Sukses

6 Manfaat Sehat dari Olahraga saat Hamil

Seringkali, bumil ragu untuk berolahraga karena takut kehamilannya terganggu. Padahal, manfaat olahraga untuk ibu hamil sangat baik bila dilakukan dengan tepat!

Sudah banyak yang tahu kan kalau manfaat olahraga berguna sekali untuk kesehatan tubuh secara umum, tidak terkecuali bagi ibu hamil. Bukan hanya untuk menjaga kebugaran fisik, melainkan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental.

Namun, pada saat seorang wanita dinyatakan hamil, ada banyak sekali pertanyaan yang terlintas terkait berolahraga saat hamil. Pada dasarnya, ibu hamil tetap dapat berolahraga kok! Namun, tentu saja dengan memerhatikan rambu-rambu keamanan agar kesehatan kehamilan tetap dapat terjaga.

Bila sebelumnya bumil tidak aktif berolahraga, maka saat hamil ia perlu lebih waspada untuk memulai aktivitas fisik tersebut. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak ulasan berikut ini!

1 dari 3 halaman

Mengapa Ibu Hamil Perlu Berolahraga?

Jangan khawatir, Bunda! Asal dilakukan dengan tepat, Anda mendapat segala manfaat baik olahraga yang bagus untuk kesehatan tubuh dan kehamilan. Inilah sejumlah manfaat olahraga untuk ibu hamil:

  1. Tubuh Lebih Siap Menghadapi Persalinan

Hal ini menjadi salah satu alasan penting mengapa olahraga tetap perlu dilakukan saat hamil. Dengan berolahraga, tubuh dapat terbantu untuk lebih siap dalam menghadapi persalinan. Badan juga tetap fit pada saat mengurus bayi nanti.

Artikel lainnya: 6 Aktivitas Seru dan Sehat yang Bisa Ibu Hamil Lakukan

  1. Lebih Relaks saat Hamil

Olahraga untuk ibu hamil juga dapat membuat sang ibu merasa relaks dalam menghadapi kehamilan yang terkadang membuat cemas dan stres. Keluhan sulit tidur pun sering ditemui. Nah, gerakan olahraga dapat membantu ibu agar dapat tidur lebih nyenyak.

  1. Mood Lebih Baik

Ibu hamil kadang mudah merasa khawatir dan stress. Perubahan mood yang naik turun juga kerap terjadi. Olahraga dapat membantu ibu merasa lebih nyaman dan tenang, serta memiliki mood yang lebih baik.

  1. Mengurangi Keluhan Fisik

Pada ibu hamil, ada banyak keluhan yang muncul karena perubahan yang terjadi pada tubuh selama mengandung. Nyeri punggung, sulit BAB, kembung, dan kaki bengkak merupakan beberapa contoh yang sering dialami ibu hamil.

Untuk mengurangi beragam keluhan tersebut, berolahraga dengan rutin bisa jadi solusinya! Selain itu, rasa mudah lelah yang sering dirasakan juga dapat teratasi. Teratur berolahraga bagi ibu hamil dapat membantu tubuhnya jadi lebih berenergi.

  1. Mengendalikan Gula Darah

Berolahraga juga dapat membantu mengontrol kadar gula di dalam darah ibu hamil. Sehingga, dapat terhindar dari diabetes semasa kehamilan. Olahraga juga dapat menjadi terapi untuk ibu yang sudah mengalami diabetes dalam kehamilan.

  1. Postur Tubuh Lebih Baik

Manfaat lain yang bisa dirasakan dari olahraga saat hamil adalah dapat membantu memiliki postur yang lebih baik ketika hamil. Keluhan nyeri pada pinggang juga dapat berkurang.

Artikel lainnya: Mati Rasa dan Kesemutan Hal Biasa Saat Hamil?

Ibu hamil yang rutin olahraga pun bisa punya otot-otot yang kuat dan terlatih. Sang ibu akhirnya dapat lebih siap menghadapi persalinan! Tak hanya itu, bumil juga menjadi lebih bugar dan dapat menjadi lebih bertenaga saat melahirkan.

2 dari 3 halaman

Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil

Sebaiknya, ibu hamil melakukan jenis olahraga yang tidak membuatnya mudah terjatuh. Berikut beberapa contoh kegiatan yang direkomendasikan:

  1. Senam Kegel

Ini biasanya menjadi pilihan yang utama. Karena, gerakan-gerakan dalam senam ini bisa membantu ibu hamil memiliki otot-otot panggul yang kuat agar proses persalinan dapat berjalan lebih lancar. Tak hanya itu, senam kegel juga bisa mengurangi kondisi wasir pada bumil. 

  1. Berenang

Olahraga air ini dianggap paling aman dalam masa kehamilan. Sebab, aktivitas ini tidak memberikan beban yang berlebihan pada persendian ibu hamil. Renang juga tidak berisiko menyebabkan suhu tubuh menjadi terlalu panas.

  1. Yoga, Jalan Kaki, dan Aerobik

Ketiga jenis olahraga ini merupakan opsi lain yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Agar dapat melakukannya dengan lebih aman, ikuti arahan dari instruktur dan tetap berhati-hati dalam bergerak.

Ingat! Sebelum memulai sesi olahraga, Anda harus melakukan pemanasan dan pendinginan setelahnya. Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Jangan lupa, cukupi kebutuhan air dan asupan bergizi.

Berhentilah bila mulai terasa nyeri, muncul perdarahan, pusing, sesak, atau mual. Jika keluar lendir atau merasa gerakan janin berkurang, ibu hamil juga perlu menyudahi olahraga dan memeriksakan diri ke dokter.

Manfaat olahraga untuk ibu hamil sangat baik! Jadi jangan ragu untuk memulainya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, bumil harus konsultasi dulu dengan dokter sebelum memulai aktivitas olahraga. Mari tanya dengan dokter lebih mudah dan cepat lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter!

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar