Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Dari Kedutan Hingga Lebam, Ini Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin

Dari Kedutan Hingga Lebam, Ini Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin dapat memberikan berbagai gejala pada tubuh yang mungkin tidak Anda sadari. Yuk, kenali gejalanya!

Bersama dengan mineral, vitamin termasuk ke dalam mikronutrien. Artinya, zat gizi ini diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Meski begitu, akibat kekurangan vitamin dapat berdampak pada tubuh. Hanya saja, gejalanya mungkin samar dan tidak disadari oleh penderitanya.

Vitamin sangat mudah diperoleh dari makanan sehari-hari dan juga suplemen tambahan. Lalu, apa saja gejala Anda kekurangan vitamin? Simak penjelasannya berikut ini.

 

1 dari 10 halaman

Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin

Vitamin dapat tercukupi saat Anda menjalani pola makan sehat dan bergizi seimbang setiap hari. Akan tetapi, sulit untuk memastikan apakah asupan yang Anda konsumsi sudah cukup untuk kebutuhan harian tubuh.

Pemeriksaan darah di laboratorium pun jarang dilakukan untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan vitamin tertentu atau tidak. Umumnya, kondisi tersebut akan terlihat ketika gejalanya sudah mulai tampak.

Apa saja gejala kekurangan vitamin dalam tubuh? Berikut adalah beberapa di antaranya:

2 dari 10 halaman

1. Kulit Kering

Ada beberapa jenis kondisi kulit, yakni kulit normal, kering, berminyak, dan kombinasi. Saat kulit Anda terasa sangat kering, bisa jadi ini akibat kekurangan vitamin.

Kulit sangat kering hingga bersisik dapat disebabkan oleh kekurangan komponen omega-3 dalam tubuh. Asam lemak omega-3 penting untuk melindungi dari sinar matahari, mencegah keriput, dan membuat kulit lebih lembap.

Bahan makanan yang mengandung omega-3, di antaranya adalah chia seed, flax seed, alpukat, kacang walnut.

Artikel Lainnya: Konsumsi Vitamin C Tiap Hari, Apakah Berbahaya?

3 dari 10 halaman

2. Mata Kedutan

Mata berkedut bisa terjadi karena kelelahan, stres, dan terlalu banyak konsumsi alkohol serta kafein. Alkohol dapat menghambat penyerapan beberapa jenis vitamin dan mineral sehingga mencetuskan mata kedutan.

Selain itu, rendahnya magnesium juga dapat sebabkan mata menjadi spasme alias kedutan. Makanlah biji-bijian seperti biji labu dan kacang-kacangan untuk meningkatkan kadar magnesium.

4 dari 10 halaman

3. Sering Lebam

Saat tubuh sering muncul lebam biru tanpa sebab yang jelas, bisa jadi Anda kekurangan vitamin K. Gejala lainnya, antara lain:

  • Mimisan tanpa sebab yang jelas
  • Perdarahan gusi saat sedang sikat gigi
  • Menstruasi yang lebih banyak

Vitamin K sendiri membantu proses pembekuan darah. Oleh karena itu, perdarahan dan lebam dapat mudah terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin K.

Artikel Lainnya: Daftar Sumber Vitamin K Terbaik

5 dari 10 halaman

4. Sendi Kaku

Sendi kaku dapat menandakan adanya gejala kekurangan vitamin D. Tubuh memerlukan vitamin D untuk membantu menyerap kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan sendi.

Cara paling mudah untuk meningkatkan penyerapan vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Namun, berjemur pada jam yang tak sesuai bisa meningkatkan risiko kanker kulit sehingga penting untuk menggunakan tabir surya saat berjemur.

Vitamin D tidak hanya bisa didapat dari sinar matahari, Anda pun bisa memperolehnya dari konsumsi makanan yang yang tinggi akan vitamin D, yakni kuning telur dan salmon.

6 dari 10 halaman

5. Kuku Rapuh

Kuku rapuh bisa jadi merupakan gejala kekurangan vitamin B7 atau biotin. Biotin membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi.

Saat kebutuhan vitamin tersebut tidak tercukupi, akan muncul gejala kuku kering dan rapuh, disertai gejala lain seperti:

Artikel Lainnya: Penderita Penyakit Jantung Tak Boleh Minum Vitamin B?

7 dari 10 halaman

6. Luka di Sekitar Bibir

Luka di sekitar bibir bisa jadi berhubungan dengan kekurangan zat besi dan vitamin B, khususnya vitamin B (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), dan piridoksin (vitamin B6).

Anda dapat dengan mudah mencukupi kebutuhan vitamin tersebut dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin B, yakni daging merah, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

 

8 dari 10 halaman

7. Sering Sariawan

Sariawan adalah salah satu penyakit akibat kekurangan vitamin C. Vitamin ini memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh, penyembuhan luka, dan mencegah kerusakan sel. Sumber vitamin C, antara lain buah-buahan dan sayuran segar.

 

9 dari 10 halaman

8. Badan Lemas

Beberapa orang sering mengeluhkan badan lemas meski sudah cukup istirahat. Jika Anda kerap mengalami ini, bisa jadi Anda kekurangan vitamin B12.

Vitamin B12 merupakan vitamin penting dalam pembentukan sel darah merah sehingga kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan anemia (kekurangan sel darah merah) dan menimbulkan badan lemas.

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, bisa jadi tubuh kekurangan vitamin. Jangan sepelekan kondisi tersebut dan segera atur pola makan Anda. Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Informasi menarik lainnya seputar pola hidup sehat dapat Anda akses melalui aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter menggunakan fitur Live Chat 24 jam. Unduh aplikasinya sekarang juga!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar