibu hamil biasanya berbeda.
  • Karena virus corona sangat membahayakan ibu dan janin, jangan lupa untuk selalu kontrol ke dokter kandungan. Terlebih lagi jika Anda mengalami gejala gangguan pernapasan, supaya segera dapat penanganan yang tepat, segeralah konsultasi dengan dokter.

Artikel Lainnya: Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

1 dari 2 halaman

Pentingnya Mencegah untuk Memerangi Virus Corona Bagi Ibu Hamil

Virus flu yang mudah menular saja cukup membuat bumil repot dan khawatir kan? Sebab, tak boleh sembarangan minum obat. Begitu juga virus corona, penyebaran yang sangat mudah yakni antar-manusia tentu sangat mengkhawatirkan bumil.

Sejak pagi tadi WHO sudah menyatakan darurat virus corona, jadi bumil tetap harus waspada⁠— meski hingga saat ini status Indonesia negatif dari n-CoV. Sehingga, sebaiknya tetap di rumah jika bumil kondisinya sedang lemah untuk mengurangi risiko tertular penyakit lain yang tak diinginkan.

Langkah tersebut patut dilakukan karena menurunnya imun pada ibu hamil membuatnya rentan terinfeksi virus. Menurut dr. Rio dari KlikDokter, apabila seseorang terpapar dengan jumlah virus yang cukup banyak dengan kondisi kekebalan tubuh yang lemah, infeksi virus corona bisa terjadi. Namun dengan catatan,  jika bumil sempat atau tak menyadari berada di dekat orang yang terjangkit virus corona.

Jadi, sudah sebaiknya bumil melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan, dan menjaga daya tahan tubuh dengan cara yang telah dijelaskan di atas.

Itulah mengapa ibu hamil lebih baik mengurangi aktivitas di luar ruangan yang ramai orang, ini demi menjaga kesehatan bumil dan janin. Perlu diketahui bahwa virus corona dapat menyebabkan keguguran, kematian janin dan ancaman kelahiran prematur.

Namun jika memang sedang atau harus berada di kawasan yang dipenuhi banyak orang, bumil wajib pakai masker dan membawa hand sanitizer. Kedua cara ini akan lebih efektif jika segera mencuci tangan ketika dari luar ruangan, ya.

Kini sudah paham kan mengapa pencegahan harus dilakukan?Jadi, bumil penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bila punya pertanyaan seputar kehamilan dan virus corona, konsultasikan pada dokter kami melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter dan situs www.klikdokter.com

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar