Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Bukan Bulir ataupun Airnya, Ini 5 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan

Bukan Bulir ataupun Airnya, Ini 5 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan

Kerap dijadikan pengusir nyamuk akibat “kecanggihan” aromanya, ternyata kulit jeruk juga berdampak positif terhadap kulit! Untuk apa sajakah?

Klikdokter.com, Jakarta Wanita Indonesia masih senang dengan bahan-bahan alami untuk memelihara kesehatan kulitnya. Namun, dari sekian banyak bahan alami, tahukah Anda bahwa kulit jeruk juga punya sejumlah manfaat untuk hal tersebut? Jika belum, tenang saja, di sini akan dijelaskan berbagai manfaat kulit jeruk untuk kecantikan.

Melawan Penuaan Dini, Khususnya Keriput

Meski keriput identik dengan kondisi kulit lansia, pada kenyataannya wanita yang usianya masih muda juga bisa memiliki kulit keriput! Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, beberapa faktor yang memicu kulit keriput, yaitu paparan sinar ultraviolet, radikal bebas, dan kurangnya cairan dalam tubuh.

Dengan memanfaatkan kulit jeruk (bisa dijadikan masker alami), hal tersebut dapat dicegah. Kulit buah ini mengandung antioksidan kuat dan bisa melawan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit sehat! Selain itu, kulit buah yang kaya vitamin C ini juga mengandung kalsium.

Kalsium itu sendiri tidak cuma baik untuk tulang, tetapi juga untuk mencegah penuaan dini terjadi pada Anda. Pada kulit, kalsium ditemukan pada lapisan epidermis untuk membantu regenerasi kulit.

Artikel Lainnya Makan Jeruk Bikin Awet Muda, Kok Bisa?

Nutrisi ini mampu menstimulasi pembentukan antioksidan dan mengatur pigmen kulit untuk melindungi dari sinar UV. Dengan membuat masker atau lulur kulit jeruk, antioksidan dan kalsium di dalamnya bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan kencang.

Mempercepat Regenerasi Kulit

Kalsium yang dalam kulit jeruk bisa mempercepat regenerasi kulit, khususnya sel-sel kulit yang sudah rusak. Dalam 100 gram kulit jeruk, terdapat 161 miligram kalsium atau 16 persen dari kebutuhan kalsium per hari.

Kombinasi antara antioksidan flavonoid dan kalsium dalam kulit jeruk akan mengganti sel kulit yang usang dengan yang baru dan lebih sehat.

Membantu Menghilangkan Komedo

Kulit berkomedo memang tak semenyebalkan kulit berjerawat. Tapi, jika komedo tak dihilangkan, kulit menjadi bertekstur alias kasar! Kepada KlikDokter, dr. Melyawati Hermawan, SpKK mengatakan sumbatan di kelenjar minyak tersebut disebabkan oleh penumpukan kotoran, debu, riasan, dan kulit mati di permukaan kulit.

Ada dua jenis komedo yang sering ditemui, yaitu komedo putih dan hitam. Komedo hitam biasanya muncul di hidung dan dagu, sedangkan komedo putih muncul di dahi ataupun pipi. Untuk membersihkan komedo hitam maupun putih, ternyata Anda dapat memanfaatkan kulit jeruk dengan membuat masker kulit jeruk.

Caranya mudah, campurkan yoghurt plain dengan bubuk kulit jeruk. Oleskan masker tersebut ke wajah dan tak perlu menggunakan kuas, hanya pakai jari-jari. Lalu, bersihkan komedo menggunakan masker kulit jeruk dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

1 dari 2 halaman

Mencerahkan Kulit

Sebagian wanita yang ingin mencerahkan kulitnya memilih untuk suntik vitamin C. Bahkan, saking populernya suntikan vitamin C sampai disebut sebagai suntik putih!

Bagi yang ingin mencerahkan kulit tanpa harus melakukan suntik putih, Anda dapat memanfaatkan kulit jeruk! Ini karena kulit jeruk mengandung vitamin C yang dapat membuat kulit lebih bersinar.

Artikel Lainnya Benarkah Tetes Jeruk Nipis Ampuh Atasi Mata Minus?

Kendati demikian, kulit jeruk tetap mengandung zat asam sitrat. Apabila Anda memakainya secara berlebihan, apalagi tanpa campuran bahan alami lainnya, zat asam sitrat tersebut justru dapat menimbulkan iritasi serta efek panas pada kulit. Jadi, pastikan Anda tidak menggunakan bubuk kulit jeruk terlalu banyak!

Menjadi Toner Alami yang Dapat Mencegah Jerawat

Membuat masker alami mungkin sudah biasa, tapi bagaimana dengan membuat toner sendiri? Pernahkah Anda membuatnya? Berhubung artikel ini sedang membahas manfaat kulit jeruk, ternyata bisa juga, lo, Anda membuat toner sendiri. Tapi, pastikan bahannya tersedia dan dibuat dengan higienis, ya.

Langkah-langkah yang yang bisa dilakukan untuk membuat toner kulit jeruk yang mampu membantu Anda dalam mencegah jerawat dan mencerahkan kulit adalah sebagai berikut.

  • Haluskan kulit jeruk dan air dengan blender.
  • Setelah halus, letakkan di mangkuk dan campurkan dengan air lemon secukupnya.
  • Campurkan juga dengan minyak almon secukupnya, lalu aduk rata.
  • Setelah teraduk rata, tambahkan gliserin.
  • Aduk-aduk, lalu saring semuanya dan masukkan ke botol kaca yang sebelumnya telah Anda sterilkan.
  • Jika hasil saringan masih terlalu kental, tambahkan air secukupnya.
  • Simpan toner alami tersebut di tempat yang dingin dan kering.

Itu dia manfaat kulit jeruk untuk kecantikan kulit. Sebelum Anda membuat masker atau toner alami, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan tersebut. Sebab, bukannya cerah, bebas komedo, dan garis halus tersamarkan, kulit justru jadi bermasalah.

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar