Kehamilan

5 Tips agar Anak Lahir dengan Sehat

Tim Redaksi KlikDokter, 18 Des 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Setiap orang tua tentu menginginkan anak terlahir dengan sehat. Untuk mencapainya, orang tua perlu melakukan tips berikut ini.

5 Tips agar Anak Lahir dengan Sehat

Masa kehamilan hingga proses melahirkan adalah momen yang sangat istimewa. Anda yang tengah hamil tentu menaruh harapan agar anak lahir dengan sehat. Tak sulit, kok. Tips berikut ini dapat membantu Anda mencapainya.

Sebelum akhirnya merawat calon buah hati, ibu hamil tentu harus merawat dirinya sendiri terlebih dulu dengan berupaya menjaga kehamilan tetap sehat. Sebab, kehamilan sehat bisa membuat anak terlahir dengan sehat pula.

Sayangnya, masih ada sebagian ibu hamil yang tidak menaruh perhatian pada kondisi kehamilannya. Padahal, dampaknya bisa dirasakan langsung bagi tumbuh kembang bayi.

Tips agar anak lahir dengan sehat

Kehamilan dapat menjadi suatu hal yang menantang dan mendebarkan, terlebih bila ini adalah kehamilan pertama. Namun, jangan khawatir, lakukan tips ini agar kehamilan lancar dan anak bisa lahir dengan sehat.

  • Jaga pola makan yang sehat

Selama hamil, apa pun yang dikonsumsi tidak hanya dapat berpengaruh bagi diri ibu hamil, tapi juga pada janin. Jika asupan nutrisi selama kehamilan tidak memadai, maka janin tidak akan mendapatkan cukup nutrisi untuk berkembang.

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang sebagai upaya untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Hindari konsumsi makanan yang memiliki risiko bagi ibu hamil. Misalnya makanan mentah ataupun makanan laut yang mengandung merkuri seperti ikan tuna dan kerang.

  • Olahraga teratur

Meski sedang dalam masa kehamilan, tetap aktif secara fisik akan memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kurangi stres, kontrol berat badan, perbaiki mood, dan tingkatkan kualitas tidur.

Usahakan untuk tetap aktif berolahraga, minimal 30 menit setiap harinya. Lakukan olahraga dengan intensitas ringan dan jangan terlalu memaksakan diri, terutama jika sebelum hamil Anda termasuk jarang berolahraga.

Beberapa pilihan olahraga yang dianjurkan meliputi pilates, yoga, atau berenang. Namun, agar olahraga aman dan mendatangkan manfaat, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

  • Hindari zat berbahaya

Asap rokok, alkohol, bahkan cat tembok atau kuteks dapat berbahaya bagi ibu hamil. Bila terpapar secara berlebihan, ada risiko terjadinya kelainan pada janin, keguguran, atau gangguan lainnya.

Asap rokok dapat mengurangi aliran oksigen pada janin dan dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur dan komplikasi lainnya. Hindari juga menjadi perokok pasif karena risikonya serupa dengan perokok aktif.

Selain itu, hindari sembarang mengonsumsi obat-obatan tanpa saran dokter. Ingat, obat yang rutin dikonsumsi saat sebelum hamil belum tentu aman dikonsumsi saat hamil.

  • Jaga berat badan saat hamil

Sebelum hamil, ada baiknya wanita memiliki berat badan yang ideal untuk mengurangi risiko gangguan dan komplikasi kehamilan yang terkait dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Namun, bila terlanjut memiliki berat badan berlebih dan sedang hamil, jangan mencoba untuk diet menurunkan berat badan. Pasalnya, ada potensi bahaya di baliknya.

Cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan diri Anda dan janin adalah dengan rutin melakukan skrining kesehatan selama masa kehamilan.

Penting juga untuk selalu menjaga pola makan sehat dan seimbang, serta melakukan aktivitas fisik setiap hari. Ibu hamil juga dapat berkonsultasi tentang pola makan sehat dengan dokter spesialis gizi.

  • Konsumsi vitamin untuk kehamilan

Meski belum hamil dan masih menjalani program kehamilan, konsumsi vitamin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Perkembangan saraf dan otak bayi terjadi pada bulan pertama kehamilan. Hal tersebut bisa dicapai dengan mengonsumsi nutrisi penting selama masa kehamilan, seperti asam folat, kalsium, ataupun zat besi.

Namun, hindari sembarang mengonsumsi vitamin saat hamil tanpa adanya saran dari dokter. Konsultasikan dulu dengan dokter tentang vitamin yang aman dikonsumsi.

Untuk membantu menjaga lancarnya kehamilan agar anak bisa lahir dengan sehat, ibu hamil dapat mengonsumsi suplemen khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Salah satunya adalah Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold.

Di dalamnya, Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold mengandung 17 nutrisi penting untuk ibu hamil dan menyusui, termasuk asam folat, yodium, zat besi, kalsium, dan DHA. Semua kandungan ini dapat mendukung kesehatan bayi selama 1.000 hari pertama kehidupannya.

Tips menjaga kehamilan sekaligus agar anak lahir dengan sehat yang dijabarkan di atas tak sulit, bukan? Terapkan pola makan sehat bergizi seimbang, tetap aktif secara fisik, mampu kelola stres dengan baik, istirahat cukup, kelilingi diri dengan orang-orang positif, serta jangan lupa untuk kontrol rutin kehamilan sesuai instruksi dokter.

[RN/RH]

AdvertorialKehamilanKesehatan KehamilanAnak Lahir

Konsultasi Dokter Terkait