HomePsikologiRelationship10 Manfaat Berpelukan, Bagus untuk Fisik dan Mental
Relationship

10 Manfaat Berpelukan, Bagus untuk Fisik dan Mental

Firisa Ardianti, 08 Feb 2023

Ditinjau Oleh dr. Nabila Viera Yovita

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ternyata, ada dampak positif yang bisa kamu rasakan ketika dipeluk. Mari ketahui apa saja manfaat berpelukan bagi kesehatan di sini!

10 Manfaat Berpelukan, Bagus untuk Fisik dan Mental

Sudahkah kamu memeluk teman atau orang tersayang hari ini? Tahukah kamu, manfaat berpelukan ternyata juga cukup besar bagi kesehatan fisik, lho.

Menurut dr. Nabila Viera Yovita, berpelukan memang dapat dinyatakan sebagai kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan. 

Mau tahu apa saja manfaat berpelukan bagi kesehatan? Simak daftar berikut:

1. Menurunkan Stres

Memberikan dukungan kepada seseorang lewat sentuhan, misalnya berpelukan, bisa menurunkan stres. Manfaat berpelukan ini bisa dirasakan oleh orang yang memeluk dan dipeluk.

"Untuk sebagian besar orang, sentuhan fisik seperti pelukan yang tulus dapat menjadi penghalau stres yang baik," kata dr. Nabila.

Kalau misalnya pasangan lagi sedih atau cemas, mungkin kamu bisa memeluknya. Manfaat berpelukan dengan pasangan bisa bikin si dia lebih nyaman.

2. Tidak Mudah Sakit

Saat stres atau terkena masalah, seseorang bisa semakin mudah terkena penyakit. Hal ini disebabkan tekanan akibat masalah yang datang dapat membuat kondisi fisik melemah.

Tekanan lembut dari berpelukan dinilai dapat menstimulasi kelenjar thymus, yang akan mengatur dan menyeimbangkan produksi sel darah putih. Nah, sel darah putih penting untuk melindungi kita dari penyakit.

3. Tidur Lebih Nyenyak

Menurut National Sleep Foundation (NSF), berpelukan sebelum tidur selama sepuluh menit dapat membantu tidur lebih nyenyak. Lalu, berpelukan atau sentuhan di siang hari walau cuma sebentar juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

4. Hormon Bahagia Mengalir ke Seluruh Tubuh

Ada efek biokimia dari sentuhan, yang meliputi peningkatan serotonin (antidepresan dan antinyeri neurotransmitter alami tubuh) dan bertambahnya oksitosin (hormon cinta).

Menurut sebuah studi dalam jurnal Psychological Science, tingkat oksitosin yang lebih tinggi dikaitkan dengan persepsi yang lebih besar tentang respons dan rasa terima kasih pasangan, serta cinta yang lebih besar.

5. Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat berpelukan dapat membuat mood atau suasana hati semakin baik. Namun, ini hanya berlaku bila kamu memang dipeluk oleh orang yang dikenal atau disayangi, ya.

Bagi orang-orang yang terlibat pertengkaran, pelukan juga dapat membantu meredakan ketegangan atau setidaknya memperbaiki suasana hati.

6. Kehidupan Seks Lebih Baik

Manfaat berpelukan dengan pasangan juga bisa terasa setelah berhubungan seks. Dalam sebuah studi pada jurnal Archives of Sexual Behavior, waktu pelukan yang lebih lama setelah berhubungan seksual meningkatkan kepuasan aktivitas seks itu sendiri. 

Efek tersebut berlaku untuk pria dan wanita, tetapi sangat kuat bagi wanita. 

7. Dukung Kesehatan Jantung

Manfaat berpelukan bagi kesehatan berpotensi bisa sampai ke jantung! Hal ini diteliti dan dipublikasikan jurnal Behavioral Medicine (Washington, D.C.)

Partisipan yang berpegangan tangan dengan pasangannya 10 menit lalu 20 detik berpelukan mengalami penurunan detak jantung berlebihan.

8. Mengurangi Rasa Takut

Sentuhan atau berpelukan dapat bantu mengurangi kecemasan dan rasa terisolasi pada orang yang merasa harga dirinya rendah. Kalau kamu punya teman dekat atau anggota keluarga seperti ini, tak ada salahnya untuk menawarkan pelukan hangat.

9. Mengurangi Nyeri Otot

Beberapa bentuk sentuhan berpotensi mampu mengurangi rasa sakit pada tubuh. Penelitian dalam jurnal Holistic Nursing Practice mengkaji penderita fibromyalgia (penyakit dengan gejala nyeri di sekujur tubuh) yang menerima treatment sentuhan.

Masing-masing treatment mencakup sentuhan ringan di kulit. Hasilnya, partisipan mengaku nyeri yang dirasakan berkurang.

10. Bantu Turunkan Tekanan Darah

Ketika kamu memeluk, menyentuh, atau berdekatan dengan orang yang kamu sayang, tubuhmu akan mengeluarkan hormon oksitosin. 

Hormon oksitosin dapat membantumu merasa relaks dan menurunkan kecemasan. Hal ini pada akhirnya membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Artikel Lainnya: Manfaat Cuddling atau Pelukan Manja bagi Pria

Menakjubkan, ya, manfaat berpelukan bagi kesehatan fisik dan mental! Kini, jangan ragu untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepada orang terdekat dengan cara berpelukan, ya.

Download aplikasi KlikDokter, temukan banyak info kesehatan menarik dan konsultasi dokter lebih cepat lewat Tanya Dokter.

PelukanRelationship

Konsultasi Dokter Terkait