Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Peduli Banjir Bekasi, KlikDokter Lakukan Pengobatan Gratis

Peduli Banjir Bekasi, KlikDokter Lakukan Pengobatan Gratis

Peduli banjir, KlikDokter berikan pengobatan gratis bagi warga Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi, pada hari Sabtu (11/1).

Tahun 2020 dibuka dengan peristiwa banjir yang terjadi di mana-mana. Salah satu yang terparah adalah banjir yang terjadi di Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kota Bekasi menyatakan bahwa Perumahan Pondok Gede Permai terendam banjir setinggi enam meter. Tak heran, salah satu warga mengaku bahwa banjir yang dialaminya di awal tahun 2020 ini adalah yang paling parah.

“Saya tinggal di daerah ini sudah 21 tahun. Banjir yang kemarin itu adalah yang paling parah,” kata Nahyudi kepada tim KlikDokter saat diwawancarai.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut mengenai peristiwa yang dialaminya, Nahyudi mengaku bahwa daerahnya memang terbiasa banjir. Namun, banjir kali ini tergolong di luar dugaan. 

“Di sini memang langganan (banjir-red). Namun, banjir yang kemarin ini sangat parah dan tidak diduga-duga,” ujar Nahyudi.

“Kita memang sudah ancang-ancang memindahkan barang ke lantai dua. Tapi, ketika dilihat ke arah pagar (tanggul), airnya sangat deras. Tidak pernah seperti itu sebelumnya,” ujar Nahyudi.

Artikel Lainnya: Kiat Membersihkan Rumah Setelah Terendam Banjir

“Ya sudah, mau menyelamatkan barang jadi tidak sempat. Makanya menyelamatkan diri dan keluarga saja. Itu air hanya butuh satu jam untuk bisa merendam sampai ke lantai dua rumah saya,” keluhnya.

Lebih lanjut, Nahyudi juga mengaku bahwa banjir di Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, tahun ini memiliki arus yang sangat ‘buas’ daripada tahun-tahun sebelumnya. 

Tidak heran, mobil yang terparkir di sekitar lokasi banjir sempat terbawa arus hingga hanyut dan saling bertumpuk.

“Banjir sampai bikin mobil bertumpuk itu tidak pernah terjadi sebelumnya. Baru tahun ini saja yang seperti itu,” pungkasnya.

1 dari 3 halaman

KlikDokter Bantu Korban Banjir Perumahan Pondok Gede Permai

Mendengar musibah yang menimpa Nahyudi dan warga lain di Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, tim KlikDokter tergerak untuk memberikan bantuan berupa obat-obatan dan periksa kesehatan gratis.

“Meskipun aksesnya masih sangat sulit, tim KlikDokter bersikukuh memberikan bantuan berupa pengobatan dan pemeriksaan gratis, juga dalam bentuk makanan dan pakaian yang layak,” kata koordinator acara, Eriska Septianis. 

Di kesempatan yang sama, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter sebagai salah satu tenaga medis yang terlibat juga mengaku bahwa dirinya sempat kesulitan dalam memberi bantuan dan merasa terpukul saat melihat lokasi kejadian.

“Saya merasa sedih. Orang-orang yang terlibat banjir di lokasi ini menjadi sangat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar; untuk makan, minum, tempat tinggal,” ungkapnya.

“Kami sebagai tenaga medis juga kesulitan memberikan bantuan. Pertama, obat yang dibawa sangat terbatas. Kedua, obat yang diberikan belum tentu diminum dengan tepat mengingat kondisinya seperti ini,” sambung dr. Sepri.

Artikel Lainnya: 5 Penyakit yang Sering Muncul Usai Banjir

2 dari 3 halaman

Cedera yang Dialami Korban Banjir

Ditanyai lebih lanjut mengenai kondisi pasien pasca-banjir yang berobat padanya, dr. Sepri berkata bahwa sebagian besar mengalami luka akibat tergores benda keras, seperti logam, keramik, besi dan lainnya.

Terlihat sepele, namun nyatanya bisa mematikan. Dikatakan pula oleh dr. Sepri bahwa luka akibat tergores benda-benda yang kotor dapat berujung kondisi berbahaya yang bahkan bisa merenggut nyawa.

“Kalau luka akibat terkena logam berkarat dan tidak diobati, tetanus bisa saja terjadi sebagai akibatnya. Tetanus itu parah, bisa menyebabkan kejang hingga kematian,” tutur dr. Sepri.

“Kalau luka akibat tergores keramik yang tidak diobati bisa menimbulkan infeksi, yang dapat menjalar hingga ke tulang jika terlambat diobati. Jika seperti ini, bagian tubuh tersebut harus diangkat atau amputasi,” lanjutnya. 

Berkaca pada kondisi yang ada, dr. Sepri berharap agar warga bisa lebih teredukasi tentang cara menjaga kesehatan di tengah situasi banjir.

“Jaga kebersihan, cuci tangan, makan tetap harus bersih. Karena pengobatan seperti ini tidak bisa datang setiap hari. Jadi, edukasi tentang menjaga kesehatan di tengah banjir sangat penting,” pungkas dr. Sepri.

Tim KlikDokter berharap bantuan yang diberikan pada korban banjir di Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi, bisa berkontribusi mendukung warga yang terlibat dalam mengembalikan kualitas hidupnya menjadi seperti sediakala.

Punya keluhan kesehatan terkait banjir atau kondisi lainnya? Tidak perlu sungkan untuk bertanya langsung pada dokter dari KlikDokter di sini.

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar