Sukses

8 Manfaat Berlibur ke Alam Terbuka bagi Si Kecil

Berlibur ke alam terbuka bersama keluarga merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Selain itu, banyak manfaat yang bisa didapat Si Kecil.

Klikdokter.com, Jakarta Aktivitas fisik di alam terbuka banyak memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan fisik dan mental Si Kecil. Sebagai orang tua, sebaiknya Ayah dan Bunda lebih sering mengajak Si Kecil berlibur ke alam terbuka.

Di alam terbuka, tersedia banyak hal yang sebelumnya tidak Si Kecil dapatkan bila hanya berdiam di dalam rumah. Misalnya melihat gunung, bermain pasir pantai, serta memperhatikan serangga dan bunga. Tak cuma pemandangan, Si Kecil juga bisa mendapat pengalaman bermain dan menjelajahi lingkungan luar.

Jika ini adalah pengalaman pertamanya, Ayah dan Bunda dapat memberitahukan Si Kecil bahwa di alam terbuka mereka dapat bebas bermain. Dan yang terpenting, kegiatan apa pun tetap harus dilakukan dengan hati-hati.

Yakinkan Si Kecil kalau Ayah dan Bunda selalu siap sedia membantunya ketika bermain di alam terbuka. Setelah bermain pun, Ayah dan Bunda jangan lupa ajarkan Si Kecil untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terlebih saat sebelum makan.

Manfaat Berlibur di Alam Terbuka

Berlibur dan bermain di alam terbuka betul-betul bisa bermanfaat positif bagi Si Kecil. Apa sajakah itu?

  • Melatih motorik kasar dan halus Si Kecil

Saat Si Kecil bermain di alam terbuka, mereka akan dengan bebas bermain pasir, memegang tanaman, dan bermain air. Hal ini dapat merangsang fungsi motorik kasar dan halus Si Kecil.

  • Memperkuat perkembangan otak Si Kecil

Alam terbuka dapat mendukung perkembangan otak Si Kecil karena mereka dapat menyentuh, mengenal, dan melihat beraneka ragam hal secara langsung. Rasa ingin tahunya terhadap hal-hal yang tidak dapat ditemui di dalam rumah akan semakin meningkat.

  • Meningkatkan kemandirian Si Kecil

Di alam bebas, Si Kecil akan belajar mengenali berbagai macam risiko saat bermain. Risiko seperti terjatuh, tertusuk duri tanaman, tergigit serangga akan membantu membuat Si Kecil berpikir untuk berhati-hati dan lebih mandiri untuk menghindari area bahaya suatu saat nanti.

  • Meningkatkan kreativitas

Si Kecil akan mudah berkreasi dengan melihat langsung keindahan alam dan berbagai hewan yang ada di alam terbuka saat berlibur ke tempat-tempat tersebut.

  • Mengendalikan emosi

Aktivitas Si Kecil di alam terbuka dapat membantunya mengendalikan emosi. Emosi seperti marah, sedih, atau tantrum akan berkurang perlahan seiring dengan sering terpaparnya Si Kecil di alam yang banyak memberikan energi positif.

  • Meningkatkan kemampuan sosial Si Kecil

Si Kecil yang sering bermain di alam terbuka akan lebih banyak bertemu orang baru. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialnya.

  • Mengurangi stres

Tumbuhan hijau dan pemandangan terbukti dapat mengurangi stres pada anak-anak. Apalagi biasanya, lokasi yang banyak tumbuhan dan pepohonan hijau berhawa sejuk yang semakin membuat Si Kecil lebih bisa bersenang-senang.

  • Meningkatkan kemampuan kognitif Si Kecil

Rutinitas di alam terbuka dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan konsentrasi Si Kecil.

1 dari 2 halaman

Persiapkan Ini saat Berlibur ke Alam Terbuka

Karena turut membawa Si Kecil, Bunda tentu perlu mempersiapkan beberapa hal agar liburan bisa berjalan lancar. Untuk itu, jangan lupakan hal-hal ini saat berlibur bersama Si Kecil:

  • Obat-obatan

Sebaiknya siapkan selalu obat-obatan dalam ransel atau koper. Bunda pun tidak terlalu repot saat Si Kecil mendadak sakit, apalagi jika lokasinya jauh dari kota.

  • Bekal makanan

Agar Si Kecil tidak rewel dan kebutuhan gizinya tetap terpenuhi, Bunda bisa membawa bekal makanan praktis yang disukai Si Kecil. Misalnya, roti, buah-buahan, dan kentang. Susu Morinaga Chil*Go! yang enak dan bernutrisi juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk ini.

Selain praktis dibawa saat aktivitas keluar rumah, Morinaga Chil*Go! mengandung nutrisi untuk mendukung kecerdasan multitalentanya karena mengandung sinergi nutrisi, yaitu kolin, inositol, zat besi, yodium, dan vitamin B kompleks.

Susu ini juga dilengkapi dengan serat pangan inulin 1700 mg, kalsium, zinc, vitamin A, C, dan E untuk mendukung pertahanan tubuh ganda dan pencernaan sehat.

Hadir dengan varian rasa cokelat, vanila, stroberi, pisang dan melon madu, susu cair Morinaga Chil*Go! yang Enak Bernutrisi pasti disukai oleh Si Kecil. Jadi, kebutuhan nutrisi harian Si Kecil akan terus terpenuhi saat berlibur ke alam terbuka.

  • Perlengkapan mandi

Perlengkapan alat mandi jangan lupa untuk selalu dibawa, agar kebersihan Si Kecil selalu terjaga setelah bermain di alam terbuka.

Selain hal-hal tersebut, siapkan peralatan yang mungkin dibutuhkan, seperti payung, topi, selimut, dan jaket. Bila mendadak hujan turun atau suhu malam terasa dingin, Si Kecil tetap bisa merasa nyaman.

Banyak manfaat yang bisa didapat Si Kecil ketika berlibur ke alam terbuka. Karena itu, ketika akhir pekan atau hari libur tiba, Bunda bisa merencanakan petualangan di alam terbuka bersama keluarga. Jangan lupa, sisipkan susu cair Morinaga Chil*Go! yang praktis dan disukai oleh Si Kecil.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar