Kesehatan Umum

Hadapi Akhir Tahun, Lakukan Ini agar Tidak Mudah Sakit

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 07 Des 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kesibukan jelang akhir tahun bisa menguras energi dan pikiran. Sebelum itu merusak suasana, lakukan ini agar tidak mudah sakit.

Hadapi Akhir Tahun, Lakukan Ini agar Tidak Mudah Sakit

Mendekati akhir tahun, banyak pekerja yang makin sibuk karena memastikan untuk mengejar target. Imbasnya jadi sering lembur sampai memengaruhi kualitas istirahat, yang akhirnya bisa memengaruhi daya tahan tubuh. Sebelum terlambat, segera pasang strategi agar tidak mudah sakit.

Beban kerja jelang akhir tahun yang menumpuk terkadang sulit untuk dihindari. Namun, Kamu bisa memastikan diri tetap sehat. Ingat, liburan akhir tahun sudah di depan mata.

Lakukan cara-cara ini untuk menjaga daya tahan tubuh.

Hindari kerja ditemani dengan camilan seperti gorengan, keripik kentang, kue-kue manis, atau bubble tea. Itu bisa menambah ratusan kalori ke dalam diet harian Kamu. Bila konsumsinya berlebihan, itu bisa mencetuskan penyakit kronis di kemudian hari. Demi kesehatan yang lebih baik, cobalah camilan sehat seperti buah yang dikeringkan, potongan buah segar, yoghurt, susu rendah lemak, atau kacang-kacangan.

1. Minum Cukup Air

Pastikan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup dengan minum sebanyak 8-10 gelas setiap harinya. Selain air putih, Kamu juga mendapatkan sumber cairan dari makanan seperti buah-buahan yang tinggi kandungan airnya, masakan berkuah, sup, dan lain-lain.

2. Sempatkan Beraktivitas Fisik

Menyempatkan waktu untuk berolahraga dapat membantu tubuh tetap sehat dan bugar. Tak hanya membakar kalori, olahraga juga dapat mengurangi stres dan menyegarkan pikiran. Bila tak punya waktu banyak, Kamu bisa memanfaatkan waktu-waktu di kantor untuk aktif bergerak.

Misalnya jalan kaki saat keluar makan siang, memilih naik turun tangga ketimbang lift, parkir kendaraan di tempat yang agak jauh agar bisa jalan kaki lebih banyak, dan sebagainya.

3. Prioritaskan Pola Makan Sehat

Menu makan yang sehat adalah yang mengandung protein, lemak baik, karbohidrat kompleks, serta vitamin dan mineral. Selain itu, perhatikan juga porsinya, jangan sampai berlebihan.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, Kamu juga dapat menambahkan suplemen vitamin C dengan kandungan 1.000 mg agar Kamu tidak mudah sakit. Pilih juga suplemen yang mengandung mineral askorbat, sehingga lebih aman untuk lambung.

4. Jaga Kualitas Tidur Tetap Baik

Jangan hanya fokus pada durasi tidur, tetapi juga apakah selama tidur Kamu terbangun atau tidak. Untuk orang dewasa, waktu tidur yang ideal adalah 6-7 jam tanpa gangguan.

Bila kurang dari itu, daya tahan tubuh bisa menurun. Jika sering tejadi, risiko penyakit seperti hipertensi, stres, hingga depresi dapat meningkat.

5. Sering-sering Lakukan Peregangan

Faktanya, pekerja kerap mengalami tension neck syndrome (TNS), yaitu sakit leher di bagian otot trapezius akibat terlalu lama duduk atau bertahan dalam satu posisi dalam jangka waktu lama.

TNS bisa menyebabkan sakit di leher, bahu, telapak tangan, dan ketegangan otot.

Untuk menghindarinya, Kamu disarankan untuk melakukan peregangan ringan tiap 3-4 jam sekali selama bekerja.

6. Menjaga Kebersihan

Keyboard, mouse, smartphone, benda-benda di meja kerja, atau ruang kerja Kamu menampung ribuan kuman yang bisa menyerang kekebalan tubuh kapan saja.

Karenanya, ambil waktu untuk membersihkan benda-benda tersebut dengan desinfektan secara rutin, lalu optimalkan dengan kebiasaan rajin cuci tangan dengan air dan sabun.

7. Sadari Kemampuan dan Keterbatasan

Bila beban kerja akhir tahun menggunung, cara paling penting untuk menjaga kesehatan adalah dengan menyadari kemampuan atau batasan diri, baik fisik maupun psikis.

Cobalah untuk memperbaiki manajemen waktu, yaitu bekerja dengan lebih efisien. Jangan sampai terlalu diforsir, karena memaksakan diri hanya akan memunculkan masalah.

Kesibukan meningkat saat menghadapi akhir tahun? Tak masalah! Asal, lakukan tips di atas agar Kamu tidak mudah sakit dan bisa berlibur tahun baru sesuai rencana dan menutup tahun dengan semangat baru!

8. Perhatikan Kesehatan Mental 

Perhatian terhadap kesehatan pikiran dan emosional memiliki dampak besar pada sistem kekebalan tubuh dan kesejahteraan secara menyeluruh. Tekanan yang berlebihan dapat merusak daya tahan tubuh dan meningkatkan kemungkinan terkena penyakit.

9. Hindari Kontak dengan Orang Sakit

Jauhi orang-orang yang sedang sakit untuk menghindari penularan penyakit. Selain itu, jika Kamu sendiri sedang sakit, sangat penting untuk mengurangi kontak dengan orang lain untuk mencegah penyebaran penyakit.

Dan, itulah cara Hadapi Akhir Tahun, Lakukan Ini agar Tidak Mudah Sakit

Jika Kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui Tanya Dokter dan Temu Dokter di aplikasi KlikDokter. 

Yuk, selalu #JagaSehatmu

Tahun Barudaya tahan tubuhLiburan Tahun Baru

Konsultasi Dokter Terkait