Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sering Nonton Acara Memasak Bareng Anak? Ternyata, Ada Manfaat Sehatnya!

Sering Nonton Acara Memasak Bareng Anak? Ternyata, Ada Manfaat Sehatnya!

Tak harus kartun melulu, sering nonton acara memasak juga ada manfaatnya, lho, terlebih buat anak! Lantas, apa sajakah manfaat menonton acara memasak?

Acara kompetisi memasak yang ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta, MasterChef Indonesia, berhasil menyita perhatian masyarakat. Kabar baiknya penelitian menyebutkan kalau menyaksikan acara tersebut bisa menumbuhkan hal positif pada diri anak!

Penasaran apa manfaat nonton acara memasak bagi anak? Ini penjelasannya.

1 dari 3 halaman

Manfaat Menonton Acara Memasak

Sebuah temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition Education and Behavior menunjukkan, acara memasak, khususnya yang mempromosikan makanan sehat, bisa membuat anak-anak, remaja, dan orang dewasa muda hampir tiga kali lipat tertarik pada makanan sehat.

Mereka pada awalnya menganalisis data dari 125 anak berusia 10-12 tahun di lima sekolah di Belanda. Peneliti meminta masing-masing anak untuk menonton acara memasak yang tayang di televisi selama 10 menit. Nah, setelah menyaksikan program tersebut, para peserta ditawari camilan sebagai hadiah.

Hasilnya, anak-anak yang menonton acara memasak di televisi secara rutin memperlihatkan minat lebih pada makanan ringan yang sehat seperti buah-buahan, ketimbang keripik atau camilan manis.

Peneliti berpendapat, menonton acara memasak mampu mengarahkan anak untuk memilih makanan yang lebih sehat, termasuk soal porsinya.

Dengan demikian, acara memasak sebenarnya dapat menjadi alat promosi untuk mengubah kebiasaan negatif menjadi positif terkait pola makan anak.

Penulis utama dalam penelitian tersebut, Frans Folkvord menuturkan, program memasak memberikan pengetahuan tambahan tentang bagaimana cara menyiapkan buah, sayur, dan makanan sehat nan lezat lainnya. Dengan menonton, anak pun dapat meningkatkan kemampuan memasaknya, sehingga ia tahu mengolah makanan hingga besar nanti.

Artikel lainnya: 9 Ide Seru Liburan Tahun Baru dengan Keluarga di Rumah

2 dari 3 halaman

Habis Nonton Langsung Praktik Memasak? Ya, Makin Baik!

Tak bisa dimungkiri bahwa setelah menyaksikan acara memasak, timbul keinginan untuk memasak sungguhan. Apalagi kalau di kulkas dan dapur, bahan-bahan yang diperlukan ada semua.

Kalau ingin seperti itu, lakukan saja! Pasalnya, masak bareng anak memiliki sederet manfaat, misalnya:

  • Membangun Kepercayaan Diri

Dengan melibatkan anak dalam proses memasak, berarti Anda menunjukkan sebuah kerjasama di dalam tim. Tunjukkanlah bahwa usaha yang dilakukan bersama bisa membuahkan hasil terbaik. Setelah memasak, jangan lupa beri pujian sebagai bentuk penghargaan.

  • Meningkatkan Imajinasi

Ajari anak berani untuk membayangkan dan menuangkan imajinasinya ke dalam sebuah masakan. Mulai dari menambahkan bahan-bahan, menggunakan metode di luar resep, hingga berkreasi dalam menghias makanan.

Walau hasilnya bisa jadi jauh dari kata enak dan indah, yang terpenting si Kecil sudah berani menggunakan imajinasinya dalam menciptakan sesuatu. Ingat, pengalaman adalah guru yang terbaik untuk anak.

Artikel lainnya: Anak Ingin Main Hujan? Ini Tips agar Tetap Aman

  • Memberi Pengalaman Sensorik

Dengan memasak, anak jadi punya kesempatan untuk menggunakan semua indranya.

Mulai dari penglihatan (membaca resep), pendengaran (mendengar suara makanan yang diolah), penciuman (mencium aroma makanan yang dimasak), peraba (memotong, mengaduk, atau menguleni), hingga perasa (mencicipi hasilnya).

  • Mengasah Keterampilan Berhitung dan Sains

Ajaklah anak untuk memasak bersama. Kegiatan yang satu ini bisa meningkatkan kemampuan anak dalam mengamati, mengukur, menghitung, dan memprediksi sesuatu.

Ketiga hal tersebut sangat penting dalam ilmu pasti seperti matematika dan sains, bukan? Bila dilatih dari sekarang dengan kegiatan kreatif seperti memasak, bukan tak mungkin bila anak akan berhasil menciptakan sebuah inovasi teknologi di kemudian hari.

  • Meningkatkan Bonding antara Anak dan Orang Tua

Dari KlikDokter, dr. Atika mengatakan, beraktivitas bersama dapat meningkatkan bonding antara anak dan orang tua.

Bonding yang kuat dapat meyakinkan sang anak untuk selalu merasa aman dan tenang, karena memiliki seseorang yang akan selalu memenuhi segala kebutuhannya terutama dalam hal emosional,” tuturnya.

Tak hanya itu, bonding yang baik dengan anak akan membuat tubuh orang tua menghasilkan lebih banyak endorfin (hormon kebahagiaan). Dengan demikian, rasa lelah dan stres bisa segera reda. Anda pun bisa menjadi lebih berenergi dan termotivasi untuk menjalani hari dengan lebih baik lagi.

Lumayan sekali kan manfaat nonton acara memasak sekaligus praktik masaknya? Untuk tips tambahan dalam membuat makanan sehat, Anda dapat bertanya kepada dokter kami melalui fitur Live Chat yang tersedia di aplikasi atau situs resmi KlikDokter.

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar