Sukses

Cara Mengatasi Kondisi Polip Rahim dengan Operasi

Saat didiagnosis punya polip rahim, biasanya wanita dianjurkan untuk menjalani operasi. Apa saja yang harus diketahui tentang penyakit ini?

Anda ingin merencanakan kehamilan bersama pasangan? Setelah pemeriksaan pertama, ternyata Anda didiagnosis terkena polip rahim. Bahkan, disarankan untuk operasi. Amankah?

Polip rahim umumnya bisa diatasi dengan operasi. Karena jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini dapat menyebabkan wanita susah hamil. Kondisi polip atau benjolan biasanya terletak pada dinding rahim bagian (endometrium). 

Maka dari itu, tak jarang polip rahim juga disebut sebagai polip endometrium. Apa saja yang harus diketahui tentang penyakit yang hanya terjadi pada wanita ini?

Artikel Lainnya: Wanita dengan Polip Rahim Sulit Hamil, Benarkah?

1 dari 3 halaman

Sekilas Tentang Polip Rahim

Polip adalah benjolan yang terbuat dari pertumbuhan sel-sel abnormal di dinding rahim. 

Umumnya, polip ini bersifat jinak atau tidak menyebabkan kanker. Namun pada beberapa kasus, ada juga ditemukan polip rahim yang dapat berkembang menjadi kanker.

Wanita yang berisiko mengalami polip rahim adalah mereka yang memasuki usia menopause atau biasanya berusia 40 tahun ke atas. Meski demikian, polip bisa ditemukan pula pada wanita usia reproduktif, namun kasusnya sangat jarang.  Ukuran, jumlah dan lokasi polip dalam Rahim umumnya berbeda di setiap pasien. 

Polip Rahim pada umumnya tidak menimbulkan beberapa gejala. Namun, ada beberapa tanda tertentu yang bisa Anda amati sebagai gejala polip rahim. Misalnya, menstruasi tidak teratur, darah menstruasi yang keluar sangat banyak, perdarahan dari vagina, dan juga susah hamil.

Memang, polip rahim bukanlah penyakit yang serius atau menyebabkan kematian. Namun, keberadaannya bisa sangat mengganggu terutama jika menimbulkan gejala-gejala terlebih masalah kesuburan wanita.

Jika anda mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan di atas atau Anda merupakan pasangan menikah yang telah 1 tahun berusaha memiliki momongan, sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis kandungan. 

Artikel Lainnya: Benarkah Polip Rahim Bisa Memicu Kanker Rahim?

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Polip Rahim

Sering kali polip rahim tidak menimbulkan gejala apapun sehingga tidak terdiagnosis lebih awal. Namun untuk memastikan lebih jelas, umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan yang berupa USG transvaginal, histeroskopi, dan biopsi rahim.

Polip rahim dengan ukuran kecil dan jumlah sedikit umumnya tidak membutuhkan pengobatan apapun. Jika sampai mengganggu niat punya momongan Anda, maka itu harus segera diobati. Berikut langkah yang akan dilakukan dokter sebagai cara mengatasi polip rahim.

1. Operasi 

Operasi polip rahim dapat dilakukan apabila ukuran benjolan bertambah besar.  Bila polip rahim sampai memicu gejala-gejala, operasi pengangkatan kemungkinan akan menjadi perawatan yang disarankan oleh dokter. 

Ada dua jenis operasi yang dilakukan untuk pengobatan polip rahim. Ini yang bisa Anda ketahui. 

  • Polipektomi

Ini merupakan operasi yang dilakukan dokter untuk menghilangkan polip dalam rahim. Pengobatan polip ini bisa dilakukan di klinik atau rumah sakit. Sebelum dilakukan operasi, Anda akan dibius dengan anestesi lokal  atau umum agar tidak merasakan sakit apapun selama proses pengangkatan berlangsung. 

  • Histerektomi

ini adalah operasi yang mengangkat seluruh bagian rahim Anda. Histerektomi akan dilakukan dengan cara membuat sayatan di perut, lalu rahim diangkat keluar. Operasi ini harus dilakukan di rumah sakit dan dengan obat anestesi umum. 

2. Minum obat hormon

Selain operasi, dokter juga akan meresepkan obat-obatan yang membantu mengatur keseimbangan hormon, seperti progestin atau agonis pelepas gonadotropin. Obat ini hanya digunakan sementara dan harus didapat dengan resep dokter.  Obat-obatan ini membantu meredakan gejala. Namun, gejalanya biasanya akan kembali setelah obat dihentikan.

 

Kini Anda sudah tahu, polip rahim yang mengganggu kesuburan wanita harus diobati dengan operasi. Apabila Anda merasakan keluhan lain mengenai kesuburan atau gejala polip rahim, jangan ragu untuk konsultasi langsung dengan dokter lewat Live Chat di aplikasi KlikDokter, ya!

(OVI/AYU)

2 Komentar