Sukses

Manfaat Menyehatkan dari Berpelukan

Ternyata, ada dampak positif yang bisa Anda rasakan ketika dipeluk. Mari ketahui apa saja manfaatnya bagi tubuh dari bentuk kasih sayang yang satu ini.

Siapa yang suka dipeluk? Rasanya semua orang menyukainya, kan. Entah dipeluk oleh pasangan, orang tua, atau teman. Nyatanya, pelukan punya dampak positif yang luar biasa. Mari ketahui manfaat dipeluk bagi kesehatan tubuh.

Aktivitas berpelukan mungkin bagi sebagian orang bukan hal yang mudah dilakukan. Ini mungkin berkaitan dengan faktor kebiasaan saja. Begitu juga dengan kebiasaan cium pipi kiri dan kanan. Tak semua terbiasa melakukannya.

Namun, menurut dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, nyatanya berpelukan secara medis dinyatakan sebagai kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan seseorang, lho.

Ini Alasan Mengapa Pelukan Baik untuk Kesehatan

Jadi, sekarang jangan menyepelekan aktivitas berpelukan yang biasa dilakukan dengan sahabat atau orang terkasih. Berikut dampak positif yang bisa didapat dari pelukan.

  1. Memperbaiki Sistem Saraf

Menurut Tiffany Field, PhD, direktur Touch Research Institute di departemen pediatri University of Miami School of Medicine, Amerika Serikat, pada dasarnya, tekanan di sekitar lengan (atau bahkan belaian tangan) memberi sinyal kepada otak untuk menurunkan tingkat stres.

  1. Mengurangi Risiko Pilek

Saat stres atau terkena masalah, biasanya orang menjadi semakin mudah terkena penyakit, terutama pilek. Hal ini disebabkan tekanan akibat masalah yang datang dapat membuat kondisi fisik melemah.

"Untuk sebagian besar orang, sentuhan fisik seperti pelukan yang tulus dapat menjadi penghalau stres yang baik," kata dr. Nabila.

Artikel Lainnya: Pelukan Jadi Obat bagi Penderita Gangguan Bipolar

Bukti dari ide ini disajikan pada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science. Para peneliti menemukan hubungan antara berpelukan, dukungan sosial, serta kemungkinan untuk terkena penyakit pada 404 sukarelawan.

Dalam penelitian tersebut, selama 14 hari partisipan dihubungi pada malam hari dan ditanyakan mengenai hubungan sosial yang dialaminya, dan apakah mereka telah mendapatkan pelukan atau belum di hari tersebut.

Didapatkan bahwa rata-rata 68% partisipan mendapat pelukan dari orang-orang terdekatnya. Terbukti bahwa individu yang mendapat pelukan merasa menerima dukungan sosial yang lebih dibandingkan mereka yang tidak.

  1. Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Menurut penelitian oleh National Sleep Foundation (NSF), berpelukan sebelum tidur selama 10 menit dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak.

Lalu, berpelukan atau sentuhan di siang hari walau cuma sebentar juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

  1. Hormon Bahagia Mengalir ke Seluruh Tubuh

“Terdapat efek biokimia dari sentuhan, yang meliputi peningkatan serotonin (antidepresan dan anti-nyeri neurotransmitter alami tubuh) dan bertambahnya oksitosin (hormon cinta),” kata Field.

Menurut sebuah studi pada 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science, tingkat oksitosin yang lebih tinggi dikaitkan dengan persepsi yang lebih besar tentang respons dan rasa terima kasih pasangan, serta cinta yang lebih besar.

Artikel Lainnya: Mengapa Sebagian Orang Tak Suka Pelukan?

Oksitosin, yang dikenal penting dalam ikatan antara ibu dan anak, juga dapat berperan dalam ikatan manusia dewasa. Selain itu, bagi orang-orang yang terlibat pertengkaran, pelukan dapat membantu meredakan ketegangan atau setidaknya memperbaiki suasana hati.

Dalam sebuah studi tahun 2018 pada lebih dari 400 orang dewasa yang diterbitkan dalam PLoS One, orang-orang lebih cenderung merasa tertekan pada hari-hari ketika mereka mengalami konflik.

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Pelukan dapat membuat mood atau suasana hati semakin baik. Tapi ini hanya berlaku bila Anda memang dipeluk oleh orang yang dikenal atau disayangi.

"Tubuh manusia diprogram untuk menyukai sentuhan, tapi tidak menikmati disentuh oleh orang yang tidak disukai atau ditakuti," kata Aline Zoldbrod, PhD, seorang psikolog berlisensi dan terapis seks di Boston, serta penulis SexSmart: How Your Childhood Shaped Your Sexual Life and What to Do About It.

  1. Memiliki Kehidupan Seks yang Lebih Baik

Bukan hanya saat berhubungan seks yang membuat Anda merasa terhubung dengan pasangan, tapi pelukan juga membantu.

Dalam sebuah studi pada 2014 yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior, waktu pelukan yang lebih lama setelah berhubungan seksual meningkatkan kepuasan aktivitas seks itu sendiri. Efek ini berlaku untuk pria dan wanita, tetapi sangat kuat bagi wanita.

Jadi, Anda sekarang sudah tahu manfaat dipeluk atau pelukan dengan orang yang disayangi. Sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mental, bukan? Kini, jangan ragu untuk menunjukkan rasa kasih sayang pada orang terdekat dengan cara berpelukan.

Ingin tahu info menarik lainnya seputar kesehatan? Yuk download aplikasi KlikDokter, bisa Live Chat juga dengan dokter kalau ingin konsultasi!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar